UNTUK INDONESIA
Bupati Tapsel Dampingi Cabup, Netralitas ASN Terpengaruh
Netralitas ASN Tapanuli Selatan dalam Pilkada 2020, akan terpengaruh bila pimpinannya terindikasi berpihak ke salah satu calon bupati.
Dosen Sosiolog UIN Sumut, Rholand Muary. (Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, dalam Pilkada 2020, akan terpengaruh bila pimpinannya terindikasi berpihak ke salah satu calon bupati.

"Saya kira secara etika politik, harusnya Bupati Tapsel saat ini mengajukan cuti jika ingin berkampanye untuk salah satu calon di Pilkada Tapsel," tutur akademisi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Rholand Muary, Jumat, 23 Oktober 2020.

Itu dikatakan Rholand Muary menyikapi beredarnya di jejaring media sosial Facebook, foto Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mendampingi calon Bupati Tapsel nomor urut 2, Dolly PP Pasaribu diduga sedang berkampanye.

Kejadian tersebut, tegas Rholand, bisa menjadi preseden buruk bagi tata kelola pemerintahan, yang dianggap punya kepentingan terhadap calon tertentu.

ASN melihat foto bupatinya bersama calon bupati, tentu ASN ini akan menilai bahwa bupati memihak kepada calon bupati itu

"Dalam momentum Pilkada, semua pihak harus mengawasi jalannya proses politik, jika melanggar aturan regulasi yang ada, jika sebaiknya diproses agar kita punya kualitas output Pilkada yang baik," tegasnya.

Dosen Sosiolog ini menekankan, kehadiran Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama calon Bupati Dolly PP Pasaribu, tentunya punya dampak karena pasti ASN sebagai bawahan Bupati, secara tersirat akan kelihatan keberpihakannya, maka dari itu Bupati harus bisa memposisikan dirinya sebagai bupati atau sebagai tim sukses.

"ASN melihat foto bupatinya bersama calon bupati, tentu ASN ini akan menilai bahwa bupati memihak kepada calon bupati itu. Dan si ASN pun bisa terpengaruh untuk memihak ke calon itu karena pimpinannya berada di sana. Ini salah satu contoh dampak psikis dari sikap bupati tersebut. Dan saya kira ASN punya kewajiban untuk netral," terangnya.

Sebelumnya, beredar foto di jejaring media sosial Facebook, diduga Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mendampingi calon Bupati Tapsel nomor urut 2, Dolly PP Pasaribu, tatap muka dengan warga di salah satu desa di Kecamatan Sipirok.

Foto tersebut diunggah pemilik akun Siregar Sipirok dengan menandai delapan akun lainnya, dengan caption 'dinilai muda dan energik, warga Dusun Sitandiang, Desa Bulumario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, bulat menangkan Dolly-Rasyid pada Pilkada 9 Desember 2020.

Ada beberapa foto yang diunggah, satu di antaranya foto seorang pria mirip Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu memakai kemeja warna putih lengan panjang sedang duduk di kursi, dan duduk di sebelahnya calon Bupati Tapsel Dolly PP Pasaribu yang saat itu memakai kemeja warna hitam lengan panjang.

Dan di sebelah kedua orang ini, juga terdapat sejumlah warga yang sedang duduk dan berkumpul di halaman rumah salah seorang warga. []

Berita terkait
Bupati Tapsel Diduga Dampingi Kampanye Cabup Dolly Pasaribu
Beredar foto di Facebook diduga Bupati Tapanuli Selatan mendampingi calon Bupati Dolly PP Pasaribu melakukan tatap muka dengan warga.
Cabup Cawabup Tapsel, Dolly-Rasyid Peduli Pendidikan
Paslon Cabup dan Cawabup Dolly-Rasyid dikenal sebagai sosok yang peduli dengan perkembangan pendidikan.
Paman Bobby Nasution Mundur dari Pilkada Tapsel
Doli Sinomba Siregar, pamannya Bobby Nasution urungkan niat maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tapsel 2020.
0
Bupati Tapsel Dampingi Cabup, Netralitas ASN Terpengaruh
Netralitas ASN Tapanuli Selatan dalam Pilkada 2020, akan terpengaruh bila pimpinannya terindikasi berpihak ke salah satu calon bupati.