UNTUK INDONESIA
Anggota DPRD Samosir Bantah Membuka Galian C Ilegal
Rismawati Simarmata menduga RS dalam pemberitaan tersebut yang disebut sebagai anggota DPRD Samosir adalah dirinya.
Sebuah alat berat sedang memuat material galian dari perbukitan di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. (Foto: Tagar/Fernando)

Samosir - Terkait pemberitaan dugaan galian C Ilegal di kawasan perbukitan Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir pada Rabu, 26 Februari 2020, redaksi telah mendapatkan sanggahan dari Rismawati Simarmata. Meski dalam pemberitaan di awal tidak menyebut nama, hanya inisial RS.

Dalam sanggahan tersebut, Rismawati Simarmata mengaku tidak mengetahui siapa oknum RS, namun menduga RS dalam pemberitaan tersebut yang disebut sebagai anggota DPRD Samosir adalah dirinya.

"Semua orang bertelepon saya dan tidak tau siapa oknum RS. Tapi karena dibilang anggota DPRD dan di Desa Unjur siapa ya, perasaanku cuma saya yang di situ. Bukan saya sombong sebagai anggota DPRD, tapi marilah kita saling menghormati jabatan masing-masing sebagai anggota DPRD, sebagai wartawan dan lainnya," ujar Rismawati Simarmata, ketika dihubungi pada Sabtu, 27 Februari 2020.

Rismawati Simarmata menyebut, pada pemberitaan yang dimuat tersebut mengaku bukanlah pemilik Hotel Sopotoba. Adapun pemilik Hotel Sopotoba yang sebenarnya adalah Pitaria boru Gultom.

Berdasarkan prinsip pematangan tanah, hal tersebut diperbolehkan secara hukum

Menurutnya, galian yang dimaksud dilakukan di tanah milik Pitaria yang tidak terpakai dan digunakan sepenuhnya untuk pematangan tanah konstruksi SPBU yang tanahnya dimiliki oleh Pitaria.

"Berdasarkan prinsip pematangan tanah, hal tersebut diperbolehkan secara hukum berdasarkan keterangan dari Bapak Manurung dari Dinas Perizinan Kabupaten Samosir," katanya.

Rismawati mengaku akibat pemberitaan mengalami hal-hal yang dituduh mengklaim secara kepemilikan Hotel Sopotoba oleh Pitaria serta membuka galian C secara ilegal dengan tujuan dijual secara komersial.

Rismawati Simarmata mengaku terancam mengalami kerugian material dan moril, disamping kehilangan kepercayaan konstituen akan komitmennya yang konsisten menentang galian C komersial yang ilegal.

Rismawati mengaku dicemarkan nama baiknya dengan dugaan didukung dengan waktu pemberitaan di tahun politik 2020 untuk Kabupaten Samosir, dan tidak adanya konfirmasi pemberitaan kepada yang bersangkutan. []

Berita terkait
Pengerukan Kawasan Perbukitan di Simanindo Samosir
Terjadi aktivitas pengerukan di kawasan perbukitan di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.
Penghina Bupati Samosir di Facebook Diringkus Polisi
Polres Samosir meringkus pelaku penghinaan kepada Bupati Rapidin Simbolon melalui media sosial.
Kasus Hutan Tele, Mantan Bupati Samosir Diperiksa
Mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengalihan status kawasan hutan Tele.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.