Cara Gabungkan Vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic Acid

Siapa sangka jika kombinasi dari beberapa bahan bisa membuat kulit menjadi lebih baik dan sehat, seperti vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic acid.
Ilustrasi foto serum (Foto: Tagar/Pexels/Ron Lach)

Jakarta - Semakin ke sini, semakin banyak produk skincare dengan berbagai macam kandungan. Mulai dari facial wash, toner, serum, dan moisturizer yang bisa ditemukan di mana-mana. 

Namun, siapa sangka jika kombinasi dari beberapa bahan bisa membuat kulit menjadi lebih baik dan sehat, seperti vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic acid. Ketiga kandungan ini menawarkan manfaat kulit yang menarik. 

Berikut manfaat dan cara menggabungkan ketiga kandungan tersebut.


Apa Manfaat Vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic Acid pada Kulit?

Vitamin C: Vitamin C dapat membantu meratakan warna kulit dan hiperpigmentasi. Menurut Dr. Gilbert yang di lansir dari skincare.com, vitamin C terbukti mencerahkan kulit dan mampu menetralkan kerusakan kulit dari radikal bebas.

Retinol: Retinol merupakan salah satu kandungan yang digunakan untuk mencegah penuaan dan bisa mengurangi munculnya garis-garis halus. 

Retinol tidak hanya digunakan untuk mereka yang memiliki kulit bermasalah atau usia yang lebih lanjut. Karena kandungan ini juga bisa untuk meredakan jerawat dan meratakan warna kulit.

Hyaluronic Acid: Hyaluronic Acid dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan terhidrasi. Selain itu, dapat digunakan pada semua jenis kulit, termasuk tipe kulit sensitif.


Bagaimana jika menggunakannya secara bersamaan?


Skincare Rutin di Pagi Hari

Gunakan produk yang mengandung vitamin C setelah mencuci muka, seperti serum yang mengandung vitamin C. Vitamin c bisa meningkatkan penetrasi produk untuk mencapai hasil terbaik. 

Setelah serum vitamin C menyerap, layerlah dengan serum yang mengandung hyaluronic acid. Kemudian jangan lupa menggunakan sunscreen.


Skincare Rutin di Malam Hari

Setelah beraktivitas seharian, sebaiknya melakukan double cleansing, yaitu dengan menggunakan micellar water untuk menghilangkan riasan atau kotoran dan pembersih muka untuk membersihkan lebih dalam lagi. 

Kemudian gunakan produk yang mengandung retinol, seperti toner atau serum.

Jika pemula, sebaiknya gunakan retinol seminggu tiga kali pada malam hari saja. Jika tidak ada iritasi pada kulit, periode penggunaan bisa ditingkatkan. 

Sebelum menggunakannya, pastikan kondisi wajah dalam keadaan kering dan bersih. Kemudian gunakan moisturizer untuk melembabkan karena retinol bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Ampuh! Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami
Mencerahkan atau memutihkan wajah sebenarnya tak harus dengan menggunakan produk pemutih instan. Berikut cara alami mencerahkan kulit wajah.
5 Bahan Hijab yang Cocok Bagi Wanita Berwajah Bulat
Wajah bulat terkadang membuat sebagian Muslimah bimbang dalam memilih dan mengkreasikan bentuk hijabnya di keseharian. Berikut bahan yang cocok.
Cara Merawat Wajah Agar Tetap Sehat dan Bercahaya
Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan. Berikut cara merawat wajah.
0
Cara Gabungkan Vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic Acid
Siapa sangka jika kombinasi dari beberapa bahan bisa membuat kulit menjadi lebih baik dan sehat, seperti vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic acid.