UNTUK INDONESIA
Anies Baswedan: Saefullah Pribadi yang Saleh
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Sekda DKI Jakarta Saefullah pada Rabu, 16 September 2020.
Foto Kebersamaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sekda DKI Saefullah. (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah pada Rabu, 16 September 2020. Selama hidupnya, Anies menilai Saefullah salah satu pemimpin yang bertanggung jawab menjalankan tugas dan kewajibannya. 

"Pribadi saleh, pekerja keras, dan pemurah itu telah pulang ke rahmatullah," kata Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, seperti yang dikutip Tagar, Rabu, 16 September 2020. 

Dengan wafatnya Sekda DKI itu, tentu meninggalkan luka yang mendalam bagi Anies Baswedan. Sebab dipandangan Anies, Saefullah merupakan sosok yang tidak pernah mengeluh dan bekerja dengan sepenuh hati. 

Allah, Sang Maha Pengatur, memanggilnya pulang.

"Hampir tiap hari kita bertemu. Bekerja selalu sepenuh hati tapi suka bercanda. Serius tapi tidak ada suasana tegang. Pribadi yang matang, penuh pengalaman, selalu tenang dalam setiap situasi dan selalu tuntas," ucap Anies. 

Menurut Anies, Saefullah selalu menjalankan tanggung jawabnya di pemerintahan dengan sangat baik dan terpenting tidak pernah mengeluh. "Kita sering berkegiatan bersama hingga lepas tengah malam, lalu besok paginya sudah ada kegiatan. Pak Sekda bisa ikut hadir di kegiatan subuhan bersama-sama. Ini bukan sekadar soal stamina fisik, ini adalah juga soal semangat yang luar biasa besar," ujarnya. 

Sepanjang bekerja bersamanya, Anies menilai sosok Saefullah yang luar biasa hebat. Apalagi semasa pandemi Covid-19, rekannya itu tetap menunjukkan kinerja yang sangat baik. 

"Pak Sekda ini ada dalam setiap perencanaan dan eksekusi semua urusan Covid-19 di Pemprov DKI. Menyiapkan semua jajaran, menggalang sumber daya, dan memastikan terlaksana sesuai rencana. Berbulan-bulan ini kita berkutat urusan Covid bersama-sama," tutur Anies. 

Diketahui Sekda DKI Jakarta Saefullah tutup usia pada Rabu, 16 September 2020 karena terinfeksi virus Corona atau Covid-19 dan sempat menjalankan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Allah, Sang Maha Pengatur, memanggilnya pulang. Allah telah cukupkan perannya di dunia ini. Husnul khatimah InsyaAllah. Ditinggikan derajatnya di sisi Allah. Dimuliakan tempatnya. Diampuni khilafnya. Dan semua kebaikannya selama mengabdi di ibu kota ini dicatat sebagai amal jariyah yang akan mengirimkan pahala tanpa henti kepadanya," ucap Anies dalam akun Instagramnya itu. []

Berita terkait
Saefullah Wafat karena Corona, MUI: Bagai Gunung Es
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku terkejut mendengar kabar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah wafat OTG corona.
Sekda DKI Tutup Usia, Ahok: Saefullah Sosok Rajin
Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Sekda DKI Jakarta Saefullah.
Saefullah dan Delapan Pejabat Pemprov DKI Positif Corona
Terdapat sembilan pajabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dilaporkan terinfeksi virus corona. Sekda Saefullah meninggal.
0
Pemerintah Berikan Subsidi Gaji ke 398.637 Honorer
Pemerintah memastikan tenaga kerja dengan status honorer telah menerima bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 perbulan