Catat! Ini Jenis Press Release dan Kegunaannya

Press release merupakan sarana untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan.
Ilustrasi koran. (Foto: Unsplash)

TAGAR.id, Jakarta - Pernahkah Anda mendengar tentang press release? Jika demikian, apa yang Anda pahami tentang istilah tersebut? Bagaimana pula cara membuat artikel press release? 

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang press release, artikel ini akan memberikan pemahaman lebih untuk Anda. Press release merupakan sarana untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan.

“Kedudukan press release sama saja dengan teknik pengumpulan fakta, seperti wawancara, observasi, serta konferensi pers,” ujar pakar komunikasi, Nina dan Triyanto

Umumnya, public relation dari sebuah perusahaan, kerap mengandalkan iklan koran untuk mengabarkan apa yang terjadi di dalam perusahaan. Namun, kini situasinya sudah berbeda dan sudah lebih maju dibandingkan dulu.

Perusahaan dapat mengatur informasi yang ingin mereka sampaikan kepada publik. Salah satu strategi yang ditempuh adalah dengan menggunakan press release. Termasuk memanfaatkan jasa press release.

Dengan press release, perusahaan dapat menyampaikan tentang apa yang terjadi, serta promo apa yang sedang diberikan perusahaan.


Apa Itu Press Release

Secara sederhana, press release adalah alat yang digunakan untuk publikasi. Umumnya, press release akan dihadirkan oleh perusahaan saat ada event tertentu yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Sehingga, orang-orang akan tahu apa sebenarnya yang terjadi dan sedang dilakukan oleh perusahaan.

Press release umumnya tidak panjang, hanya satu sampai dua halaman saja. Meski demikian, isinya harus komprehensif, agar membuat media massa yang kelak memberitakannya bisa mendapatkan informasi yang sesuai .

Kemudian, press release juga harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Tujuannya, agar bisa diinformasikan kembali dengan baik, tanpa ada kesalahan informasi di dalamnya.


Jenis-Jenis Press Release

Ada banyak press release yang biasa dipakai oleh perusahaan dalam menyampaikan informasi.

Forbes dan Fit Small Business menyebut ada delapan jenis press release yang biasa digunakan sekarang ini. Berikut beberapa contohnya:


1. General news

Jenis press release ini adalah yang paling umumnya. Informasi jenis ini berisikan berita tentang sebuah peristiwa. Meski demikian, perusahaan kerap melakukan modifikasi terhadap press release jenis ini.

Press release jenis ini lazim digunakan oleh beberapa pihak dalam menyampaikan berita dan informasi kepada khalayak. Sebagai contoh, ketika perusahaan memperoleh sebuah penghargaan, maka mereka akan membuat press release tentang penghargaan mereka.

Hal yang tidak salah. Sebab pencapaian itu juga memiliki nilai berita tersendiri.


2. Launch release

Berikutnya adalah press release yang berkaitan dengan peluncuran perusahaan, produk, situs, atau hal-hal lain yang sifatnya pertama kali beredar. Formatnya menyerupai dengan tipe general news, namun lebih dengan penekanan soal apa yang akan datang.

Contoh press release ini umumnya bersifat kasual. Kemudian, bisa menjadi alat untuk menyampaikan ide atau sesuatu yang akan datang. Pasalnya, press release jenis ini berkaitan dengan sesuatu yang baru.

Umumnya, setelah launch release ini, akan ada press release lanjutan yang disampaikan. Press release yang berikutnya akan datang akan berisi lanjutan dari apa yang sudah diluncurkan sebelumnya. Artinya, ada keberlanjutan.


3. Event press release

Press release jenis ini punya keterkaitan dengan event yang sedang terjadi. Di sini, menjelaskan detail-detail tentang event yang sedang terlaksana di sebuah tempat. Artikel ini akan jadi info tersendiri bagi publik yang datang mengunjungi event tersebut.

Format dari press release jenis ini juga tidak wajib memenuhi kaidah 5W (What, Where, When, Who, atau Why) 1H (How). Namun dapat berisi list, outline, atau poin-poin tentang acara tersebut. Meski demikian, press release ini tentu tak boleh membosankan.


4. Product press release

Press release model ini hampir serupa dengan launch press release. Yang menjadi pembeda, product press release memberikan spesifikasi dari produk yang diumumkan. Hal ini membuat press release jenis ini lebih memuat informasi yang detail dan lengkap.

Dari press release ini juga, bisa terlihat keunggulan dan kelebihan dari produk tersebut. Kemudian press release ini juga bisa menilai mengenai kualitas sebuah produk.


5. Executive, staff, dan employee press release

Perusahaan besar akan menggunakan press release untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru. Terlebih jika karyawan tersebut menempati posisi penting dalam sebuah perusahaan.

Contoh press release ini umumnya akan berkaitan dengan penunjukkan direktur atau komisaris baru. Isi dari press release ini biasanya akan memuat informasi mengenai biografi dari si karyawan baru. Foto dari sang karyawan baru tersebut juga kerap diperlihatkan. Tujuannya supaya orang-orang bisa segera tahu orang mana yang sedang diperkenalkan itu.


6. Expert position press release

Format press release ini umumnya digunakan untuk menjelaskan tentang seseorang. Bedanya dengan biografi, press release ini akan menginformasikan kemampuan seseorang di bidang tertentu.

Dukungan dari pihak ketiga dalam press release jenis ini juga dibutuhkan. Press release ini kelak akan menjadi sebuah rujukan perusahaan, apabila mereka memang membutuhkan jasa dari orang tersebut. Kemudian, menjadi sumber informasi bagi perusahaan tentang orang yang memang mereka butuhkan tersebut.


7. Rebranding press release

Terakhir, adalah rebranding press release yang berfungsi untuk menjelaskan tentang perubahan dalam corporate image perusahaan. Hal ini penting dilakukan, pasalnya banyak orang yang dapat merasa tidak nyaman atau khawatir dengan perubahan image dari satu brand yang telah familier baginya.

Dengan press release ini, perusahaan akan menyampaikan komunikasi yang jelas mengenai apa saja yang orang-orang bisa inginkan dari rebranding dan mengatasi ketakutan terhadap perubahan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda dalam mengungkap apa saja perubahan dari keputusan perubahan citra ini beserta alasan di dalamnya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Sejarah Perjalanan Bisnis BMW
BMW merupakan perusahaan otomotif asal Jerman yang berdiri sejak 1916. Tahukah Anda BMW sebelumnya memproduksi selain motor dan mobil?
Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online, Perhatikan Nomor 5
Selain handphone, laptop untuk menjalakan bisnis online menajdi bagian terpenting yang dapat memengaruhi kinerja bisnis itu sendiri.
Bisnis Stabil di Tengah Krisis dengan 4 Tips ini, Fokus Nomor 3
Pelaku usaha perlu melakukan evaluasi, inovasi, dan personal branding yang bagus di mata masyarakat.