UNTUK INDONESIA
Cari Sayur, Nenek Tewas di Gunung Pasir Sumedang
Walsiah, nenek pencari sayur akhirnya ditemukan meninggal dunia di Gunung Pasir Nangkod, Sumedang. Ia dilaporkan hilang tiga hari lalu.
Tim SAR gabungan dan warga mengevakuasi jenazah nenek Walsiah di Gunung Pasir Nangkod, Sumedang, Kamis, 12 Desember 2019. (Foto: Tagar/Erian Sandri)

Bandung - Walsiah, nenek usia 65 tahun yang dilaporkan hilang saat mencari sayur di Gunung Pasir Nangkod, Kecamatan Buah Dua, Sumedang, Jawa Barat akhirnya ditemukan. Warga Dusun Cileungsing RT 15 RW 4 Desa Cilangkap, Buah Dua ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah, Kamis, 12 Desember 2019. 

Deden menuturkan nenek Walsiah ditemukan oleh tim search and rescue (SAR) gabungan sekira pukul 13.52 WIB. Jenazahnya berada sekitar 580 meter dari lokasi keberadaan terakhir.

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Pencarian terhadap Walsiah dilakukan menindaklanjuti informasi Polsek Buah Dua, tiga hari lalu. Disebutkan ada seorang perempuan tua yang diduga tersesat di Gunung Pasir Nangkod. 

Kronologis kejadian berawal dari korban yang hendak mencari sayuran di Gunung Pasir Nangkod pada Senin, 9 Desember 2019. Namun hingga petang, sekitar pukul 18.00 WIB, korban tidak kunjung pulang. Karena khawatir, pihak keluarga melapor Polsek Buah Dua.

Selanjutnya dibentuk tim pencarian gabungan dari berbagai instansi dan elemen. Terdiri dai unsur TNI, kepolisian, BPBD, Tagana, PMI, Sumedang Mandiri Rescue, Wanadri, SAR Unpad, AMS Rescue, Polhut Perum Perhutani, relawan Mata Angin, Forum Relawan Nusantara dan masyarakat setempat.

Nahas sang nenek ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Jenazah dievakuasi oleh tim SAR ke puskesmas setempat dan diserahkan ke pihak keluarga.

"Dengan telah ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan selesai," ujar Deden. []

Baca juga:

Berita terkait
Warga Tamansari Hadang Penggusuran Satpol PP Bandung
Kericuhan terjadi saat petugas Satpol PP Kota Bandung berupaya menggusur rumah warga di RW 11 Tamansari Bandung.
Tangisan Wanita di Jembatan Cincin Sumedang
Cerita jembatan cincin peninggalan Belanda masih sangat terkenal di masyarakat di daerah Cisaladah, Cikuda, Jatinangor Kabupaten Sumedang.
3 Fakta Lokasi Pendaki Thoriq Hilang, Gunung Piramid
Pendaki yang hilang Thoriq Rizki Maulidan, akhirnya ditemukan di Gunung Piramid. Ada 3 fakta terkait lokasi Thoriq hilang.
0
Sosok Nelayan Jeneponto yang Tewas Dimata Tetangga
Sosok nelayan yang ditemukan tewas tenggelam di Jeneponto menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga dan tetangganya.