UNTUK INDONESIA
Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas
Kulit wajah yang mengelupas tentu menjadi masalah yang mengganggu. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara mudah agar kulit kembali normal.
Ilustrasi Kulit Mengelupas. (Foto: dundeedermatology.com)

Jakarta - Meski terbilang normal kulit wajah yang mengelupas tentu menjadi masalah yang mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara mudah untuk mengatasinya agar kulit kembali normal kembali.

Kulit wajah yang mengelupas terjadi akibat berbagai pemicu, seperti faktor cuaca, sering terpapar sinar matahari, kulit kering, alergi, bahkan infeksi. Sehingga, dengan mengetahui penyebab kulit wajah mengelupas terlebih dahulu, maka Anda bisa mengatasi masalah tersebut agar kulit kembali sehat seperti sedia kala.

Berikut cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas menurut berbagai sumber, yang dikutip pada Minggu, 30 Agustus 2020.

1. Gunakan Pembersih Ringan

Pembersih yang ringan, seperti yang bebas dari pewangi dan lembut bisa membantu mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari pembersih antibakteri dan pewangi lantaran mampu membuat kulit menjadi kering.

2. Hindari Produk Membuat Wajah Kering

Dikutip dari laman Medical News Today, sebaiknya Anda lebih waspada menggunakan produk kecantikan untuk wajah dengan memilih yang tidak menghilangkan minyak pada kulit. Selain itu, jangan memilih produk yang menggunakan alkohol atau astringen, asam alfa hidroksil, dan benzoil peroksida.

Produk yang mengandung retinoid nyatanya juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Solusinya, kurangilah pemakaian produk tersebut atau beralih ke produk yang mengandung retinoid rendah.

3. Gunakan Pelembab

Cobalah gunakan pelembab sehabis mencuci dan mengeringkan wajah agar kelembaban kulit tetap terjaga. Ini bertujuan guna mengatasi kulit yang mengelupas akibat kekeringan. Selain itu, hindari pelembab yang mengandung pewangi atau parfum di dalamnya.

4. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya ternyata bermanfaat sebagai anti-inflamasi untuk merawat kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Caranya, cobalah oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengelupas terlebih dahulu.

Kemudian, gunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai untuk mengobati kulit yang mengelupas. Perlu diingat, para ahli dermatologi menganjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30-45.

5. Konsumsi Air Mineral

Mengonsumsi air mineral yang cukup mampu membantu mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Sebab, selain tubuh, kulit juga bisa terhidrasi dengan cara ini.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari juga makanan yang mengandung lemak tinggi di dalamnya.

Nah, itulah beberapa cara mudah mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Sehingga, kulit wajah akan kembali normal seperti biasa dan kesehatannya tetap terjaga.

Baca Juga:

Tips Mudah Meremajakan Kulit di Masa Pandemi

Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Selama New Normal

Berita terkait
Penyebab dan Cara Mencegah Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar sering dikeluhkan oleh wanita karena permasalahan ini bisa memperburuk penampilan. Berikut penyebab dan pencegahannya.
Lipstik di Bibir Tahan Lama Agar Tetap Cantik
Lipstik menjadi produk kecantikan yang kerap digunakan setiap orang khususnya wanita. Terdapat cara agar lipstik bisa bertahan lebih lama.
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Hidung
Jerawat di hidung nyatanya dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Berikut penyebab dan cara ampuh mengatasinya.
0
Dukungan Paus Fransiskus untuk LGBT Tuai Reaksi di Filipina
Dukungan Paus Fransiskus terhadap ikatan sipil bagi pasangan sesama jenis (LGBT) menuai reaksi beragam di Filipina