UNTUK INDONESIA
Bandara Kualanamu Segera Punya Fasilitas VIP
Di atas lahan seluas 10.281 meter Pemprov Sumut akan membangun fasilitas VIP Bandar Kualanamu.
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meninjau lokasi pembangunan fasilitas Very Important Person Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Senin 8 Juli 2019. (Foto: Istimewa).

Deliserdang – Di atas lahan seluas 10.281 meter persegi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berencana membangun fasilitas Very Important Person (VIP) Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Selain untuk menyambut tamu kehormatan yang berkunjung ke Sumut atau tamu VVIP/VIP, fasilitas VIP tersebut juga berpotensi menambah pendapatan daerah.

Gedung baru tersebut juga sebagai wujud dukungan Pemprov Sumut dalam menunjang fasilitas bandara. Khususnya dalam hal pelayanan terhadap penumpang pesawat.

"Gedung VIP Bandara Kualanamu akan dibangun pada tahun 2020. Tahun ini akan kita anggarkan untuk pembangunannya," ungkap Gubernur Edy Rahmayadi, ketika meninjau langsung rencana lokasi pembangunan gedung VIP di sisi utara Bandara Kualanamu, Senin 8 Juli 2019.

Usai melihat lahan kosong yang nantinya akan dibangun gedung VIP, Edy Rahmayadi mengunjungi Terminal Kedatangan Bandara Kualanamu, guna melihat lokasi baru yang akan digunakan untuk Galeri Dekranasda, yang memamerkan berbagai produk hasil kerajinan Sumut.

"Di Bandara ini, kita harus punya tempat untuk memamerkan kerajinan tangan dari daerah-daerah. Sumut punya 33 kabupaten/kota, kopinya saja banyak jenis, belum lagi kain yang beragam, ada songket, ada ulos, semuanya harus bisa dipajang di sini," ungkapnya didampingi Ketua Dekranasda Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Perencanaan sudah lama. Peruntukan pembangunan gedung VIP kita telah mengantongi izin lewat surat dari Kementerian

Sebelum meninggalkan bandara, Edy Rahmayadi berpesan pada Executive General Manager Bandara Kualanamu Bayu Iswantoro untuk menambah ornamen-ornamen budaya yang ada di Sumut.

"Berbeda dengan provinsi lain, Sumut punya 8 etnik yang budayanya berbeda-beda, jadi untuk musik yang diputar di bandara, kalau bisa lagu-lagu daerah," terangnya.

Senada dengan Gubernur, Bayu Iswantoro menyampaikan, rencana pembangunan fasilitas VIP ini sudah lama dirancang.

"Perencanaan sudah lama. Peruntukan pembangunan gedung VIP kita telah mengantongi izin lewat surat dari Kementerian (Perhubungan) KM 482 tahun 2018, untuk pembangunan nanti akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Nantinya gedung ini akan meningkatkan kapasitas bandara," ucapnya.

Gedung VIP yang akan dibangun tersebut, jelasnya, digunakan untuk tamu kehormatan yang berkunjung ke Sumut atau pun tamu VVIP/VIP, yang saat ini masih menggunakan Commercial Important Person (CIP) Lounge yang memang dikomersilkan.[]

Baca juga:

Berita terkait
0
PSM Tetap Yakin Meski Persiapan Minim di Piala AFC
PSM Makassar hanya memiliki waktu persiapan 10 hari sebelum menghadapi Lalenok United di playoff Piala AFC. Namun PSM optimistis menang.