UNTUK INDONESIA
Anies Baswedan Sebut Istri First Lady, Netizen: Sudah Tak Sabar 2024
Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyebut istrinya, Fery Farhati Ganis, sebagai first lady. Netizen menilai ia tak sabar jadi presiden.
Anies Baswedan dan istri, Fery Farhati Ganis, menghadiri World Cities Summit Mayor Forum di Medellin, Colombia, 9-19 Juli 2019. (Foto: Instagram/Anies Baswedan)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut istrinya, Fery Farhati Ganis, sebagai first lady. Sebutan yang lazim dipakai untuk menyebut Ibu Negara atau istri seorang presiden ini sontak membuat netizen gempar. Ada yang suka dan tidak suka.

Berikut ini tulisan lengkap Anies Baswedan bersama unggahan foto di Instagram, dua hari lalu.

"Undangan konferensi internasional hampir selalu turut mengundang first lady atau istri pejabat. Demikian yang terjadi di World Cities Summit, maka kali ini Fery pun ikut serta.

Di sana Fery dan para first ladies (atau first gentlemen) dari pemimpin daerah lainnya, mulai dari Singapore, Ekuador sampai Bhutan, disambut oleh istri Wali Kota Medellín dan berkeliling melihat pengelolaan komunitas, budaya, wisata dan UKM.

Fery juga berbagi tentang kiprah dan aktivitas ibu-ibu PKK di Jakarta yang sangat vital dalam pengelolaan dan pembangunan kota, juga tentang Bunda PAUD dan Dekranasda. Penjelasan Fery tentang PKK ternyata amat menarik perhatian dari delegasi internasional di sana.

Di New York, pimpinan Formula E pun menyambut kami bersama istrinya. Memang dalam interaksi global, percakapan dan kedekatan antaristri ikut menghangatkan suasana sehingga pembahasan soal Jakarta sebagai tuan rumah balap mobil Formula E dapat berlangsung dengan semangat kekeluargaan.

Peran interaksi antaribu-ibu memang tidak bisa dikesampingkan, apalagi ketika para istri kemudian janjian untuk ketemuan berikutnya di Jakarta, maka hampir pasti para suami pun, para pimpinan Formula E jadi lebih semangat ke Jakarta."

Kalangan warganet beragam dalam memandang unggahan foto dan keterangan Anies Baswedan tersebut.

"Masya Allah TabarakaAllah Pak Anies dan Bu Fery. Entah kenapa, ketika membaca caption dan melihat foto ini, langsung teringat pada salah satu Kepala Negara di 'Asia Tenggara', beserta istrinya. Seandainya Indonesia dipimpin oleh orang-orang seperti Pak Anies," tulis akun @zhorifdzakiiy di kolom komentar.

Undangan konferensi internasional hampir selalu turut mengundang first lady atau istri pejabat. Demikian yang terjadi di World Cities Summit, maka kali ini Fery pun ikut serta.

Anies BaswedanAnies Baswedan dan istri, Fery Farhati Ganis, menghadiri World Cities Summit Mayor Forum di Medellin, Colombia, 9-19 Juli 2019. (Foto: Instagram/Anies Baswedan)

Netizen lain berinisial SS mengunggah screenshot foto dan caption Anies tersebut di akun Facebook dengan komentar, "Definisi First Lady menurut versinya... sudah enggak sabar dia menunggu tahun 2024 dan dia yakin menaaaaaaang."

"Masih lima tahun lagi, tapi narasi first lady sudah dimulai ya...," tulis netizen berinisial NS dengan emoticon tertawa.

Apa Manfaatnya?

Sebelumnya beberapa pihak mempertanyakan apa manfaat Anies Baswedan melakukan kunjungan ke berbagai negara untuk kemajuan Jakarta.

Anies Baswedan pada Jumat, 19 Juli 2019, di Balai Kota, Jakarta Pusat, memberikan paparan mengenai kunjungan dinas ke luar negeri di depan awak media, terutama pertemuan terbaru di Washington DC dengan US-ASEAN Business Council.

Kunjungan di dua negara Colombia dan USA dilakukan Gubernur dan jajaran sejak 9-19 Juli 2019.

"Bersama kita lakukan pembahasan terkait bagaimana Jakarta bisa memfasilitasi kegiatan perdagangan investasi yang menyerap tenaga kerja. Pembicaraan ini berlangsung produktif, Insya Allah akhir tahun ini sekitar bulan Desember mereka akan ada delegasi besar yang datang ke Indonesia dan kita siap menyambut," ujar Anies.

Selanjutnya ia juga bertemu para pakar dari International Food Policy Research Institute membahas masalah pangan dan kualitas kesehatan dari pasokan pangan yang ada di Jakarta.

Jakarta mendapat apresiasi atas keberhasilan mengendalikan harga pangan yang dibuktikan dengan terpenuhinya kuantitas pasokan pangan.

"Tak kalah penting pada aspek kualitasnya juga diperhatikan, karena itu dalam pertemuan tersebut kita membahas potensi untuk kita me-review kebijakan yang sudah dilakukan di berbagai negara (terkait urusan pangan) untuk nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan Jakarta," lanjutnya.

Anies juga bertemu para tokoh pemerintahan, diplomat, dan akademisi yang tergabung dalam USINDO, untuk meningkatkan lagi hubungan positif antara USA dengan Jakarta.

Ia juga memaparkan kunjungannya ke New York yang secara khusus membahas penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

"Saya secara khusus ke sana kaitannya dengan rencana untuk mengadakan kegiatan balap mobil Formula E dan pembicaraan sudah dilakukan dua tiga bulan lalu dan Insya Allah Jakarta akan menjadi tuan rumah," ujar Anies.

Ia menambahkan bahwa ada hal detail yang belum bisa diumumkan sekarang khususnya terkait dengan waktu.

Sebelumnya Anies juga menghadiri World Cities Summit Mayor Forum di Medellin, Colombia. Dengan memaparkan kinerja yang sudah direalisasi di Jakarta dan bagaimana pengalaman yang dikerjakan di Jakarta dapat menjadi manfaat bagi yang lain, sekaligus kesempatan bertukar pemikiran. Demikian Anies Baswedan. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Berziarah ke Makam Tenggelam di Semarang
Di Semarang ada sebuah makam yang kala rob melanda berubah menjadi seperti laut. Saat itu, Warga harus berdoa di atas perahu saat ziarah