Biden: Jalan Menuju Tirani Dimulai dengan Kehancuran Kebenaran

Presiden AS, Joe Biden, mengatakan, "jalan menuju tirani, tak boleh kita lupa, dimulai dengan hancurnya kebenaran
Presiden AS, Joe Biden, memberikan sambutan pada peresmian Dodd Center for Human Rights di University of Connecticut di Storrs, Connecticut, AS, 15 Oktober 2021. (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Leah Millis)

Jakarta – Berbicara pada peresmian pusat hak asasi manusia di Universitas Connecticut, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan, "jalan menuju tirani, tak boleh kita lupa, dimulai dengan hancurnya kebenaran." Ia juga menegaskan bahwa pemerintahannya menempatkan HAM sebagai pusat kebijakan luar negerinya untuk "menegaskan kembali kepemimpinan moral kita di panggung global."

Pusat Hak Asasi Manusia Dodd diambil dari nama Senator Thomas Dodd, jaksa di Pengadilan Kejahatan Perang Nuremburg setelah Perang Dunia II, dan putranya, mantan Senator Chris Dodd.

Biden ingat rezim Nazi yang membunuh enam juta orang Yahudi, serta minoritas lainnya, dalam Perang Dunia II. "Hanya dengan mengakui kebenaran, kita bisa mencegah terulangnya kekejaman, yang sekarang terjadi di belahan dunia lain."


ham pbbPemandangan sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, 27 Februari 2020 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Biden mengecam pelecehan terhadap orang-orang etnis Uighur di China, Rohingya di Burma, dan penggunaan kelaparan dan kekerasan seksual di Ethiopia Utara.

Amerika bergabung kembali dengan Dewan HAM PBB setelah keluar pada masa Trump. Pada Desember 2021, Biden mengatakan, pemerintah akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak virtual membahas demokrasi "untuk menyatukan para pemimpin dunia agar membuat komitmen nyata untuk mempertahankan nilai-nilai demokrasi dan menolak otoritarianisme." (ka/rs)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Joe Biden: Harus Ada Panglima Lawan Pandemi Virus Corona

Tokoh Pilihan Calon Anggota Kabinet Joe Biden Dipuji

Tokoh Penting Pegang Posisi Kunci Kabinet Joe Biden

Joe Biden Beri Sinyal Positif Bisnis yang Ramah Lingkungan

Berita terkait
Barack Obama Tentang Pembusukan Kebenaran di Amerika Serikat
Barack Obama sebut satu pemilu yang memenangkan Joe Biden tidak cukup untuk mengubah budaya teori gila dan perpecahan rakyat Amerika
0
Biden: Jalan Menuju Tirani Dimulai dengan Kehancuran Kebenaran
Presiden AS, Joe Biden, mengatakan, "jalan menuju tirani, tak boleh kita lupa, dimulai dengan hancurnya kebenaran