Cara Memilih Rice Cooker yang Bagus Sesuai Kebutuhan

Kini, rice cooker terbaik hadir dengan banyak sekali pilihan dengan berbagai fitur yang canggih. Ketahui cara memilih rice cooker terbaik.
Ilustrasi - Rice Cooker. (Foto: Tagar/Unsplash)

TAGAR.id, Jakarta - Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Pimanih mengatakan, nasi kaya akan karbohidrat, yang berfungsi sebagai sumber nutrisi dan energi.

“Apalagi jika makan buah dahulu kemudian nasi. Karbohidratnya ada, seratnya juga ada,” ujarnya.

Dikutip dari ceklist.id, kebutuhan akan nasi tersebut membuat masyarakat Indonesia memiliki setidaknya alat penanak nasi atau rice cooker di rumah mereka. Alat ini memiliki fungsi untuk mematangkan nasi secara praktis dan mudah.

Kini, rice cooker terbaik hadir dengan banyak sekali pilihan dengan berbagai fitur yang canggih. Ketahui cara memilih rice cooker terbaik sesuai kebutuhan.


Tips Memilih Rice Cooker yang Bagus

Sebelum menuju pembahasan tentang cara memilih rice cooker yang bagus, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis dan fungsinya.

Seiring canggihnya jaman, peralatan rumah tangga seperti rice cooker juga semakin berinovasi. Jenisnya pun beragam.

Ada On/Off Rice Cooker, yakni rice cooker keluaran pertama kali. Fungsi yang dibekali pun hanya on dan off saja. Rice cooker ini tidak bisa digunakan untuk memanaskan nasi, melainkan hanya memasak saja.

Alhasil, dengan fungsi yang sangat minim seperti itu, rice cooker ini kini sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke rice cooker inovasi terbaru.

Kemudian, Cook/Keep Warm Rice Cooker, yakni alat yang sudah dibekali dengan fungsi keep warm untuk menjaga suhu nasi untuk selalu hangat sepanjang hari. Anda tak perlu repot untuk memanaskan nasi lagi secara manual.

Lalu, ada Smart Rice Cooker yang paling canggih saat ini. Alat satu ini tak hanya digunakan untuk menanak nasi dan menghangatkan nasi saja melainkan dilengkapi dengan beberapa fitur seperti mengukus, memasak lambat, hingga untuk memasak nasi dalam jangka waktu yang cepat dan terjadwal.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih rice cooker sesuai kebutuhan:


1. Ketahui Jenis Rice Cooker dengan Sistem Pemanas Berbeda

Umumnya, penduduk Indonesia menggunakan rice cooker yang di dalamnya terdapat sistem pemanas yang dibagi menjadi dua mekanisme. Yakni melakukan perpindahan panas ke seluruh permukaan panci dan hanya memfokuskan daya pemanas pada bagian bawah panci.

Rice cooker yang sistem pemanasnya merata disebut dengan tipe pemanas induksi (induction heating atau IH). Tipe ini mampu memanaskan beras secara keseluruhan.

Tingkat kematangan nasi pun dipastikan sempurna, merata pada bagian terbawah hingga teratas nasi. Rice cooker tipe ini lebih cocok untuk memasak nasi dalam jumlah banyak untuk sekali masak.

Lalu, adalah tipe pemanas yang daya pemanasnya tidak terlalu tinggi, atau disebut rice cooker micro controller.

Perbedaan tipe rice cooker ini dengan tipe IH adalah daya pemanas yang berpusat di bawah panci. Metode pematangan nasi dari tipe ini menyerupai mekanisme saat memasak nasi dengan panci menggunakan kompor gas.

Apabila Anda sudah berkeluarga dan ingin menyajikan nasi untuk anggota keluarga, lebih tepat memakai rice cooker tipe IH dengan kapasitas tampung besar.

Namun, harga jualnya lebih mahal dibandingkan tipe micro controller. Sebaliknya, bagi Anda yang jarang memasak di rumah, pilihlah yang tipe micro controller agar fungsinya pun tetap maksimal.


2. Pilihlah Rice Cooker yang Panci Penanaknya Terbuat dari Keramik

Setiap pabrikan umumnya memiliki bahan baku yang berbeda-beda untuk membuat panci. Biasanya, bahan yang dipilih ini juga akan berpengaruh terhadap harga.

Maka, sebaiknya Anda mengutamakan rice cooker terbaik yang pancinya terbuat dari material keramik berlapiskan coating pada permukaannya.

Kelebihan dari panci keramik adalah memiliki kemampuan konduksi panas yang baik. Selain itu, kemampuan mengisolasi panas juga tergolong baik. Jadi, panci keramik tidak hanya sekedar membantu proses penanakan nasi lebih cepat matang secara merata.

Lebih dari itu, ketika nasi ingin dihangatkan, tidak perlu waktu lama nasi kembali hangat dan panas karena sifat konduksi termalnya yang optimal.

Untuk itu, jika Anda memilih panci yang terbuat dari bahan keramik, pastikan juga agar rice cooker memiliki fitur penghangat. Sebenarnya saat ini hampir semua rice cooker sudah dilengkapi fitur tersebut.

Lalu , apabila Anda ingin mematangkan nasi dengan lebih cepat, maka pilihlah rice cooker tipe IH yang memiliki fitur pressure sehingga dapat mematangkan nasi dengan suhu di atas 100o C.

Demikian informasi seputar cara memilih rice cooker yang bagus sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat. []

Berita terkait
Cara Memasak Tanpa Menggunakan Minyak Goreng
Anda yang memiliki ‘Air-fryer’ atau alat-alat seperti pemanggang maupun microwave mungkin tidak akan dibuat pusing oleh terlalu banyak hal.
Cara Memasak Telur yang Benar, Hindari 7 Kesalahan Ini
Meskipun memasak telur itu sederhana, ternyata ada hal-hal kecil yang membuat hasilnya tak sempurna.
Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tak Hilang
Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak Anda membersihkan sayuran yang hendak dimasak. Berikut cara memasak sayuran agar gizinya tak hilang.
0
Cara Memilih Rice Cooker yang Bagus Sesuai Kebutuhan
Kini, rice cooker terbaik hadir dengan banyak sekali pilihan dengan berbagai fitur yang canggih. Ketahui cara memilih rice cooker terbaik.