UNTUK INDONESIA
Alasan Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Tangani Covid-19
Tenaga Ahli KSP Donny Gahral menjelaskan alasan Presiden Jokowi menunjuk Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan turunkan Covid-19.
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)

Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Donny Gahral Adian, menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator tim untuk menekan jumlah kasus Covid-19 (C-19) di sembilan provinsi di Indonesia.

Menurut Donny, Jokowi mempercayakan pengendalian virus corona karena Luhut dianggap mampu menyelesaikan perintah dari Presiden.

"Pak Luhut selama ini memang dipercaya presiden karena mampu mengeksekusi apa-apa yang diperintahkan," kata Donny saat dihubungi, Rabu, 16 September 2020.

"Jadi berbekal kepercayaan itu, Pak Luhut ditugaskan Presiden untuk menurunkan atau menekan angka kasus positif di sembilan provinsi," ujar dia. 

Donny mengatakan, pemilihan Luhut yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) juga didasari hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden.

"Saya kira, itu prerogatif presiden untuk menunjuk siapa pun yang beliau percaya," ucap Donny.

Lebih lanjut Donny menuturkan, Luhut Pandjaitan juga sudah ada dalam susunan pengurus Komite Penanganan Covid-19 dan PEN. Ia menjelaskan, Luhut secara organisasi dan tupoksi memiliki kewenangan untuk melakukan langkah apa pun yang diperlukan demi menekan angka kasus positif virus corona atau Covid-19.

"Nah saya kira, penugasan ini biasa saja. Presiden ingin menugaskan sosok yang menurut beliau mampu melakukan atau mampu mengeksekusi arahan-arahan beliau. Khususnya dalam penanganan Covid-19," tuturnya. []



Berita terkait
Ahli: Soal Covid-19, Respons Pembantu Jokowi Lamban
Ahli Epidemi Pandu Riono menilai gagalnya pemerintah menekan penularan Covid-19 karena pembantu Presiden Jokowi yang lamban merespons perintah.
MPR Minta Pandemi Tak Mengganggu Pelayanan Masyarakat
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta agar pemerintah harus tetap mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.
KPU Izinkan Konser Pilkada Saat Pandemi, Musisi Geram
Sejumlah musisi meluapkan kegeraman atas kebijakan KPU yang mengizinkan digelarnya konser dalam rangka Pilkada meski berlangsung di masa Pandemi.
0
PlayStation 5 Rilis November 2020, Segini Harganya
Sony Interactive Entertainment (SIE) menyatakan akan meluncurkan generasi PlayStation (PS) berikutnya, yaitu PS5 pada November 2020.