Jakarta - Barcelona belum bisa memastikan meraih gelar juara La Liga Spanyol. Kemenangan 2-1 atas Real Sociedad hanya makin memperbesar peluang Barca untuk meraih trofi liga kedua kalinya secara berturut-turut.

Dalam laga yang digelar di kandang sendiri di Nou Camp, Minggu, 21 April 2019, dinihari WIB, Barca dipaksa bekerja keras oleh Sociedad. Barca memang unggul lebih dulu saat Clement Lenglet. Namun gol itu baru tercipta menjelang akhir babak pertama.

Di babak kedua, Barca tetap mengalami kesulitan. Bahkan Lionel Messi dan Luis Suarez tak berkutik menghadapi pertahanan kokoh Sociedad. Pelatih Ernesto Valverde mengakui tim menjalani laga yang tidak mudah meski bermain di kandang sendiri.

"Pertandingan itu tidak diberikan begitu saja kepada kami. Harus diakui kami kesulitan untuk meraih kemenangan. Untuk menang jelas tidak mudah seperti yang dibayangkan orang," ujar Valverde. 

Terbukti setelah unggul 1-0, Barca bukannya menambah gol. Mereka justru kebobolan saat Juanmi mencetak gol di menit 62. Beruntung, hanya berselang dua menit, Jordi Alba sukses memenangkan Blaugrana. Umpan dari Messi dituntaskannya menjadi gol. 

Kemenangan itu menjadikan Barca mengantungi poin 77. Mereka pun kian dekat merengkuh trofi juara. Hanya, Valverde tegaskan Barca sama sekali belum menjadi juara liga.

"Saya paham bila kami dikatakan hampir dipastikan juara. Kami tinggal menunggu waktu saja. Tetapi persoalannya, kami belum meraih apa pun. Itu yang ada dalam benak kami. Pertarungan memperebutkan gelar juara belum berakhir," ujarnya.

Valverde tak ingin pemain terlena meski Barca hanya membutuhkan dua kemenangan lagi. Sedangkan Atletico Madrid yang berada di peringkat dua memang sudah sulit mengejar poin Barca. Di pertandingan terakhir, Atletico meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah Eibar. Ini menjadikan Atletico memiliki poin 68

Skenario juara Barca bisa lebih cepat bila Atletico mengalami kekalahan di laga pertengahan pekan saat menjamu Valencia, Rabu, 24 April 2019. Sebaliknya, Barca menang atas Deportivo Alaves, Selasa, 23 April 2019. []

Baca juga:

Barcelona vs Sociedad, Susunan Pemain dan Prediksi

Barcelona vs Sociedad, Siapa Bisa Hentikan Messi

Lawan Sociedad, Messi Bisa Cetak Rekor Baru

Kalahkan MU, Messi Sebut Barcelona Spektakuler