Besar, Nyaman dan Wow, Terminal Baru Siapkan Penerbangan Perdana

Ruangan yang luas dan fasilitas informasi yang lengkap sangat menunjang kenyamanan penumpang di ruang tunggu keberangkatan. Sangat menunjang kehadiran penumpang di masa peak season yang biasa terjadi di masa Lebaran.
Petugas di konter check in melayani sejumlah penumpang. Kegiatan itu merupakan bagian dari simulasi pengoperasian terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Minggu. (Agus Joko Mulyono)

Semarang (Tagar 3/6/2018) – Lebih besar, lebih nyaman dan lebih wow. Itu gambaran sekilas yang tertangkap dalam simulasi pengoperasian Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, yang digelar PT Angkasa Pura 1 (Persero).

“Kegiatan simulasi ini dilakukan agar para petugas bandara lebih terbiasa dengan situasi di terminal baru. Sekaligus mencoba semua peralatan serta prosedur sebagaimana ketika bandara sudah beroperasi penuh,” kata PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Indah Preastuty, Minggu (3/6).

Simulasi pengoperasian terminal baru digelar dalam rangka mendukung pelayanan penerbangan perdana pada Rabu (6/6). Simulasi mencakup seluruh kegiatan pelayanan bandara mulai dari hulu ke hilir.

Luwes dan Sigap
Lebih dari 100 karyawan Angkasa Pura I dikerahkan untuk mendukung kegiatan tersebut. Mereka ditugaskan sebagai tim penimbul situasi (bulsit) dengan berperan sebagai penumpang yang hendak bepergian melewati Bandara Ahmad Yani.

Itu diluar karyawan yang memang ditugaskan sebagai supporting system kebandaraan. Antara lain petugas parkir, aviation security, customer service, ground handling, duta bandara dan lain-lain. Masing-masing menjalankan tugasnya untuk melayani penumpang mulai dari tollgate masuk bandara sampai gerbang pintu keluar selayaknya bandara yang sudah beroperasi.

Di luar itu, personel dari stakeholder terkait juga dilibatkan. Seperti dari Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina maupun dari kepolisian dan TNI.
Pantauan wartawan Tagar, Agus JM, dibanding dengan terminal lama, kondisi dan fasilitas terminal baru jauh lebih baik. 

Ruangan yang luas dan fasilitas informasi yang lengkap sangat menunjang kenyamanan penumpang di ruang tunggu keberangkatan. Sangat menunjang kehadiran penumpang di masa peak season yang biasa terjadi di masa Lebaran. Dan pastinya, tidak terlihat kesan umplek-umplekan seperti di ruang tunggu keberangkatan terminal lama.

Dari jalannya simulasi, seluruh kegiatan berjalan lancar sesuai rencana. Pengumuman dari petugas bandara yang menginformasikan rencana keberangkatan dari sebuah maskapai juga terdengar jelas di ruang tunggu keberangkatan. Bahkan terdengar jelas di kisaran pintu masuk terminal baru.

Petugas keamanan terpantau teliti dan sigap memeriksa barang bawaan penumpang di ruang keberangkatan terminal bandara. Dan petugas maskapai penerbangan di konter check in juga terlihat luwes dan siap melayani penumpang yang hendak melakukan reservasi. (ags)

Berita terkait
0
Indonesia Akan Isi Kekurangan Pasokan Ayam di Singapura
Indonesia akan mengisi kekurangan pasokan ayam potong di Singapura setelah Malaysia batasi ekspor daging ayam ke Singapura