Indonesia
Bedah Fitur Melimpah Suzuki Jimny Generasi Keempat
Generasi Suzuki Jimny keempat yang punya fitur-fitur eksklusif dan tangguh resmi diluncurkan di ajang GIIAS di Tangerang.
Suzuki Jimny dikenalkan ke hadapan masyarakat Indonesia. Jimny sendiri pada pameran serupa tahun 2018, sudah memamerkan diri meskipun belum diluncurkan. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta - Generasi Suzuki Jimny terbaru resmi diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019 di  ICE, BSD, Tangerang. Jimny generasi keempat kali ini hadir dengan fitur-fitur yang eksklusif dan tangguh.

"Untuk mengapresiasi para penggemar Jimny di Indonesia, kami hadirkan Jimny generasi keempat dengan fitur-fitur modern dan berkualitas serta tetap mewariskan keistimewaan identitas Jimny sebagai mobil off-road," ujar President Director PT SIS Seiji Itayama.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Mobil bernuansa off-road ini dilengkapi mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.500cc empat silinder, 16-valve dengan diameter dan panjang langkah sebesar 74 x 85. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 102 Ps @6.000 rpm serta torsi maksimal 130 Nm @4.000 rpm dilengkapi sistem penggerak 4-wheel drive

Produk ini diproduksi dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Selain itu, Jimny juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara, 2H, 4H, dan 4L. 

Di bagian suspensi, Suzuki menambahkan kekuatan pada suspensi 3 link rigid axle yang dilengkapai coil spring dan disangga struktur lader frame. Untuk memudahkannya melibas rintangan saat off-road. Jimny generasi keempat ini memiliki ground clearance stinggi 210mm dan radius putar 4,9m.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm serta jarak poros roda sebesar 2.250 mm. Kapasitas penumpangnya sebanyak empat orang dan tangki bahan bakar mampu menampung bensin 40 liter.

Suzuki JimnySuzuki Jimny generasi keempat yang resmi dijual di ajang GIIAS 2019 (Foto: Tagar/Thio Pahlevi)

Fitur Melimpah

Fitur hill hold control (HHC) dan hill descent control (HDC) disematkan agar kendaraan tidak meluncur liar saat melibas medan menanjak atau menurun. Electronic Stability Program (ESP) juga hadir untuk memadukan pengereman serta kestabilan kendaraan saat melaju di jalan licin atau berliku untuk menghindari over steer atau under steer.

Sistem pengereman antilock breaking system (ABS), break assist (BA), dual SRS airbag, TECT div, brake LSD traction control, 3 points ELR seatbelt, serta ISOFIX juga dihadirkan di mobil ini sebagai fitur keselamatan berkendara.

Di interior, ragam fitur yang memudahkan pengemudi juga telah dibenamkan, seperti Head Unit 6,8", switch audio control with Bluetooth phone connection, ride-in assist grip, AC climate with heater, steering wheel with leather cover yang sudah dilengkapi power steering dan tilt steering.

Ada juga fitur cruise control, bagasi dengan lapisan bahan yang mudah dibersihkan, serta panel control yang dilengkapi tombol untuk menaik-turunkan kaca, dan mengaktifkan fungsi ESP juga HDC.

Bergeser ke eksterior, terdapat fitur LED projector headlamps with leveling feature, fog lamp, bumper anti gores dengan extension over fender, high mount stop lamp, rear defogger, kaca spion lipat elektrik, three angles, serta dark metallic gray alloy wheel dibalut ban ukuran 195/80 R15.

Menariknya lagi, terdapat fitur headlamps washer yang berfungsi untuk membersihkan lampu dari cipratan lumpur atau kotoran yang menghalangi pencahayaan. Drip Rails yang berfungsi untuk menghindari masuknya air ke kabin saat membuka dan menutup pintu juga disematkan di mobil legendaris ini.

Performa tangguh dan gesit Jimny generasi keempat ini disempurnakan dengan tampilan segar, modern, sekaligus eksklusif. Beberapa bagian eksteriornya mengadopsi tampilan tiga generasi sebelumnya, seperti fog lamp dan headlamp serupa Jimny generasi pertama (LJ80).

Garis horizontal di sisi kap mobil diwarisi dari Jimny generasi kedua (SJ410) dan bentuk grille depan yang mirip dengan Jimny generasi ketiga (JB77).

Harga dan varian warna

Suzuki Jimny terbaru dengan keunggulan desain, mesin, serta fitur-fiturnya ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) Jakarta sebesar Rp 315,5 juta tipe manual dan Rp 328 juta tipe otomatis varian single tone. Sedangkan varian two tone, transmisi manual Rp 317,5 juta dan transmisi otomatis Rp 330 juta.

Adapun pilihan warnanya juga beragam, untuk varian single tone disediakan warna superior white, silky silver metallic, medium gray, bluish black pearl 3, dan jungle green.

Varian two tone hanya memiliki tiga pilihan warna, yakni kinetic yellow + bluish black pearl 3, brisk blue metallic + bluish black pearl 3, dan chiffon ivory metallic + bluish black pearl 3. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Disuruh Suami, PNS Medan Selundupkan Sabu Dalam BH
Kecintaan kepada suami, membuat seorang PNS di RS Pirngadi Medan Sri Erita Mulyanti alias Upik melakukan perintah suaminya, Dedy Supriyono.