UNTUK INDONESIA
Bocah Tanpa Kepala di Sidrap Dibunuh Ibu Tiri
Mayat bocah berusia lima tahun tanpa kepala yang ditemukan meninggal dunia dalam parit di Sidrap Sulsel ternyata dibunuh ibu tirinya.
Pelaku pembunuh anak tiri di Sidrap Sulsel ditangkap polisi. (Foto: Tagar/Dok. Polisi)

Sidrap - Teka teki penemuan mayat anak laki-laki tanpa kepala di Sidrap akhirnya terungkap. Bocah berumur lima tahun bernama M. Haikal Ananda itu, ternyata diculik lalu dibunuh oleh ibu tirinya sendiri bernama Lia, 39 tahun, warga Jalan Air Panas, Bangkai, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel.

Pengungkapan ini, setelah pelaku mendatangi Rumah Sakit (RS) Nene Mallomo Sidrap dengan maksud melihat almarhum. Tapi petugas yang mencurigai gerak-gerik dari ibu buruh pembuat batu bata merah itu, sehingga diapun langsung ditangkap.

Pelaku dan barang bukti telah diamankan. Perkara ini akan dilakukan penyidikan di Polres Sidrap terkait kasus pembunuhan.

Dihadapan petugas, Lia mengakui perbuatannya telah menculik lalu membunuh korban dengan cara dihanyutkan ke sungai.

Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Dharma Negara mengatakan, jika kasus penculikan anak yang berujung pembunuhan terhadap M Haikal akhirny berhasil terungkap.

Tim Crime Fighters Resmob Polres Pinrang bersama Resmob Polda Sulsel akhirnya meringkus pelaku Lia, yang tak lain adalah ibu tiri korban sendiri.

"Semalam, pelaku ini mendatangi rumah sakit bermaksud melihat kondisi mayat korban. Tapi berbekal keterangan saksi lainnya yang sempat diperiksa dan juga gelagat mencurigakan dari pelaku ini, sehingga ia langsung diamankan lalu dibawa untuk interogasi. Dan ternyata betul, ia adalah penculik dan pembunuhnya," kata Kasat Reskrim AKP Dharma, Jumat 1 Mei 2020 malam.

Dharma menerangkan, pelaku merupakan ibu tiri dari korban sendiri. Dia ini istri pertama dari ayah korban, Angga. Hubungan mereka sempat renggang, sehingga bercerai sekitar tahun 2002 lalu, meski memiliki dua anak. Tapi, sekitar tahun 2019 kemarin, mereka kemudian sepakat untuk kembali rujuk.

Meski rujuk, ternyata hubungan pernikahan ini tidaklah harmonis. Mereka kerap kali kembali bertengkar, hingga pelaku merasa cemburu dan beranggapan jika Angga ini hanya menyanyangi atau peduli terhadap korban (anak dari istri ke empat Angga) dibandingkan kedua anaknya.

Ia pun langsung menculik lalu membuang korban di jembatan yang terletak di Kampung Tangkoli Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap, Sulsel.

"Pelaku dan barang bukti telah diamankan. Perkara ini akan dilakukan penyidikan di Polres Sidrap terkait kasus pembunuhan. Sedangkan kasus pencurian dan penculikan anak akan dilakukan penyidikan di Polres Pinrang," ujar mantan Kasat Narkoba Polres Bone itu.

Sebelumnya, sesosok mayat pria tanpa kepala ditemukan mengapung di saluran irigasi Galung Aserae, Kelurahan Lakessi, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Kamis 30 April 2020, sekitar pukul 15.30 WITA. Korban berumur lima tahun ini diduga korban penculikan.

Mayat bocah laki-laki ini ditemukan oleh warga sekitar yang sempat melintas di lokasi kejadian. Ia melihat mayat anak ini dalam kondisi terlentang tanpa kepala didalam saluran irigasi dan telah mengeluarkan bau busuk.

Belakangan diketahui, bocah malang tersebut bernama Muh. Haikal Ananda, berusia lima tahun. Ia tercatat tinggal di Lappa-lappae, Kelurahan Tellu Panua, Kecamatan Suppa, Pinrang, Sulsel. []

Berita terkait
Mayat Bocah Tanpa Kepala Ditemukan di Sidrap Sulsel
Sesosok mayat tanpa kepala ditemukan mengapung di saluran irigasi Galung Aserae, Kelurahan Lakessi Kabupaten Sidrap Sulsel.
Waria Bunuh Bocah di Sidrap Usai Ditolak Bersetubuh
Waria di Sidrap Sulsel, ditangkap polisi usai membunuh bocah karena menolah berhubungan badan dengan pelaku.
Penjual Dedak Sidrap Tewas Tenggelam di Enrekang
Pedagang Dedak asal Kabupaten Sidrap ditemukan meninggal dunia usai terseret arus sungai di Kabupaten Enrekang.
0
Bocah Tanpa Kepala di Sidrap Dibunuh Ibu Tiri
Mayat bocah berusia lima tahun tanpa kepala yang ditemukan meninggal dunia dalam parit di Sidrap Sulsel ternyata dibunuh ibu tirinya.