UNTUK INDONESIA
Arsenal Buka Asa Lolos 16 Besar Liga Europa
Arsenal mempertahankan tren positif saat menaklukkan Olympiakos Pireaus 1-0 di laga pertama babak 32 Besar Liga Europa.
Arsenal mengalahkan Olympiakos Pireaus 1-0 di pertandingan pertama babak 32 Besar Liga Europa di Stadion Georgios Karaiskaki, Jumat, 21 Februari 2020 dini hari WIB. Tampak striker Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) dkk merayakan gol yang dicetaknya di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Arsenal meraih kemenangan di pertandingan Liga Europa. Tren positif Arsenal terjaga saat menaklukkan Olympiakos Pireaus 1-0  di laga pertama babak 32 Besar di Stadion Georgios Karaiskaki, Jumat, 21 Februari 2020 dini hari WIB. Kemenangan lewat gol tunggal Alexandre Lacazette membuka peluang The Gunners melaju ke babak 16 Besar. 

Kemenangan satu gol tetap sangat berarti. Apalagi Arsenal meraihnya di kandang lawan. Hasil itu menjadikan Pierre-Emerick Aubameyang dkk hanya butuh imbang untuk lolos ke babak berikutnya pada laga kedua di kandang sendiri di Stadion Emirates, Jumat, 28 Februari 2020 dini hari WIB 

Sebaliknya, Olympiakos harus bekerja keras bila ingin menyingkirkan klub London Utara itu. Bagaimana tidak, tim asuhan Pedro Martins ini butuh kemenangan 2-0 untuk lolos. 

Tidak mudah meraih kemenangan di pertandingan tandang di kompetisi Eropa. Harus diakui, kami mendapat pelajaran penting dan tim menunjukkan perkembangan yang bagus

Kemenangan itu juga menjaga tren positif Arsenal yang terkalahkan selama sembilan laga terakhir di berbagai kompetisi. Meski masih berkutat di papan tengah Liga Premier Inggris, namun performa Arsenal mulai stabil sejak ditangani Mikel Arteta. 

Mereka terakhir kali menelan kekalahan pada Desember tahun lalu. Saat itu, Arsenal yang bermain di kandang sendiri dipermalukan Chelsea 1-2 dalam London Derby. Sejak itu, mereka tak pernah kalah lagi.

Sukses mengalahkan Olympiakos membuat Arteta bersuka cita karena diakuinya tak mudah meraih tiga poin di pertandingan tandang di kompetisi Eropa. Apalagi, menurut manajer asal Spanyol ini, tim benar-benar menghadapi kesulitan, terutama selama 10-15 menit awal. 

"Tidak mudah meraih kemenangan di pertandingan tandang di kompetisi Eropa. Harus diakui, kami mendapat pelajaran penting dan tim menunjukkan perkembangan yang bagus," kata Arteta seperti dikutip laman klub. 

Olympiakos vs ArsenalArsenal harus bekerja keras sebelum menghentikan perlawanan tuan rumah Olympiakos Pireaus di laga pertama 32 Besar Liga Europa di Stadion Georgios Karaiskaki, Jumat, 21 Februari 2020 dini hari WIB. Tampak bek Arsenal Sokratis Papastathopoulos (kiri) menghadang pemain Olympiakos di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

"Selama 10 sampai 15 pertama kami mengalami kesulitan. Kami tidak melakukan apa-apa dan tidak ada yang dieksekusi. Namun permainan kami kemudian menjadi lebih baik. Kami juga bisa bertahan dengan baik sehingga kami tidak kebobolan di tiga pertandingan terakhir," ujarnya. 

Arsenal Alami Kesulitan di Menit Awal 

Di laga itu, Arsenal memang mengalami kesulitan di menit-menit pertama. Tekanan dari tuan rumah memaksa kiper Bernd Leno bekerja keras mengamankan gawangnya. Penyelamatan gemilang dari kiper asal Jerman ini dilakukan saat menepis sepakan Mathieu Valbuena di menit ketiga.

Arsenal secara perlahan mulai bangkit dan bisa mengembangkan permainan. Serangan sporadis berhasil dilakukan sampai akhirnya Lacazette mendapat peluang bagus di menit 20. 

Namun umpan dari Gabriel Martinelli gagal dimanfaatkan penyerang asal Prancis ini karena sepakan melebar. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. 

Situasi di babak kedua tak berubah. Tekanan Arsenal tak pernah membuahkan hasil. 

Namun saat pertandingan memasuki menit-menit akhir, Arsenal bisa memecah kebuntuan dengan membobol gawang Olympiakos. Kali ini Lacazette tak menyia-nyiakan peluang saat menyambut umpan silang mendatar dari Bukayo Saka.

Gol Lacazette yang tercipta di menit 80 menjadikan Arsenal unggul 1-0. Skor itu bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Bournemouth Vs Arsenal, Lolos dan Lawan Portsmouth
Arsenal melaju ke babak kelima Piala FA setelah menang 2-1 atas tuan rumah Bournemouth 2-1. Selanjutnya mereka bertemu tim League One Portsmouth.
Klasemen Liga Inggris, Arsenal Tembus 10 Besar
Arsenal mengakhiri puasa kemenangan saat menaklukkan Manchester United 2-0. Kemenangan yang menjadikan Arsenal masuk 10 besar.
Arsenal vs Man Utd Jadi Sajian Utama Pembuka 2020
Laga di Liga Inggris mulai bergulir untuk musim 2019/2020, sajian utama yang bakal jadi pembuka laga di tahun 2020 akan bertemu Arsenal vs Man Utd
0
Puput Pamer Kompak Mertua, Veronica Jualan Daging
Puput Nastiti Devi pamer kekompakan dengan mertua sedangkan Veronica Tan sibuk dengan bisnis barunya berjualan daging.