Auto 2000: Panduan Persiapan Mobil Sambut New Normal

Auto 2000 membagikan panduan mempersiapkan mobil Toyota yang selama ini sudah lama diparkir di rumah saja untuk menyambut kehidupan new normal.
Toyota Astra Motor Indonesia - Alphard Type Q 3.5. (Foto: toyota.astra.co.id)

Jakarta - Masyarakat Indonesia sudah berbulan-bulan menjalani kehidupan di rumah saja untuk mencegah penularan virus corona penyebab penyakit Covid-19 yang sedang menjadi pandemi. Tapi tidak mungkin semua orang di rumah terus, karena ekonomi bisa runtuh. Karena itulah pemerintah membuat kebijakan new normal atau normal baru, masyarakat kembali beraktivitas di luar rumah, bekerja seperti biasanya, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya memakai masker saat bekerja dan menjaga jarak. 

Auto 2000 membagikan panduan bagaimana mempersiapkan mobil Toyota yang selama ini sudah lama diparkir di rumah saja, untuk menyambut kehidupan normal baru.

“Menjalani new normal yang butuh mobilitas kembali, konsumen harus memastikan mobil yang lama tidak dipakai dalam kondisi yang prima," ujar Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu, 30 Mei 2020.

Berikut ini tahapan-tahapan memperlakukan mobil yang sudah lama diparkir saja agar siap diajak beraktivitas kembali

1. Sebelum Mesin Dinyalakan

Lakukan pengecekan awal sebelum mesin dinyalakan, periksa tekanan angin ban, pastikan tekanannya pas demi keamanan saat dipakai. Periksa juga keadaan ban cadangan. Pastikan tidak ada penghalang di bawah mobil karena terlalu lama diparkir, sesuatu yang mengganggu misalnya ganjal ban, tetesan oli, kucing tidur, juga potensi ada binatang di kolong spatbor dan ruang mesin karena mobil telah lama tidak dijalankan.

Buka kap mesin, periksa ketinggian oli mesin lewat dipstick. Pastikan ketinggian oli mesin berada di antara high dan low. Perhatikan warna oli mesin, kalau warna berubah seperti kopi susu, segera ganti sebab ada risiko terkontaminasi air. Walaupun mobil tidak dipakai, pemilik harus tetap mengganti oli mesin sesuai waktu yang ditentukan dalam buku pedoman service.

Lakukan juga pengecekan cairan lain, yaitu air radiator, washer wiper, minyak rem, dan air aki. Pastikan kecukupan cairan tersebut dan tidak ada kebocoran yang bisa menimbulkan masalah. Periksa kondisi terminal aki, sambungan, dan jalur kabel untuk menghindari risiko digigit tikus ketika dibiarkan lama di dalam garasi. Lanjut pemeriksaan kekencangan fan belt untuk menjamin semua dapat beroperasi dengan baik saat dikendarai.

2. Setelah Mesin Dinyalakan

Sebelum mesin dinyalakan, coba nyalakan klakson dan mainkan lampu luar mobil. Kalau mati, artinya ada masalah dalam sistem kelistrikan, harus diperiksa lebih jauh sebelum mesin dinyalakan. Putar kunci kontak ke ON, dan lihat apakah ada lampu indikator yang mati. Kalau aman, nyalakan mesin mobil dan biarkan beberapa saat supaya oli mesin bersirkulasi dengan baik ditandai putaran mesin lebih stabil. Perhatikan seksama, apakah ada suara aneh, segera periksa sumbernya kalau ada.

Amati lampu indikator di balik kemudi, apakah ada yang abnormal seperti mati atau berkedip-kedip. Kalau tidak, coba fungsikan fitur-fitur mobil seperti lampu, audio, dan AC secara bersamaan untuk memastikan tidak ada masalah dalam sistem kelistrikan. Termasuk pula mainkan tombol power window di seluruh kaca, lampu sein, dan wiper depan-belakang untuk memastikan seluruhnya berfungsi normal. Jangan sampai saat hujan turun, ternyata wiper mati.

