UNTUK INDONESIA
Bandara Ngurah Rai Ramai, Wisatawan Banjiri Bali
Pariwisata Bali mulai menggeliat. Hal ini terlihat dari lonjakan penumpang pesawat yang tiba di Bandara I GUsti Ngurah Rai.
Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menyambut kedatangan wisatawan nusantara. Bali mulai ramai dikunjungi wisatawan setelah membuka diri dua hari lalu. (Foto: Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai)

Bali - Terjadi peningkatan arus penumpang pesawat yang masuk ke Bali lewat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Peningkatan penumpang dalam rangka kerja dan wisata ini setelah Bali membuka pariwisata nusantara dua hari lalu.

Dari pantauan Tagar pada Minggu 2 Agustus 2020, suasana Ngurah Rai sudah relatif ramai. Hilir mudik penumpang terlihat lebih ramai jika dibandingkan kondisi enam bulan terakhir imbas pandemi Covid-19

Sebagian dari para penumpang pesawat yang tiba di Bali masih didominasi oleh turis bisnis. Mereka datang ke Bali untuk urusan meeting bisnis, sekaligus membawa keluarga untuk berlibur. 

Saya ada urusan bisnis meeting tapi bawa anak isteri, mumpung anak-anak bisa sekolah daring, kan bisa ikut liburan menikmati Bali.

Bahkan ada penumpang yang ke Bali untuk urusan kantor tapi membawa pasangan atau anaknya untuk liburan. Pertimbangannya anak mereka masih bisa bersekolah secara daring.

"Saya ada urusan bisnis meeting tapi bawa anak isteri, mumpung anak-anak bisa sekolah daring, kan bisa ikut liburan menikmati Bali," ujar Nico, wisatawan dari Jakarta.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Alex, penumpang pesawat yang juga datang dari Jakarta. Pria ini tiba di Bali dalam rangka kerja, sekaligus liburan. Ia merasa tak masalah adanya pemberlakuan ketat protokol kesehatan di bandara. Justru merasa aman dengan pelayanan itu. 

Pihak Bandara Ngurah Rai melalui Communication and Legal Manager Andanina Dyah Permata Megasari menyatakan sejak dibukanya Bali untuk wisatawan nusantara, 31 Juli 2020, jumlah penumpang pesawat mulai ada peningkatan.

Pada bulan Juni lalu rata-rata per hari terdapat 300 penumpang rute domestik yang terlayani melalui delapan penerbangan. Sementara pada bulan Juli naik rata-rata 1.300 dengan 24 penerbangan rute domestik 

Terkini, dalam tiga hari terakhir, jumlah penumpang pesawat naik hampir 100 persen, menjadi rata-rata 2.463 penumpang setiap hari.

Baca juga: 

Sementara, adanya kenaikan jumlah penumpang ini juga diimbangi dengan pelayanan rapid test langsung di terminal domestik. 

"Penyediaan layanan ini merespons tingginya permintaan dari calon penumpang serta pengguna jasa bandar udara," tutur dia.  

Mega menambahkan dalam pengoperasian layanan rapid test oleh PT Angkasa Pura I, selaku pengelola Bandara Ngurah Rai, bekerja sama dengan Klinik Suka. 

Layanan ini beroperasi setiap hari, termasuk hari Minggu dan hari libur mulai dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Biaya sekali tes sebesar Rp 150 ribu dengan hasil pemeriksaan yang dapat langsung diketahui dalam rentang waktu kurang lebih 15 menit. []

Berita terkait
Kembali Buka, Bali Jadi Wisata Terbaik di Dunia
Bali mendapatkan posisi sebagai empat besar destinasi wisata terbaik dunia di bawah London (Inggris), Paris (Prancis), Crete (Yunani).
Sudah Dibuka, Ini Syarat Berkunjung ke Bali
Pemerintah Provinsi Bali secara resmi memberlakukan aturan protokol kesehatan yang ketat atas keputusan pembukaan kembali sektor pariwisata
Bali Mulai Buka Keran Wisatawan Domestik
Wakil Gubernur Bali menyambut 84 wisatawan domestik di Bandara I Gusti Ngurah Raih sejak dibuka kembali pariwisata di tengah pandemi Covid-19.
0
J-Hope hingga V BTS, Tampil dalam Bentuk Boneka Lucu
Personel boyband BTS mulai dari leader RM, kemudian Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, serta si maknae Jungkook, tampil dalam bentuk TinyTan lucu.