UNTUK INDONESIA
Anies Baswedan Lawan Kuat Prabowo di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diprediksi menjadi lawan terkuat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan). (Foto: Antara/Fauzi Lamboka/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diprediksi menjadi lawan terkuat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut hasil survei Indo Barometer, Anies bertengger di urutan kedua di bawah Prabowo sebagai capres pilihan masyarakat Indonesia.

"Tampak lawan terberat Prabowo Subianto adalah Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari dalam jumpa pers hasil survei nasional Mencari Pemimpin: Road to Capres dan Parpol 2024 di Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Minggu, 23 Februari 2020.

Menurut survei, Anies meraup 14,3 persen suara sementara Prabowo mencapai 22,5 persen. Survei ini dilakukan jika nama Presiden Jokowi tidak berada dalam daftar pertanyaan kepada responden.

Prabowo Subianto-Puan Maharani meraih 39,3 persen jika dilawankan dengan Anies-Airlangga Hartato

Tingkat popularitas Anies sebagai kepala daerah juga tinggi. Dia bahkan merebut peringkat pertama sebagai kepala daerah paling dikenal publik.

Anies Baswedan meraih peringkat 91,7 persen disusul Gubernur Jawa Barat Muchamad Ridwan Kamil, 65,8 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, 55,8 persen. Sementara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawab Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah secara berurutan bertengger di bawah Khofifah.

Dalam peta politik nasional, Anies disebut-sebut sebagai kandidat capres poros Gondangdia. Sementara Prabowo, kata Qodari, bakal didukung oleh poros Teuku Umar.

Poros Teuku Umar merujuk pada kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sementara poros Gondangdia merujuk markas Partai NasDem yang dipimpin Surya Paloh. NasDem telah mengumumkan Anies sebagai jagoannya di 2024 dan Prabowo telah makan nasi goreng bareng dengan Megawati di Teuku Umar.

Hanya saja, survei Indo Barometer menunjukkan Prabowo yang telah merapat ke Teuku Umar selalu unggul melawan kandidat terkuat dari poros Gondangdia, Anies Baswedan. Suara paling tinggi diraih oleh Prabowo jika berpasangan dengan kader PDIP sekaligus putri Megawati, Puan Maharani.

"Prabowo Subianto-Puan Maharani meraih 39,3 persen jika dilawankan dengan Anies-Airlangga Hartato (Ketua Umum Golkar) yang hanya meraih 21,9 persen," kata Qodari.

Jika Anies berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, pasangan Prabowo-Puan tetap unggul 16 persen lebih banyak. Pasangan Prabowo juga unggul sepuluh persen lebih banyak walau Anies mengambil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai wakilnya.

Prabowo tetap tak terkalahkan oleh Anies meski pensiunan jenderal bintang empat tersebut memilih Kepala BIN Budi Gunawan atau putra Megawati, Muhamad Prananda Prabowo. Keadaan juga tak berubah, meski Anies berpasangan dengan kader putra sulung Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono.

Survei ini dilakukan pada 9 sampai 15 Januari 2020 dengan 1200 responden di 34 provinsi. Indo Barometer mengklaim surveinya hanya memiliki margin of error kurang lebih 2,83 persen. []

Berita terkait
Strategi SBY Mengantar AHY ke Pilpres 2024
AHY masih kalah oleh sosok lain seperti Anies Baswedan dan Ridwan Kamil calon kuat Capres 2024. Lantas, apa yang harus dilakukan SBY?
Anies Baswedan Didorong Lagi Maju Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali didorong maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
Airlangga Hartarto vs Anies Baswedan di Pilpres 2024
Menyorot Airlangga Hartarto dan Anies Baswedan bila berhadapan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.