UNTUK INDONESIA
Cegah Corona, PT KAI Palembang Siapkan Pos Kesehatan
PT KAI Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan pos kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang menyiapkan layanan pos kesehatan meminimalisir potensi penyebaran dan penularan virus corona. (Foto: Tagar/Yuyun)

Palembang - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) III Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan pos kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.

Hal ini mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan nomor: SR.02.02/11/270/2020 tentang Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Corona Virus.

Manajer Hubungan Masyarakat Divre III Palembang Aida Suryanti, menyampaikan layanan pos kesehatan ini berada di setiap stasiun kereta api jarak jauh maupun di 13 stasiun Lintas Rel Terpadu (LRT) Sumatera Selatan.

Pelayanan dilakukan secara gratis, menyediakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan maupun masker bagi penumpang. Pihaknya juga memasang banner imbauan tata cara pencegahan penyebaran virus corona di stasiun kereta api jarak jauh.

Jika ada pengguna kereta sedang sakit, seperti demam tinggi, flu, batuk, dan lain, sebaiknya segera memeriksakan diri dan beristirahat

"Selain pos kesehatan di setiap stasiun juga memiliki fasilitas pemeriksaan kesehaan tingkat pertama. Pos kesehatan ini gratis bagi penumpang kereta api. Selain itu stasiun juga sudah dilengkapi ruang ibu menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut," terang Aida, saat ditemui pada Kamis, 5 Maret 2020.

Dikatakan Aida, PT KAI juga memaksimalkan tenaga kebersihan untuk melakukan pembersihan tempat-tempat yang sering terpegang tangan secara bergantian dengan desinfektan agar tetap higienis.

"Mari kita cegah corona dan mulai berperilaku hidup sehat bersama PT KAI," kata Aida.

Pihaknya berharap para penumpang kereta api jarak jauh maupun LRT Sumatera Selatan ikut membantu dengan berkampanye hidup sehat, yang dimulai dari diri sendiri. 

Kemudian kepada penumpang yang merasa kurang sehat bisa memanfaatkan layanan petugas di pos kesehatan.

"Jika ada pengguna kereta sedang sakit, seperti demam tinggi, flu, batuk, dan lain, sebaiknya segera memeriksakan diri dan beristirahat," tuturnya.[]

Berita terkait
Hammersonic Festival 2020 Diundur karena Isu Corona
Helatan akbar Hammersonic Festival 2020, resmi diundur pelaksanaannya lantaran isu wabah virus corona (Covid-19).
Achmad Yurianto: Gejala Corona Tak Terdeteksi Alat
Juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan seseorang yang positif Corona belum tentu menunjukkan gejala seperti batuk dan flu.
Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona
Makanan sehat sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang virus Corona
0
Rampok Bersenjata Api Riau Dibekuk Polisi di Sijunjung
Polisi menangkap lima orang komplotan perampok bersenjata api (senpi) di Sijunjung, Sumatera Barat, karena menggondol truk sawit dan dua handphone.