UNTUK INDONESIA
Cara Mengobati Bisul Kecil di Ketiak
Bisul adalah permasalahan kesehatan sepele, tapi sering mengganggu. Apalagi kalau banyak dan posisinya unik, ketiak.
dr Melyawati Hermawan saat memberi keterangan. (Foto: Antara/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta - Bisul adalah permasalahan kesehatan yang sepele, tapi seringkali mengganggu. Apalagi kalau jumlahnya banyak dan posisinya di bagian tubuh yang sering bergerak, ketiak.   

Bisul-bisul kecil atau bruntusan biasanya terjadi sesusai menggunakan produk deodoran. Jika itu terjadi, Anda perlu menghentikan menggunakan produk penghilang bau badan yang sebelumnya disemprot atau ditaburkan ke area ketiak.

"Berhentikan (pemakaian produk) dulu. Biarkan kulit pulih dulu selama beberapa minggu," ujar ahli dermatologi dari Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Melyawati Hermawan di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019, seperti dilansir dari Antara.

Dokter yang akrab disapa Mely itu menyatakan bruntusan menjadi indikasi kalau kulit tidak nyaman dengan jenis deodoran yang dipakai.

[Kandungan] parfum paling sering menimbulkan iritasi, efek terbakar kalau terlalu kuat kandungannya. Tetapi memang keluhan orang berbeda-beda.

Selain bruntusan, Anda juga harus paham dengan kondisi ketiak. Apakah kulit terasa gatal, panas, atau warnanya merah bahkan hitam? Jika iya, berarti kulit Anda mengalami iritasi dan dipastikan termasuk kulit sensitif.

Pada kulit yang sensitif, lebih mudah alami peradangan. Untuk kulit yang seperti itu, sebaiknya pilih produk yang tidak mengandung parfum, paraben, lanolin dan propylene glycol karena mudah mengakibatkan iritasi.

"[Kandungan] parfum paling sering menimbulkan iritasi, efek terbakar kalau terlalu kuat kandungannya. Tetapi memang keluhan orang berbeda-beda," ujar Mely. []


Berita terkait
0
Sofyan Djalil Sudah Enam Kali Jadi Menteri
Presiden Joko Widodo kembali menunjuk Sofyan Djalil menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN. Ini jabatan menteri yang keenam kali