UNTUK INDONESIA
Aset Terbaru RS Mantan Karyawan BRI Abdya Rp 1,7 M
Polisi menghitung jumlah barang bukti dari RS bekas karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Blangpidie berinisial RS senilai Rp 1,7 miliar.
Polisi saat memperlihatkan BPKB kendaraan di tangan kanan dan gelang emas di tangan kiri kasus penipuan karyawan BRI Abdya, Aceh dalam konfrensi pers di Mapolres setempat, Rabu, 22 Juli 2020.(Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Nasution mengatakan, harga keseluruhan Barang Bukti (BB) terbaru hasil perkembangan sementara kasus dugaan penipuan dan pengelapan yang menjerat bekas karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Blangpidie berinisial RS senilai Rp 1,7 miliar lebih.

Barang bukti yang dihitung Polisi bernilai Rp 1.719.200.000 miliar ini berupa, dua mobil mewah, tujuh sepeda motor, emas batang 50 Gram, dua gelang perhiasan emas, satu kulkas dua pintu, satu mesin cuci, dispenser, enam TV LED, Open Listrik, Lima Hendphone mahal, dua sepeda lipat dan uang tunai Rp 3.358.00.

Ada dua reward yang diberikan tersangka untuk meyakinkan para korbannya, yakni ada berupa barang dan ada uang.

"Hasil pengembangan sementara penyidik ada beberapa barang bukti baru yang didapat dan keseluruhannya seharga Rp 1.719.200.000 dalam bentuk barang," kata Nasution dalam konferensi Pers di Mapolres Abdya, Rabu, 22 Juli 2020.

Nasution  menambahkan, dari hasil peyelidikan sementara polisi juga mencatat setidaknya sebanyak Rp 9.989.001.000 miliar uang para korban yang sudah disetor kepada RS selama menjalankan aksinya. Dari uang Rp 9.989.001.000 milliar itu, digunakan oleh RS untuk memberikan reward (penghargaan) dalam bentuk uang kepada para korbannya sebesar Rp 4.315.251.000 miliar dan uang yang digunakan RS untuk membelikan reward dalam bentuk barang sebesar Rp1.719.200.000 miliar.

"Ada dua reward yang diberikan tersangka untuk meyakinkan para korbannya, yakni ada berupa barang dan ada uang," ujarnya.

Nasution mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyelidiki kemana uang sebesar Rp 3.954.550.000 miliar sisa dari yang sudah digunakan RS untuk membelikan reward kepada para korbannya. "Kemana uang itu terus kami dalami dan nanti perkembangannya akan kami sampaikan lagi," katanya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Abdya, AKP Erjan Dasmi menjawab terkait adanya isu berkembang bahwa RS memiliki banyak Aset seperti beberapa toko, tanah dan kapal tangkap ikan, tentang hal ini Erjan menjawab saat ini pihaknya masih terus mendalami kasus ini dan apapun barang bukti yang sudah disita tentu sudah sesuai mekanisme. “Itukan isu, kalau kitakan ada mekanismenya tidak asal sita,” katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Emas Batangan Fakta Terbaru Kasus Karyawan BRI Abdya
Aparat Kepolisian menemukan barang bukti terbaru dalam kasus penipuan mantan karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI) Abdya, Aceh.
Polisi Sita 2 Mobil Mewah Kasus Karyawan BRI Abdya
Polisi kembali mengamankan satu mobil mewah dalam pengembangan kasus penipuan bekas karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Aceh.
Jalan Panjang Akhir Karier Karyawan BRI Abdya Aceh
Berawal Januari 2020 kalangan pengusaha dan orang berduit di Aceh Barat Daya, Aceh mulai curiga dengan RS karyawan BRI cabang Blangpidie.
0
Utang Rp 140 Juta, Motif Pembunuhan Yulia di Sukoharjo
Pembunuhan terhadap Yulia, 42 tahun, warga Solo di Sukoharjo ternyata bermotif utang Rp 140 juta.