Bos Tokocrypto: Transaksi Kripto di RI Tembus Rp 370 Triliun

Pada 2020 data menunjukkan bahwa ada 2,5 juta investor di Indonesia yang bermain di aset kripto.
Aset kripto. (Foto: Tagar:

Jakarta - COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan transaksi mata uang kripto terus menunjukkan peningkatan drastis pada tahun 2020 hingga 2021.

Pada 2020 data menunjukkan bahwa ada 2,5 juta investor di Indonesia yang bermain di aset kripto.

"Loncat pada 2021, tidak sampai setahun angkanya sudah naik menjadi 6,5 juta investor kripto," kata Teguh Kurniawan sepeti dilansir CNBC Indonesia dalam program Squawk Box di Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021.

Dia menjelaskan, hal ini berbanding terbalik di tengah kondisi pandemi yang justru meningkatkan jumlah investor. Alasannya adalah karena aset kripto memiliki kemudahan akses hingga alasan kemudahan menjangkau aset investasi.


Tahun 2020 itu hanya Rp 60 triliun volume perdagangan di RI. Naik di Mei 2021 data terakhir mencapai Rp 370 triliun, hampir 6 kali lipatnya pertumbuhan dari volume.


"Di kripto dengan hanya Rp 50 ribu sudah bisa membeli aset kripto contohnya Bitcoin (BTC)," katanya.

Tak hanya tambahan investor yang signifikan, dia juga mengatakan bagaimana volume perdagangan yang juga terkerek naik. Pada periode yang sama (2020-2021) ada kenaikan volume perdagangan hingga 6 kali lipat berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

"Tahun 2020 itu hanya Rp 60 triliun volume perdagangan di RI. Naik di Mei 2021 data terakhir mencapai Rp 370 triliun, hampir 6 kali lipatnya pertumbuhan dari volume," ujarnya.

Baca Juga: Pakar UNPAD: Aset Kripto Jangan Digunakan untuk Transaksi

Berita terkait
Wamendag: Kripto Potensial Jadi Sumber Pendapatan Negara
Jerry Sambuaga mengatakan, saat ini, nilai perdagangan kripto sudah mencapai Rp1,7 triliun per hari.
Setengah Juta Penambang Kripto di China & Iran Eksodus ke AS
AS dengan cepat menjadi kesayangan baru dunia penambangan Bitcoin. Negara ini adalah tujuan penambangan terbesar kedua di dunia.
Pendiri Dogecoin: Kripto Rentan Penipuan dan Orang Jahat
Keduanya bahkan menuding dunia kripto rentan pada penipuan dan banyak orang jahatnya.
0
Pemerintah Indonesia Sedang Rampungkan Bursa Aset Kripto
Lutfi mengatakan, penyelesaian bursanya dan beberapa peraturan pendukung memastikan bawah aset kripto bagian dari investasi negara di masa depan.