Cari Cuan Sambil Rebahan ala Aline Wiratmaja

Mencari cuan kini bisa dilakukan di rumah saja.
Aline Wiratmaja. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Juanita Wiratmaja atau yang biasa dipanggil Aline merupakan seorang perempuan berusia 36 tahun kelahiran Banjarmasin. Aline lulus sebagai sarjana Hubungan Internasional Universitah Gadjah Mada pada tahun 2006. Selain pintar, Aline juga memiliki kepribadian yang menyenangkan dan menarik. Aline sebelumnya pernah bekerja di TVRI Jogjakarta dan VOA di Amerika selama satu tahun.

Aline memang terkenal sukses dan memiliki banyak pengalaman di bidang pembawa berita dan dunia pertelevisian. Aline juga aktif di berbagai media sosial untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang ia miliki. Audiensnya pun sering terhibur dan suka dengan ilmu yang dibagikan oleh Aline.

Beberapa tahun belakangan Aline aktif membagikan aktivitasnya di media sosial miliknya, dia sering membagikan tips atau cara mengelola finansial serta mencari cuan dari rumah. Dalam kesempatan Webinar yang diadakan oleh Tagar.id pada 20 November 2021, Aline menjadi salah satu dari 4 pembicara yang ada di webinar ini, ia membawakan tema "Cari Cuan Sambil Rebahan".

Dalam webinar tersebut Aline berbagi serta menjelaskan banyak informasi mengenai bagaimana berinvestasi yang aman bagi Anda yang baru ingin memulai, Aline juga menegaskan bahwa mencari cuan kini bisa dilakukan dari rumah saja. Berikut adalah rangkuman tips dari Aline Wiratmaja tentang berinvestasi yang baik dan benar.


1. Investasikan diri Anda terlebih dahulu

Hal pertama yang paling penting dijelaskan oleh Aline adalah bagaimana kita menginvestasikan diri pribadi untuk selanjutnya siap berinvestasi di intrumen lain. Kesehatan mental serta fisik dapat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Jadi utamakan kesehatan diri Anda seperti membeli polis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa agar dapat meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.


2. Jangan tergesa-gesa

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di instrumen investasi lainnya. Pastikan bahwa Anda telah siap secara finansial, jangan terburu-buru untuk berhenti bekerja dan memulai berinvestasi karena Anda masih harus memiliki sumber pendapatan tetap. Jangan mengambil segala keputusan tergesa-gesa, pertimbangkan pilihan yang akan Anda ambil. Dan pastikan Anda juga memiliki dana darurat ketika hal yang tidak direncanakan terjadi.


3. Kenali instrumen yang akan Anda investasikan

Mengenal apa yang akan Anda investasikan adalah hal wajib sebelum memulai berinvestasi. Anda harus mengetahui segala risiko terhadap keputusan tersebut. Mencari informasi serta belajar dengan orang yang sudah ahli dibidang tersebut adalah langkah awal yang tepat sebelum Anda mulai menaruh dana di instrumen investasi tersebut.


4. Mencatat kesalahan

Aline juga menjelaskan dengan mencatat kesalahan, akan membantu Anda terhindar dari kesalahan yang sama. Hal tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasi Anda untuk mempertimbangkan segala keputusan yang akan Anda ambil di hari-hari berikutnya.


5. Gunakan uang dingin

Hal yang paling penting dari semuanya ialah Anda harus menggunakan uang dingin untuk berinvestasi. Jangan campurkan uang kebutuhan sehari-hari Anda untuk berinvestasi. Karena hal tersebut dapat berdampak besar terhadap psikologis Anda. Mungkin Anda akan merasa khawatir yang berlebih jika instrumen investasi yang Anda beli mengalami penurunan jika Anda tidak menggunakan uang dingin.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:


Berita terkait
Pentingnya Investasi dan Asuransi Ala Olivia Louise
Seorang investor sekaligus konten kreator untuk finansial dan investasi keluarga Olivia Louise mengatakan bahwa investasi dan asuransi itu penting.
Simak! 4 Tips Sebelum Memulai Investasi Ala Lolita Setyawati
Lolita Setyawati sering sekali membagikan tips-tips edukasi mengenai investasi, asuransi, dan mengenai keuangan lainnya lewat Instagram.
Tips Mulai Investasi, Aline Wiratmaja: Mulai Saja dan Pelajari
Trader Investor (Your Money Buddy) di Indonesia, Aline Wiratmaja mengatakan bahwa untuk memulai langkah awal dalam berinvestasi. Ini tipsnya.
0
Pentingnya Investasi dan Asuransi Ala Olivia Louise
Seorang investor sekaligus konten kreator untuk finansial dan investasi keluarga Olivia Louise mengatakan bahwa investasi dan asuransi itu penting.