UNTUK INDONESIA
Bayi Otak di Luar Tempurung Kepala Lahir di Madina
Seorang bayi lahir dengan otak berada di luar tempurung kepala di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.
Bayi perempuan terlahir dengan otak berada di luar tempurung kepala di Mandailing Natal. (Foto: Tagar/dok.pribadi/Andi Nasution)

Mandailing Natal - Seorang bayi lahir dalam keadaan otak berada di luar kepala. Peristiwa tak lazim ini terjadi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), Senin 18 November 2019.

Informasinya, bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat 3,2 gram dan panjang 50 centimeter itu buah hati dari Soki, 43 tahun, dan Desmawita, 35 tahun. Pasangan suami-istri ini berasal dari Desa Aek Garingging, Kecamatan Lingga Bayu, Madina.

Bayi itu sudah ditangani dokter spesialis anak dan bedah di RSUD Panyabungan.

Awalnya, bayi itu lahir di rumah bidan desa. Namun setelah diketahui adanya kelainan, sekira pukul 10.00 WIB, bayi malang ini pun dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Mandailing Natal, Nondang Eflita, mengatakan bayi tersebut lahir dibantu oleh petugas kesehatan di salah satu bidan mandiri di dekat kediamannnya. Setelah dirujuk ke RSUD Panyabungan, bayi itu kembali harus dirujuk ke RS dengan peralatan yang lebih memadai.

"Bayi itu sudah ditangani dokter spesialis anak dan bedah di RSUD Panyabungan. Rencananya akan dirujuk lagi ke salah satu Rumah Sakit di Kota Padang, Sumatera Barat," katanya. []

Berita terkait
Pensiunan Jenderal Bintang Satu Maju Pilkada Madina
Brigadir Jenderal TNI (Purn) Sofwat Nasution resmi mendaftar ke Partai Gerindra sebagai bakal calon Bupati Mandailing Natal.
Dua Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Madina
BNNP BNNK Mandailing Natal menemukan ladang ganja seluas dua hektare di wilayah perbukitan Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Mandailing Natal.
Dugaan Korupsi, Kejatisu Diminta Periksa Bupati Madina
Mahasiswa meminta agar pihak kejaksaan memeriksa Bupati, Sekretaris, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas PUPR Kabupaten Madina.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa 2020 Kabupaten Kendal
Tagar menyajikan jadwal imsak, puasa puasa dan salat lima waktu selama Ramadan 2020 untuk Kabupaten Kendal.