Indonesia
Buka Ternakopi, Jokowi Minta Kaesang Pangarep Berguru
Celebrity Chef Arnold Poernomo ingat permintaan jokowi agar putranya Kaesang berguru kuliner sebelum buka Sang Pisang dan Ternakopi.
Gibran, Arnold Purnomo, dan Kaesang di pembukaan gerai Ternakopi di Tanjung Duren, Jakarta Barat. (Foto: Antara/Ida Nurcahyani)

Jakarta - Celebrity Chef Arnold Poernomo masih ingat permintaan Presiden Joko Widodo (jokowi) agar putra bungsunya Kaesang Pangarep berguru usaha kuliner pada 2014. Saat itu sebelum Kaesang membuka gerai makan Sang Pisang dan minuman Ternakopi.

"Pertama kali ketemu Kaesang, bapaknya dia (Presiden Jokowi), itu nyuruh dia kerja buat saya, belajar dari saya pada 2014. Waktu itu, kan saya awalnya cuma kenal sama Gibran. Terus, tiba-tiba ada pengawal, Sekretaris Istana mendatangi saya dan bilang, 'Bapak mau datang'", ujar pria yang akrab disapa Chef Arnold itu seusai peresmian Ternakopi ke-12 di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Sabtu, 20 Juli 2019, seperti dilansir dari Antara.

Arnold sempat bingung dengan kehadiran Presiden, yang ternyata tujuannya agar Kaesang belajar kuliner dengan dia. Jokowi yakin usaha kuliner berpotensi besar.

Kemudian Arnold dan Kaesang bekerja sama membuka restoran Mangkok Ku yang juga terdapat gerai kopi Ternakopi by Kaesang di Jakarta Barat. Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, ikut bergabung di bisnis yang menyajikan menu rice bowl berkonsep comfort food dengan rasa khas Indonesia.

Restoran tersebut memiliki enam varian menu, yaitu Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Brisket Spicy Sauce, Ox-Tounge Dabu, Crispy Chicken, Fire Fried Chicken, dan Egg Sausage Mayo. Semangkuk nasi dan lauk dibanderol mulai dari Rp 19.000.

Bukan Penggemar Kopi

Kaesang sendiri mengaku bukan penggemar kopi.

"Aku tuh enggak suka kopi. Kopi rasanya aneh buatku," kata Kaesang masih di tempat yang sama.

Hal itu bermula dari mengikuti kursus barista pada 2018. Meskipun tidak menyelesaikan kursus, Kaesang malah tertarik dengan dunia kopi. Dia mengaku bapaknya, Presiden Jokowi, yang mencoba kopi pertamanya.

"Selama setahun saya belajar, kalau saya balik ke Indonesia kalau lagi liburan gitu, Bapak saya suruh cobain. Tiap pagi dan malam, saya selalu buatin untuk Bapak. Awalnya yang original. Setelah dia approved, baru saya bikin varian lain," katanya.

Anak muda yang juga punya bisnis pisang nugget Sang Pisang itu mengatakan Presiden Jokowi paling suka kopi gula jawa buatannya. Pada calon pebisnis, Kaesang menyarankan sebaiknya memulai usaha dari yang mereka sukai dan jangan takut gagal.

Spesialis Kopi Dingin

Disinggung kenapa membuka kopi di daerah tersebut, pria berusia 24 tahun itu menjawab dengan sederhana.

"Alasan buka di sini, ya karena kan saya juga yang punya Mangkok Ku dan saya lihat di sini belum ada vendor minumannya. Jadi saya masukin aja," kata Kaesang.

Ternakopi by Kaesang hanya menawarkan menu kopi dingin atau cold brew yang dikemas dalam botol plastik karena dianggap lebih nikmat dan praktis.

"Kalau cold brew kan bisa dinikmati lebih lama, bisa disimpan untuk dikonsumsi sampai besok. Selain itu, cold brew lebih aman untuk lambung," ujarnya. 

Wacana Ramah Lingkungan dan Ekspansi 

Kaesang juga sosok yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

"Ke depan, kemasannya akan ganti pakai plastik oxium yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, kami mau bikin tumbler," kata mahasiswa semester delapan Singapore Institute of Management University itu.

Sebagai anak muda yang bersemangat, kaesang berambisi membuka gerai Ternakopi hingga 10.000 cabang. Dengan Ternakopi, dia bercita-cita ingin memberdayakan para petani kopi di Tanah Air. []

Baca juga:

Berita terkait
0
UAS Diduga Hina Kristen, Berikut Transkrip Lengkapnya
Berikut isi pernyataan UAS yang viral menyatakan salib dan patung jin kafir. Video tersebut telah dilaporkan ormas Brigade Meo.