UNTUK INDONESIA
Bournemouth Vs Liverpool, Pertama Kali Tak Kebobolan
Liverpool untuk kali pertama setelah 14 laga tidak kebobolan saat mengalahkan Bournemouth 3-0 di Liga Premier Inggris, Sabtu 7 Desember 2019.
Liverpool untuk kali pertama meraih kemenangan tanpa kebobolan saat mengalahkan Bournemouth 3-0 di Liga Premier Inggris di Stadion Vitality, Sabtu 7 Desember 2019. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Liverpool harus menunggu cukup lama untuk kembali meraih clean sheet alias tidak kebobolan saat mengalahkan Bournemouth 3-0 di Liga Premier Inggris di Stadion Vitality, Sabtu 7 Desember 2019. Ini untuk kali pertama selama 14 pertandingan terakhir Liverpool tak kemasukan gol. 

Saat di ruang ganti, semua pemain berseru, "Clean sheet, clean sheet, clean sheet." Hal yang dilakukan Liverpool setiap menjelang pertandingan, terutama sejak mengalahkan Sheffield United 1-0, 28 September 2019. 

Harapan itu baru kesampaian setelah menunggu lebih dari dua bulan saat menghancurkan tuan rumah Bournemouth. Ini untuk ketiga kalinya The Reds mengakhiri laga tanpa pernah kebobolan di musim ini. 

Saya sampai sudah lupa bagaimana rasanya saat kami mengakhiri laga tanpa kebobolan. Sungguh luar biasa

Kemenangan itu juga kian mengukuhkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan poin 46. Unggul 11 poin dari Leicester City yang menduduki peringkat dua. Leicester sendiri akan menghadapi tim promosi Aston Villa di Villa Park, Minggu 8 Desember 2019. 

Manajer Juergen Klopp menyatakan rasa puasnya tim tak kebobolan di pertandingan liga. Dia berharap keberhasilan itu tidak berhenti di laga melawan Bournemouth. 

"Saya sampai sudah lupa bagaimana rasanya saat kami mengakhiri laga tanpa kebobolan. Sungguh luar biasa. Kami seharusnya bisa lebih sering melakukannya," kata Klopp. 

"Di ruang ganti, anak-anak memang selalu berseru, "...Clean sheet, clean sheet, clean sheet". Semua ingin target itu tercapai. Akhirnya kami bisa melakukannya dan kami ingin mengulanginya," ucapnya.

Mengapa Liverpool sangat ingin meraih kemenangan tanpa kebobolan? Pencapaian itu setidaknya menjadi modal penting The Pool saat melakoni laga tandang sekaligus terakhir penyisihan grup Liga Champions melawan RB Salzburg, Rabu 11 Desember 2019 dini hari WIB.

Bournemouth vs LiverpoolPemain depan Liverpool Roberto Firmino (kiri) saat membayangi pemain Bournemouth Nathan Ake di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Vitality, Sabtu 7 Desember 2019. Liverpool menang 3-0 di laga itu. (Foto: Standard.co.uk)

Laga melawan Salzburg sangat penting karena menjadi penentuan bagi kedua tim. Bila kalah sampai minimal dua gol dan Napoli menang lawan Genk, maka, Liverpool bisa tersingkir. Pasalnya Salzburg hanya kalah 3-4 pada pertemuan pertama melawan Liverpool di Anfield. 

"Bila kami kembali tidak kebobolan di laga berikutnya (melawan Salzburg) ini tentu akan menentukan. Kini, kami dalam kondisi bagus untuk pertandingan ini," ujar Klopp.

Di laga melawan Bournemouth yang menduduki papan bawah, Klopp mengubah komposisi pemain. Bahkan ada tujuh pemain yang dirotasi. Meski demikian, juara bertahan Liga Champions ini masih terlalu perkasa bagi tuan rumah. 

Kemenangan Liverpool dibuka Alex Oxlade-Chamberlain di menit 35. Gol itu tercipta setelah Oxlade-Chamberlain menyambut umpan silang Jordan Henderson lewat tendangan voli. 

Gol itu kian menaikkan semangat pemain Liverpool. Mereka kembali menekan lawan. Hasilnya, Liverpool menambah gol menjelang akhir babak pertama melalui Naby Keita.

Dirinya menyelesaikan umpan ciamik dari Mohamed Salah. Pemain asal Mesir ini memberikan bola lewat tendangan tumit. 

Selanjutnya, Salah berkolaborasi dengan Keita untuk memantapkan keunggulan tim. Salah mencetak gol ketiga setelah menyelesaikan umpan dari Keita di menit 54. Skor 3-0 untuk Liverpool bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Manchester City Ditahan Newcastle, Liverpool Digdaya
Tim besutan Pep Guardiola, Manchester City semakin sulit memangkas ketertinggalan poin dengan Liverpool, usai ditahan imbang Newcastle United.
Demi Menang, Liverpool Siap Mainkan Mohamed Salah
Pemain depan Liverpool Mohamed Salah disiapkan untuk menghadapi Napoli di pertandingan Liga Champions di Anfield, Kamis 27 November 2019.
Kalahkan City, Liverpool Tidak dalam Tekanan
Liverpool mengalahkan rival terberat, Manchester City, sehingga mulai meninggalkan pesaingnya. Namun Liverpool tidak merasa dalam tekanan.
0
‎Imlek dan Lukisan Gus Dur di Kelenteng Hok le Kiong
Kelenteng Hok le Kiong berada di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah sudah mempercantik bangunan dengan berbagai ornamen, salah satunya lukisan Gus Dur.