UNTUK INDONESIA
BPBD Sumbar Butuh Rp 32 Miliar Benahi 4 Titik Abrasi
BPBD Sumatera Barat mengusulan anggaran Rp 32 miliar ke BPNB untuk memperbaiki empat titik lokasi wisata yang terdampak abrasi pantai.
Kepala BNPB Doni Monardo bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau Tugu Merpati Perdamaian Pantai Padang, Kamis 7 November 2019. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengajukan anggaran sebesar Rp 32 miliar kepada BNPB untuk perbaikan empat titik lokasi abrasi di Kota Padang.

Selain sebagai penahan pantai juga sebagai tempat iwisata. Desainnya sudah kami buat.

Empat titik abrasi di Padang itu berada di Pantai Air Manis, Tugu Merpati, Pasir Jambak dan Masjid di Muaro Pantai Padang.

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan tim teknis dari BNPB akan turun ke lapangan dalam pekan ini. Untuk mengantisipasi abrasi pantai di kawasan tersebut, pihaknya mengusulkan pemasangan pemecah ombak dalam batu grib yang di atasnya dibangun taman.

"Jadi, selain sebagai penahan pantai juga sebagai tempat iwisata. Desainnya sudah kami buat," katanya, Jumat, 6 Maret 2020.

Dia berharap, usulan yang diajukan BPBD tersebut bisa cepat ditanggapi BNPB. Sebab, empat titik tersebut merupakan pusat wisata yang selalu diburu pengunjung yang datang ke Kota Padang.

"Risikonya cukup mengkhawatirkan. Seperti Tugu Merpati yang semakin parah. Lokasi ini juga sudah ditinjau langsung oleh Kepala BNPB," tuturnya. []


Berita terkait
Kuli Bangunan Diduga Perkosa Bocah Padang Pariaman
Kuli bangunan diringkus polisi karena diduga memperkosa gadis di bawah umur di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.
Truk Hantam Kedai dan Rusak 8 Kendaraan di Padang
Truk bermuatan sarang walet menghantam kedai martabak mesir hingga menabrak delapan kendaraan di Kota Padang, Sumatera Barat.
Pasien Suspect Corona di Padang Demam Biasa
Pasien yang sempat diisolasi di RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat, dinyatakan negatif terpapar virus corona.
0
Klaim Sudah Pulih, PM Inggris Akan Buka Lockdown
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan Inggris telah melewati puncak wabah corona, untuk itu ia berjanji akan membuka lockdown.