Biden Sebut Perang Lawan Korupsi Inti Keamanan Nasional

Presiden Biden secara resmi menetapkan perang melawan korupsi sebagai kepentingan inti keamanan nasional
Presiden AS, Joe Biden, berjalan untuk memasuki Air Force One di halaman Gedung Putih, 3 Juni 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, secara resmi menetapkan perang melawan korupsi sebagai kepentingan inti keamanan nasional. Biden pada Kamis, 3 Juni 2021, mengeluarkan memorandum keamanan nasional pertamanya, yang menguraikan agenda antikorupsinya.

“Korupsi mengancam keamanan nasional Amerika Serikat, pemerataan ekonomi, anti-kemiskinan global, dan upaya pembangunan. Dan demokrasi itu sendiri,” kata Presiden Biden dalam arahannya.

“Namun, dengan mencegah dan melawan korupsi secara efektif dan menunjukkan manfaat dari pemerintahan yang transparan dan akuntabel, kita dapat mendapatkan manfaat penting bagi Amerika Serikat dan negara-negara demokrasi lainnya," ujar Biden.

ilus korupsiIlustrasi (Foto: transparency.org)

Memorandum Biden itu berfungsi sebagai pemberitahuan resmi dari presiden “bahwa dia mengharapkan semua departemen dan lembaga federal yang relevan untuk meningkatkan langkah-langkah anti-korupsi dengan cara yang sangat spesifik,” kata seorang pejabat senior pemerintah kepada para wartawan dalam jumpa pers lewat telepon, 3 Juni 2021.

Memo itu di antaranya menyerukan kepada lembaga-lembaga pemerintah untuk memerangi semua bentuk transaksi uang gelap di dalam negeri dan dengan sistem keuangan internasional. Memo itu juga menyerukan agar perusahaan-perusahaan AS melaporkan pelaku transaksi itu ke Departemen Keuangan dan mengurangi kerahasiaan keuangan di luar negeri.

Pendaftaran pemilik perusahaan atau Beneficial Ownership Registry di Departemen Keuangan itu dimaksudkan untuk secara efektif melarang aset terlarang disembunyikan di balik perusahaan cangkang anonym (lt/em)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Soroti Putusan Kasus Korupsi, ICW: Hukuman Selalu Ringan
ICW menyebut rata-rata putusan atas perkara korupsi di Indonesia yang ringan tidak efektif memberi efek jera.
0
Biden Sebut Perang Lawan Korupsi Inti Keamanan Nasional
Presiden Biden secara resmi menetapkan perang melawan korupsi sebagai kepentingan inti keamanan nasional