3. Cek Mesin

Sebelum dibawa jalan, cobalah mainkan pedal gas. Apakah terdeteksi suara mesin yang aneh seperti tersendat-sendat atau putaran mesin tidak stabil ketika idle. Pantau pula indikator untuk berjaga-jaga andai tiba-tiba ada lampu yang nyala. Masukkan gigi ke D untuk transmisi otomatis atau gigi 1 untuk transmisi manual, dan rasakan apakah ada masalah saat proses dijalankan.

Menjalani new normal yang butuh mobilitas kembali, konsumen harus memastikan mobil yang lama tidak dipakai dalam kondisi yang prima.

Maju perlahan, injak rem sedikit untuk memastikannya bekerja dengan baik. Setelah yakin aman, baru ajak mobil berjalan keliling lingkungan rumah sembari memperhatikan apakah ada gejala masalah. Jalankan mobil dalam kecepatan normal, pastikan seluruh perangkat bekerja baik, seperti rem dan setir. Periksa indikator bahan bakar, segera isi ke stasiun pengisian bahan bakar kalau kurang dari setengah untuk mengurangi risiko tangki bensin terkontaminasi uap air.

4. Siapkan Masker dan Hand Sanitizer 

Kehidupan new normal mensyaratkan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat, termasuk untuk mereka yang mengendarai mobil. Seperti kewajiban menggunakan masker untuk pengemudi dan penumpang serta jumlah penumpang yang hanya boleh 50 persen dari kapasitas normal.

Siapkan masker di laci dasbor sebagai cadangan dan hand sanitizer di panel pintu untuk dipakai membersihkan tangan saat masuk dan keluar mobil. Sediakan produk interior cleaner dan exterior cleaner untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang seperti hendel pintu, tutup tangki bensin, dan area kokpit seperti setir, tuas transmisi, dan rem parkir. Produk interior dan exterior cleaner dalam bentuk Car Care Kit dapat dibeli dan pesan di website Auto2000 sehingga pemilik mobil cukup di rumah saja.

5. Kunjungi Toyota Home Service – Auto2000 Home Service

Untuk pemilik mobil yang tidak ingin repot atau kesulitan menjalankan prosedur pengecekan di atas, Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia menyediakan layanan THS atau Toyota Home Service. Layanan ini melakukan servis berkala sekaligus pengecekan kondisi kendaraan pelanggan. Petugas THS akan memastikan mobil Toyota milik Anda siap untuk dipakai saat kondisi new normal diterapkan.

Semain mudah dan nyaman karea Auto2000 membuat program 'Ramadan THS Peduli'. Program ini memberikan keuntungan ekstra karena petugas THS – Auto2000 Home Service juga melakukan check-up mobil gratis sekitar 50 item pengecekan.

Bagian yang diperiksa merupakan part yang punya peran penting dan harus diperhatikan kondisinya. Konsumen dapat melakukan booking servis berkala lewat THS – Auto2000 Home Service di Auto2000 Digiroom dan tinggal menunggu petugas THS datang ke rumah di waktu yang telah ditentukan.

THS – Auto2000 Home Service siap melaksanakan tugas pengecekan dan service kendaraan agar mobil Anda kembali prima. []

Baca juga:

Berita terkait
Tampilan Baru Toyota Harrier Lebih Segar dan Mewah
Toyota menampilkan wajah baru Harrier yang rencananya akan dirilis di Jepang pada Juni 2020.
Harga dan Spesifikasi Toyota Agya Facelift 2020
PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Agya facelift 2020 secara virtual di kanal resmi Toyota Indonesia, Kamis, 19 Maret 2020.
Peluncuran Toyota Agya Facelift Secara Online
PT Toyota Astra Motor, Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia memutuskan meluncurkan Toyota Agya facelift secara online.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi