UNTUK INDONESIA
Alasan Paus Fransiskus Dukung LGBT
Paus Fransiskus telah memberikan dukungan paling eksplisitnya kepada serikat sipil sesama jenis .
Paus Fransiskus mendukung pernikahan LGBT (Foto:Tagar/net)

Roma - Paus Fransiskus telah memberikan dukungan paling eksplisitnya kepada serikat sipil sesama jenis dalam sebuah langkah yang kemungkinan besar akan membuat marah lawan-lawan konservatifnya di gereja Katolik.

Paus mengatakan ia mendukung LGBT karena menurutnya homoseksual memiliki hak untuk berada dalam sebuah keluarga. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak untuk berkeluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya.

"Apa yang harus kita buat adalah hukum persatuan sipil. Dengan cara itu mereka dilindungi secara hukum. Saya membela itu," seperti dikutip Tagar dari The Guardian.

Komentar pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma inj muncul dalam sebuah wawancara dalam sebuah film dokumenter, Francesco, yang ditayangkan perdana di festival film Roma pada hari Rabu.

Pernyataan Paus mendapat dukungan dari Pastor James Martin, seorang Yesuit terkemuka.

Film berdurasi panjang, disutradarai oleh Evgeny Afineevsky, menceritakan kisah kepausan Fransiskus selama tujuh setengah tahun terakhir, mencakup banyak perjalanan yang dia lakukan sebelum pandemi Covid-19 dan penanganannya atas skandal pelecehan seksual yang telah melanda. Gereja.

Baca juga : Wow Paus Fransiskus Dukung LGBT Punya Keturunan

Ini juga berfokus pada masalah-masalah yang telah dibuat oleh Paus Fransiskus sebagai ciri khas kepausannya, termasuk lingkungan, kemiskinan, migrasi dan ketidaksetaraan.

Sebagai Paus, Fransiskus sebelumnya tidak pernah secara terbuka mendukung serikat sipil untuk pasangan sesama jenis, meskipun dia mendukung pengaturan hukum seperti itu ketika dia menjadi uskup agung Buenos Aires.

Pernyataan Paus mendapat dukungan dari Pastor James Martin, seorang Yesuit terkemuka. Pastor James berpendapat bahwa gereja harus lebih menyambut orang-orang LGBT, menulis di Twitter: “Dukungan Paus Fransiskus untuk serikat sipil sesama jenis adalah langkah maju yang besar dalam mendukung gereja untuk orang-orang LGBTQ. Ini sesuai dengan pendekatan pastoralnya terhadap orang-orang LGBT, termasuk LGBT Katolik, dan mengirimkan sinyal yang kuat ke negara-negara di mana gereja telah menentang undang-undang semacam itu. ”

Baca juga : Dukungan Paus Fransiskus untuk LGBT Tuai Reaksi di Filipina

Seorang juru bicara António Guterres, sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dan seorang Katolik yang taat, mengatakan komentar paus adalah "langkah yang sangat positif". Guterres telah "berbicara dengan sangat tegas menentang homofobia yang mendukung hak LGBTQ, bahwa orang tidak boleh dianiaya atau didiskriminasi hanya untuk orang yang mereka cintai," tambah mereka.

Yayasan Ozanne, yang mengadvokasi kesetaraan LGBT dalam pengaturan agama, menyambut baik komentar paus, dengan mengatakan: “Ini akan membawa harapan bagi jutaan pasangan lesbian dan gay di seluruh dunia, dan akan memungkinkan mereka untuk mengetahui bahwa mereka memiliki restu paus. dalam keluarga, dan memang memiliki hak atas keluarga. (The Guardian) [] 

Berita terkait
Dukungan Paus Fransiskus untuk LGBT Tuai Reaksi di Filipina
Dukungan Paus Fransiskus terhadap ikatan sipil bagi pasangan sesama jenis (LGBT) menuai reaksi beragam di Filipina
Wow Paus Fransiskus Dukung LGBT Punya Keturunan
Paus Fransiskus mengatakan bahwa menurutnya pasangan sesama jenis harus diizinkan untuk memiliki keluarga atau keturunan.
Akan Ada LGBT di Parlemen Baru Selandia Baru
Parlemen Selandia Baru mendatang akan menjadi yang paling inklusif dengan keberagaman karena ada beberapa orang non-kulit putih, LGBT
0
Alasan Paus Fransiskus Dukung LGBT
Paus Fransiskus telah memberikan dukungan paling eksplisitnya kepada serikat sipil sesama jenis .