Blinken Sebut China Bertindak Lebih Agresif di Luar Negeri

Blinken mengatakan China belakangan ini bereaksi "lebih agresif di luar negeri" dan berperilaku dengan "cara yang semakin bermusuhan”
Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Antony Blinken, memberi keterangan pers kepada media setelah pembicaraan tertutup dengan delegasi China di Anchorage, Alaska, 19 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mengatakan dalam wawancara yang disiarkan pada Minggu, 2 Mei 2021, bahwa China belakangan ini bereaksi "lebih agresif di luar negeri" dan berperilaku dengan "cara yang semakin bermusuhan."

Ketika ditanya oleh CBS News, seperti dikutip Kantor Berita Reuters, apakah Washington mengarah ke konfrontasi militer dengan Beijing, Blinken menjawab: "Sangat bertentangan dengan kepentingan China dan AS apabila sampai ke titik itu atau bahkan mengarah ke sana."

"Yang kami saksikan dalam beberapa tahun terakhir," kata Blinken menambahkan, "adalah China bertindak lebih represif di dalam negeri dan lebih agresif di luar negeri. Itu fakta."

perundingan china asPerundingan AS dan China di Anchorage, Alaska, AS, yang berakhir pada hari Jumat, 19 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com/AFP).

Ditanya mengenai laporan pencurian ratusan miliar dolar atau lebih dalam bentuk rahasia dagang dan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) AS oleh China, Blinken mengatakan pemerintahan Biden "sangat khawatir" akan isu HAKI.

Dia mengatakan itu seperti aksi "seseorang yang berusaha bersaing dengan tidak adil dan semakin bermusuhan. Tapi kami lebih efektif dan kuat ketika mengajak negara-negara yang sejalan dan sama-sama dirugikan, untuk mengatakan kepada Beijing: 'Ini tidak bisa dan tidak akan dibiarkan'".

Kedutaan China di Washington belum segera merespons permintaan Reuters untuk mengomentari wawancara Blinken tersebut (vm/ft)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
China Ancam Amerika Jika Boikot Olimpiade Beijing 2022
China peringatkan Amerika Serikat (AS) agar tidak boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 karena ada respon tegas jika ada boikot
Amerika Prihatin Penangkapan Ikan Ilegal Kapal-kapal China
Pemerintahan Presiden Joe Biden prihatin terkait dengan penangkapan ikan ilegal oleh kapal-kapal China di perairan banyak negara
China Berikan Sanksi Balasan Kepada Warga Amerika dan Kanada
China mengumumkan sanksi terhadap dua warga AS, seorang warga Kanada dan sebuah badan advokasi HAM sebagai aksi balasan
0
Carlo Ancelotti Tinggalkan Everton Kembali ke Real Madrid
Carlo Ancelotti telah meninggalkan Everton untuk menjadi pelatih kepala di Real Madrid untuk kedua kalinya