Jakarta - Seorang pebisnis harus selalu bisa melihat kesempatan dan melihat bagaimana peluang yang ada di depan mata. Kecepatan dalam memanfaatkan momentum menjadi sebuah kunci untuk mendapatkan keuntungan dengan kesempatan melakukan promosi yang besar besaran di dalam event tertentu dengan berbagai cara yang menarik dan segmen pasar yang besar.
Momentum yang dimanfaatkan untuk promosi menjadi strategi tersendiri sehingga bisa menjadi awal untuk meraih kesuksesan dalam bisnis yang sedang dijalankan dengan tidak banyak memperlihatkan promosi yang secara langsung melainkan promosi terselubung yang elegan dan tepat target.
Memanfaatkan momentum dalam memperkenalkan produk
Momen akan selalu berbeda di setiap saat dan kebutuhan masyarakat selalu berubah ubah dari waktu ke waktu karena banyak sekali yang perlu dipertimbangkan dalam memenuhi kebutuhan mereka.
Pebisnis yang cermat akan memanfaatkan momen yang ada untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan dimana setiap produk yang akan dijual disesuaikan terlebih dahulu dengan keadaan pasar atau segmentasi pasar yang ada.
Kondisi akan mendorong sebuah usaha supaya bisa menjalankan startegi baru dengan mengubah jalur bisnisnya sekaligus. Pebisnis harus berani mencoba untuk mencari kesempatan dan peruntungan dengan mengembangkan bisnis yang lain namun masih satu kategori dengan yang sudah ada.
Faktor ekonomis menjadi dasar pertimbangan bagaimana pasar dan masyarakat menerima produk. Produk dengan harga yang rendah dan kualitas baik akan lebih diterima di masyarakat bahkan lebih banyak dicari karena setara dengan apa yang mereka butuhkan dengan berbagai pertimbangan yang mereka lakukan.
Dalam menjalankan promosi berdasarkan momentum yang terjadi dapat dilakukan dengan menggunakan dana yang ada pada pengelolaan bisnis.
Disadari atau tidak, bisnis yang dijalankan dengan melakukan promosi akan menghabiskan dana yang lumayan besar. Jika belum siap untuk mengeluarkan dana maka otomatis tidak dapat melakukan promosi sesuai dengan keinginan.
Masyarakat kini lebih pandai dalam memperhitungkan keuntungan dan kelebihan saat memilih produk juga bisa membandingkan satu produk dengan produk yang lainnya untuk memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka.
Ke depannya jika perusahaan sudah seimbang, dana promosi momentum harus dimasukkan ke dalam anggaran pengeluaran sehingga tidak perlu lagi melakukan peminjaman meskipun dengan angsuran yang mudah dan terjangkau.
Untuk mempersiapkan promosi seperti apa yang akan dilakukan maka perlu ditentukan terlebih dahulu di momentum yang mana yang akan diselenggarakan promosi tersebut.
Sistem di dalam perusahaan atau bisnis haruslah bekerja sama dalam mewujudkan pemanfaatan momentum tersebut hingga hasilnya akan maksimal dan memberikan keuntungan yang maksimal juga untuk perusahaan.[]
(Erlangga)
Baca Juga:
- Perbedaan Omzet dan Profit dalam Bisnis
- Dear Pengusaha Mudah, Ini Tips Memenangan Kompetisi Bisnis
- 4 Tips Mengoptimalkan Modal Pinjaman Agar Tidak Sia-sia
- 3 Tips Menghindari Investasi Tanah Bodong