UNTUK INDONESIA
Begini Fakta-Fakta Penangkapan Gus Nur
Gus Nur ditangkap di Malang, Jawa Timur dan Laptop hingga modem internet Gus Nur diamankan oleh pihak polisi.
Penangkapan Gus Nur terjadi pada Sabtu dini hari di Malang, Jawa Timur. (Tagar/YouTube)

Jakarta - Sugi Nur Rahardja atau Gus Nur ditangkap oleh Bareskrim Polri usai dinilai menghina Nahdlatul Ulama (NU). 

Pertikaian ini bermula ketika Gus Nur muncul dalam video di YouTube MUNJIAT Channel pada dan mengatakan bahwa NU seperti bus yang supirnya sedang mabuk, video ini diunggah pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Begini fakta yang kami urutkan hingga penangkapan Gus Nur.

  • Gus Nur Dilaporkan Atas Perumpaan Tersebut

Ketua pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Cirebon Azis Hakim melaporkan Gus Nur ke Bareskrim. Gus Nur dilaporkan karena dianggap telah menghina NU.

Laporan itu bernomor LP/B/0596/X/2020/BARESKRIM tanggal 21 Oktober 2020. Azis mengatakan pihaknya melaporkan dengan dugaan tindak pidana penghinaan ujaran kebencian dan/atau hate speech melalui media elektronik.

Kuasa hukum NU Cirebon, Saleh, mengatakan pihaknya mentersangkakan Gus Nur dengan dua pasal dalam Undang-Undang (UU) ITE. "Kita laporkan Pasal 27 ayat 3 UU ITE, Pasal 28 ayat 2 UU ITE, yang ancamannya kalau yang dua itu 4 tahun, yang 28 ayat 2, 6 tahun," katanya.

Lalu NU Cabang Cirebon, Gus Nur dilaporkan oleh GP Ansor. Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Mohammad Nuruzzaman.

Gus Nur juga dilaporkan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Kabupaten Pati di Polres Pati dan Aliansi Santri Jember di Polres Jember. Semua laporan merujuk pada ujaran yang sama.

  • Gus Nur Ditangkap di Malang

Lalu setelah dilaporkan di beberapa daerah, Bareskrim Polri menangkap Gus Nur di Malang pada Sabtu, 24 Oktober 2020. "Benar (Gus Nur ditangkap)," kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Gus Nur ditangkap di sebuah rumah yang beralamat di Pakis, Malang, Jawa Timur. Gus Nur ditangkap dini hari tadi.

  • Kuasa Hukum Gus Nur Kaget

Sementara itu, kuasa hukum Gus Nur, Andry Ermawan mengaku kaget atas penangkapan yang begitu cepat. Ia juga membenarkan Gus Nur ditangkap di kediamannya di Malang pada dini hari. Ia baru mengetahui karena semalam ponselnya mati karena sudah istirahat.

"Iya, di kediamannya di Malang di Kecamatan Pakis. Saya juga baru diinformasikan oleh teman saya," ujar Andry.

Menurut Andry, setelah ditangkap, Gus Nur diketahui berpesan kepada anaknya agar menghubungi dirinya. Dan hal itu tampak terlihat dalam video YouTube detik-detik penangkapan Gus Nur. Setelah ditangkap, Gus Nur ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana ujaran kebencian.

  • Laptop Hingga Gus Nur Diamankan Polisi

Muhammad Munjiat 21 tahun, anak kedua Gus Nur, mengatakan polisi yang datang berjumlah sekitar 30 personel, naik lima mobil. Mereka datang pukul 12 malam sambil membawa surat perintah penangkapan, penahanan, dan penyitaan barang bukti.

Menurut Munjiat, Gus Nur yang sedang bekam. Ia pun segera berhenti dan langsung menemui aparat kepolisian yang tiba malam itu. Polisi kemudian melakukan penggeledahan dan menyita sejumlah barang, seperti laptop, hardisk, maupun modem internet.

"Langsung ada penggeledahan, beberapa barang disita, seperti laptop, hard disk, ada modem juga. Sama meminta baju yang digunakan Gus Nur dalam YouTube," katanya. []

Baca juga:

Berita terkait
Putra Gus Nur Angkat Bicara Terkait Penangkapan Ayahnya
Muhammad Munjiat, menyayangkan penangkapan ayahnya dilakukan pada tengah malam.
Gus Nur Ditangkap di Malang, PWNU Jatim: Tindak Tegas
Khatib Syuriah PWNU Jatim mengapresiasi polisi yang sigap memproses hukum terhadap Gus Nur yang dianggap telah melecehkan Nahdlatul Ulama.
Gus Nur Ditangkap, Fadli Zon: Seperti Zaman Penjajahan
Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Gerindra Fadli Zon menilai penangkapan Gus Nur seperti zaman penjajahan Belanda dan Jepang.
0
Begini Fakta-Fakta Penangkapan Gus Nur
Gus Nur ditangkap di Malang, Jawa Timur dan Laptop hingga modem internet Gus Nur diamankan oleh pihak polisi.