BNN Amankan 115 Ton Ganja dan 11 Ribu Tersangka Sepanjang 2021

Kasus narkoba tahun 2021 memang banyak, hingga beberapa publik figur pun ikut diringkus karena penyalahgunaan barang terlarang ini.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sepanjang tahun 2021, ada 115 ton ganja dan 11 ribu tersangka yang telah diringkus BNN untuk jalani rehabilitasi.

Jumlah tersebut sangat fantastis, mengingat kasus narkoba tahun 2021 memang banyak, hingga beberapa publik figur pun ikut diringkus karena penyalahgunaan barang terlarang itu.

Adapun rincian jumlahnya yaitu 115,1 ton ganja, 3,313 ton sabu, 50,5 hektar lahan ganja, dan 191.575 butir ekstasi.

Sementara itu, kasusnya sendiri ada 760 dengan 1.109 orang yang ditetapkan menjadi tersangka.

Dari 760 kasus tersebut, 85 diantaranya merupakan jaringan pengedar narkoba nasional dan internasional.

Sedangkan dari 1.190 tersangka, 16 di antaranya juga terjerat kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Untuk barang bukti terkait TPPU, BNN menyita aset dengan nilai Rp.108.373.138.461," ungkap Kepala BNN, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Dengan adanya penambahan tersangka tahun ini, total pecandu dan korban narkoba yang menjalani rehabilitasi ada 11.290 orang.

Menurut Kepala BNN, tujuan dari rehabilitasi sendiri adalah agar pecandu dan korban narkoba bisa pulih dari kecanduan yang berkelanjutan.

Rehabilitasi dilakukan di beberapa tempat yaitu Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Rehabilitasi BNN, Klinik Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Kabupaten (BNNP dan BNNK), unit Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), dan lembaga rehabilitasi milik swasta. []


Baca Juga

Berita terkait
AS dan Meksiko Rombak Strategi Perang Lawan Kartel Narkoba
AS dan Meksiko akan membahas perombakan dalam usaha bersama mereka memerangi kartel-kartel narkoba selama kunjungan Menlu Blinken
Terjerat Dua Kali, Jeff Smith Pakai Narkoba Jenis LSD
Tertangkap kedua kalinya aktor Jeff Smith masih dalam pengaruh narkoba jenis LSD saat ditangkap di kediamannya oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.
Terjerat Narkoba, Rizky Nazar Terancam 4 Tahun Penjara
Setelah resmi jadi tersangka, Rizky Nazar pun terancam hukuman penjara hingga 4 tahun. Hal ini disampaikan Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan.
0
3 Alternatif Biaya Pendidikan Selain Pinjaman Online
Salah satu investasi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menabung emas. Investasi emas merupakan langkah aman untuk pengeluaran pendidikan.