Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

Tidak hanya makanan dan minuman, produk kosmetik ternyata juga mempunyai tanggal kadaluarsa tiap jenisnya. Ketahui ini bahaya jika menggunakannya.
Ilustrasi - Menggunakan make up kadaluarsa (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Tidak hanya makanan dan minuman, produk kosmetik ternyata juga mempunyai tanggal kadaluarsa tiap jenisnya. Masih banyak pengguna kosmetik yang mengabaikan tanggal kadaluarsa ini. Ketika masa kadaluarsanya sudah berakhir tidak disarankan untuk menggunakannya lagi.

Bahaya kosmetik kadaluarsa bisa menjadikan kandungan di dalamnya berubah jadi beracun. Salah satu ciri kosmetik yang sudah melewati masa kadaluarsanya adalah bau dari kosmetik tersebut. 

Selain itu, warnanya juga mulai berubah. Menggunakan make up kadaluarsa akan membahayakan kesehatan kulit wajah. Berikut tentang adanya bahaya menggunakan make up kadaluarsa.


1. Muncul jerawat

Bahaya yang sering terjadi ketika menggunakan make up kadaluarsa adalah munculnya jerawat pada kulit wajah. Kandungan minyak yang terdapat pada beberapa make up seperti foundation atau cream blush yang sudah kadaluarsa biasanya akan mengumpul pada lapisan teratas.

Jadi, ketika kamu menggunakan make up tersebut berarti kamu menggunakan produk make up dengan kandungan minyak yang tinggi yang akan menyumbat pori-pori wajah.


2. Iritasi kulit

Risiko yang kedua jika menggunakan produk make up kadaluarsa adalah terjadinya iritasi kulit wajah. Produk make up yang kadaluarsa biasanya memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi. 

Bakteri tersebut yang akan bereaksi dengan kulit sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah, seperti bintik-bintik merah, kemerahan, sampai kulit yang mengelupas.


3. Pembengkakan bibir

Jika kalian menggunakan produk make up untuk area bibir yang telah kadaluarsa, bibir akan terasa perih, bertekstur kasar, kering, pecah-pecah, sampai membengkak. Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa pada produk-produk agar tidak terjadi hal tersebut.


4. Masalah mata

Ketika menggunakan make up pada mata yang telah kadaluarsa dapat menimbulkan masalah pada mata. Penumpukkan bakteri yang terdapat pada make up kadaluarsa dan adanya kontak langsung dengan mata dapat terjadi masalah, baik kelopak mata ataupun bulu mata. Mata akan mulai terasa perih, lalu berair dan memerah, hingga muncul bisul atau jerawat pada area mata.

Jika terjadi keempat hal tersebut segera hubungi dokter kulit wajah agar tidak terjadi hal yang lebih parah.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Suka Make Up? Ini Cara Memilih Foundation yang Cocok
Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal, akan membuat perbedaan warna wajah dan leher nantinya. Berikut cara memilihnya.
Mother Of Pearl Brand Make Up Milik Tasya Farasya
Tasya Farasya meluncurkan brand kecantikannya sendiri dengan nama Mother Of Pearl.
Cara Membersihkan Make Up dengan Benar
Sebagian orang hanya suka memakai make up dan hannya sedikit yang suka membersihkannya dengan benar. Berikut cara membersihkan make up.