Bingung? Ini 5 Keunggulan Investasi Emas Dibanding Properti

Berinvestasi emas terbilang aman karena diawasi langsun oleh lembaga terkait. Emas juga cenderung minim risiko.
Emas vs Properti (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berinvestasi emas dan properti merupakan pilihan yang tepat karena harga atau nilai investasi keduanya cenderung naik dari tahun ke tahun. Namun beberapa dari investor pemula masih sedikit bingung tentang untung mana antara investasi emas atau properti.

Sebenarnya keduanya sama-sama menguntungkan, hanya saja terdapat beberapa aspek dan faktor yang harus kamu pertimbangkan untuk berinvestasi pada kedua instrumen tersebut, seperti salah satunya ketahanan dan jangka waktu panjang.

Berikut adalah 5 keunggulan investasi emas dibandingkan dengan properti.


1. Emas Lebih Likuid

Meskipun sama-sama mengalami kenaikan harga tiap tahunnya, namun nyatanya harga emas cenderung lebih likuid dibandingkan properti. Selain itu, emas cenderung mudah dijual saat kamu sedang membutuhkan uang yang tidak terduga.

Berbeda dengan emas, properti cenderung tidak bisa langsun dijual begitu saja. Kamu perlu mencari calon pembeli dan pengurusan surat yang sedikit rumit. Selain itu, harganya yang cenderung bisa ditawar menjadikannya lama dalam mencairkannya.


2. Tidak Haru dengan Modal Besar

Ketika ingin membeli emas, kamu tidak memerlukan biaya atau dana besar seperti membeli properti. Meskipun dengan keterbatasan bujet, kamu masih bisa membeli emas di manapun dan kapanpun. Selain itu di era serba digital sekarang, kamu juga bisa berinvestasi emas secara online. sudah banyak situs terpercaya yang menawarkan transaki jual-beli emas.


3. Tidak Butuh Perawatan Ekstra

Karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa, emas tidak membutuhkan perawatan ekstra. Kamu bisa menyimpannya dalam brankasmu atau pada bank sekalipun. Dengan begitu, bentuk fisik emasmu akan terjaga dari kerusakan.


4. Beban Pajak Lebih Rendah

Saat membeli emas, kamu akan dikenakan pajak saat transaksi saja. Seperti contohnya ketika kamu membeli emas batangan, kamu hanya dikenakan pajak (PPh) sebesar 0,45% jika memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan 0,9% untuk pembeli yang tidak punya NPWP. Berbeda dengan properti yang tetap dikenakan pajak diluar transaksi seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).


5. Renda Risiko

Berinvestasi emas terbilang aman karena diawasi langsun oleh lembaga terkait. Emas juga cenderung minim risiko. Berbeda dengan properti yang harus memperhatikan rekam jejak surat-surat kepemilikan dan dokumen terkait yang menjadikannya riskan akan penipuan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa keuntungan emas dibandingkan properti jika kamu ingin berinvestasi. Sebenarnya untuk mencapai tujuan dalam berinvestasi, tergantung dari caramu saat berinvestasi. Serta memiliki kemampuan yang baik terhadap instrumen investasi yang dipilih merupakan faktor utama keberhasilan investasi.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Kematian Akibat Covid-19 di Eropa Bisa Capai 2,2 Juta
WHO Eropa mengatakan wilayah dengan 53 negara itu diperkirakan mengalami 700.000 lagi kematian akibat Covid-19 dalam empat bulan ke depan
Tips Berinvestasi Emas untuk Pemula
Banyak yang sudah mulai menekuni investasi ini karena harga emas selalu naik dari hari ke hari
Inilah 5 Risiko Investasi Properti yang Perlu DIketahui
Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung Anda bisa terjebak dengan properti itu selamanya.
0
Bingung? Ini 5 Keunggulan Investasi Emas Dibanding Properti
Berinvestasi emas terbilang aman karena diawasi langsun oleh lembaga terkait. Emas juga cenderung minim risiko.