Apakah Yogurt Meningkatkan Penurunan Berat Badan?

Meskipun yogurt bisa menjadi bagian dari diet bergizi, tidak semua produk ini sehat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Yogurt adalah produk susu fermentasi yang dinikmati di seluruh dunia sebagai sarapan atau makanan ringan. Selain itu, ini terkait dengan kesehatan tulang dan manfaat pencernaan. Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa itu mendukung penurunan berat badan.

Menambahkan yogurt sebagai makanan Anda ini dapat meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh dan mempercepat penurunan berat badan,menurut sebuah studi. 

Para peneliti mengatakan hasilnya, menambah bukti yang berkembang bahwa kalsium dan protein yang berasal dari produk susu rendah lemak dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan penurunan berat badan.

Menariknya, mengganti makanan tinggi lemak dan rendah protein dengan yogurt dapat meningkatkan penurunan berat badan. Studi memberi 20 wanita sehat 160 kalori (6 ons atau 159 gram) yogurt sebagai camilan sore atau jumlah kalori yang sama dari biskuit dan cokelat berlemak tinggi.

Saat makan yogurt, para wanita melaporkan merasa kenyang lebih lama. Selanjutnya, mereka mengonsumsi rata-rata 100 kalori lebih sedikit saat makan malam. Dengan demikian, mengganti makanan ringan dengan yogurt dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Meskipun yogurt bisa menjadi bagian dari diet bergizi, tidak semua produk ini sehat. Faktanya, banyak yogurt mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi, terutama varietas rasa bebas lemak dan rendah lemak.

Diet tinggi gula tambahan dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas dan penambahan berat badan, serta penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, Anda harus membaca label pada yogurt sebelum membelinya. Yoghurt polos dan tanpa pemanis ini adalah yang terbaik, karena tidak mengandung gula tambahan.

Sebagai sumber kalsium, protein, dan probiotik yang sangat baik, yogurt telah dipercaya sebagai bantuan penurunan berat badan. Yogurt mungkin paling bermanfaat untuk menurunkan berat badan bila digunakan untuk menggantikan makanan berkalori tinggi dan rendah protein daripada hanya ditambahkan ke dalam diet Anda. Karena dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan produk susu ini secara alami dapat membuat Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga:

Berita terkait
6 Macam Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Boleh saja melakukan program diet, asalkan pastikan tubuh kita tetap mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup.
5 Buah-buahan yang Baik untuk Diet
Buah merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.
Menu Diet Kenyang Ala Dewi Hughes
Beberapa menu diet ini bisa menjadi solusi.
0
Tips Memilih Asuransi yang Cermat Ala Cindy Xie
Dalam memilih asuransi, calon pembeli haruslah cermat memilih agen. Carilah agen yang mengerti cara mengklaim asuransi.