Indonesia
Bupati Maros Pusing Hadapi Truk Tambang Galian C
Bupati Maros ancam aktivitas truk 10 roda pengangkut tambang galian C yang beroperasi di Maros.
Kendaaran pengangkut tanah hasil tambang yang melintas di Jalan Poros Moncongloe, Maros. (Foto: Tagar/Aan)

Maros - Gerah dengan aktivitas truk 10 roda pengangkut tambang galian C yang beroperasi di Maros, Bupati Maros HM Hatta Rahman mengeluarkan ancaman berikut sanksi.

"Nanti akan kita tertibkan truk 10 roda ini. Sekarang truk 10 roda banyak yang melebihi tonase dan sudah tidak sesuai standar. Truknya sudah besar ditambah lagi baknya dipasangi papan bagian kiri kanan dan belakangnya melebihi kapasitas muatan," kata Hatta Rahman, Selasa 23 Juli 2019.

Menurut Hatta, selain rawan kecelakaan truk 10 roda ini kerap merusak jalan yang dilalui, mulai dari pagi sampai malam.

Hatta menyebut, pihaknya sudah menggelar rapat dengan pihak terkait seperti Kapolres, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kasatlantas untuk menertibkan truk-truk ini.

Perbup ini memuat standar truk yang beroperasi namun sanksinya belum tertuang sehingga dilakukan perubahan

Truk-truk kata Hatta, juga kerap beroperasi malam hari sehingga ditengarai materialnya diambil dari tambang galian ilegal alias tidak berizin.

"Sebenarnya kita sudah punya peraturan bupati (perbup) tentang penggunaan jalan umum kabupaten, tapi tidak memuat sanksi bagi pelanggar sehingga perbup akan disempurnakan yang memuat sanksi di dalamnya," ujar Hatta.

Kepala Bagian Hukum Najib mengatakan, penertiban truk 10 roda pengangkut tambang galian C diatur dalam Perbup No. 102 Tahun 2016 tentang penggunaan jalan umum kabupaten untuk angkutan hasil tambang dan hasil usaha lainnya.

"Perbup ini memuat standar truk yang beroperasi namun sanksinya belum tertuang sehingga dilakukan perubahan perbup untuk sanksi bagi truk yang melanggar. Rancangan perubahan perbup sementara digodok dan akan segera disahkan," jelas Najib.[]

Baca juga:

Berita terkait
0
Daftar 100 Universitas Terbaik Indonesia 2019
Kemenristekdikti telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Lihat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia