Cara Pertolongan Pertama pada Serangan Asma

Pertolongan pertama bisa membantu mencegah asma semakin memburuk. Berikut cara pertolongan pertama pada saat serangan asma kambuh.
Ilustrasi - Serangan asma. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Serangan asma adalah kemunculan gejala secara tiba-tiba yang memburuk dalam waktu cepat. Anda mungkin lebih sering menyebut kondisi ini dengan asma.

Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi berbahaya dan mengancam nyawa. Pertolongan pertama bisa membantu mencegah asma semakin memburuk. Berikut cara pertolongan pertama pada saat serangan asma kambuh.



1. Berhenti beraktivitas

Bentuk pertolongan pertama yang terjadi pada saat serangan asma muncul tiba-tiba di kala beraktivitas adalah dengan segera berhenti untuk menenangkan diri.

Sesak napas tiba-tiba memang membuat panik. Namun, usahakan untuk mengalihkan pikiran Anda. Kepanikan justru semakin membuat Anda sulit bernapas lega.


2. Atur napas pelan-pelan

Gejala asma sering kali melemahkan karena membuat napas terasa lebih dangkal, cepat, dan tidak stabil. Oleh karena itu, setelah berhasil menenangkan diri, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan saat serangan asma datang adalah berusaha untuk mengatur napas pelan-pelan.

Lemaskan otot bahu dan leher Anda. Kemudian, ambil napas dari hidung dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu kerucutkan bibir dan keluarkan napas secara perlahan lewat mulut.


3. Jauhi keramaian

Jika serangan asma muncul pada saat di keramaian, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah cari tempat yang agak sepi untuk menenangkan diri.

Memaksakan diri berada di tempat ramai justru akan membuat Anda semakin panik dan stres. Ini bisa memperburuk serangan yang Anda rasakan.


4. Hindari pemicu asma

Serangan asma bisa tiba-tiba muncul jika Anda terpapar oleh faktor pemicu asma, seperti debu, bulu binatang, asap rokok, parfum, atau zat-zat kimia yang terkandung dalam produk kosmetik.

Jika memang Anda sensitif dengan hal-hal tersebut, sebaiknya jauh pemicunya saat itu juga. Bila faktor pemicu asma Anda adalah asap rokok, maka jauhi orang-orang yang merokok.


5. Segera pakai obat-obatan darurat

Serangan asma bisa terjadi kapan pun, di mana pun. Maka dari itu, Anda sebaiknya selalu siap sedia membawa obat darurat untuk pertolongan pertama mengatasi serangan asma.

Setelah duduk dan menenangkan diri, segera gunakan obat atau alat bantu pernapasan seperti inhaler asma yang Anda bawa. Jangan lupa untuk kocok dulu tabung inhaler beberapa kali supaya obatnya tercampur merata.

Semprotkan satu kali ke dalam mulut dan kemudian ambil napas panjang sebanyak empat kali. Berikan jeda waktu setidaknya 1 menit di antara setiap isapan saat Anda merasa perlu menggunakan lebih dari satu isapan. []

Berita terkait
Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan
Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.
5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan
Buah manggis merupakan buah yang dapat dimanfaatkan bagi dunia kesehatan maupun dunia kecantikan, mulai dari daging hingga kulitnya bermanfaat.
5 Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Selain memberikan aroma khas berbagai sajian hingga sebagai pewarna alami makanan, ternyata daun pandan juga memiliki manfaat bagi kesehatan.
0
Cara Pertolongan Pertama pada Serangan Asma
Pertolongan pertama bisa membantu mencegah asma semakin memburuk. Berikut cara pertolongan pertama pada saat serangan asma kambuh.