UNTUK INDONESIA
Alasan Bupati Rembang Tak Cabut Status KLB Covid-19
Saat ini, Kabupaten Rembang mencatatkan zero kasus Covid-19 setelah satu warga Desa Waru dinyatakan sembuh.
Bupati Rembang Abdul Hafidz usai mengunjungi rumah pasien (baju koko putih) yang sembuh di Desa Waru Kecamatan Rembang, Sabtu,2 Mei 2020. (Foto: Tagar/Rendy)

Rembang - Satu pasien positif Covid-19 asal warga Desa Waru Kecamatan Rembang, dinyatakan sembuh pada Sabtu, 2 Mei 2020. Dengan sembuhnya pasien tersebut, secara tidak langsung Kabupaten Rembang telah berstatus zero Covid -19 atau tidak ada lagi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Rembang.

"Alhamdulillah tiga pasien dari warga Rembang semula positif Covid-19 sudah sembuh semua, tidak ada lagi pasien positif di Rembang," kata Bupati Rembang Abdul Hafidz seusai mengunjungi pasien Covid-19 sembuh di Desa Waru, Sabtu, 2 Mei 2020.

Ketiga pasien dari Rembang yang sembuh dari Covid-19 itu merupakan anak muda semuanya.

Hafidz menerangkan sebelumnya ada tiga warga Rembang yang positif Covid-19. Mereka adalah warga dari Desa Megal, Kecamatan Pamotan, warga dari Desa Njeruk, Kecamatan Pancur, dan sekarang ini warga dari Desa Waru, Kecamatan Rembang.

"Ketiga pasien dari Rembang yang sembuh dari Covid-19 itu merupakan anak muda semuanya," ucap dia.

Meski saat ini Kabupaten Rembang sudah berstatus zero Covid-19, lanjut dia, kondisi luar biasa (KLB) yang telah ditetapkan pada 28 Maret 2020 lalu belum bisa dicabut. Ada beberapa hal yang masih menjadi pertimbangannya.

"Kita masih ada 16 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dan menunggu grafik perkembangan Covid-19 benar-benar turun, syukur bisa sampai selesai," ucapnya.

Selain itu dirinya juga mempertimbangkan adanya pasien Covid-19 dari daerah lainnya yang dirujuk ke RSUD dr R Soetrasno Rembang. Pasalnya, penanganan penyebaran Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan secara parsial oleh satu daerah saja, namun harus bersama-sama dengan daerah penyangga lainnya.

"Jika kita sudah tidak ada kasus Covid-19 tapi ada pasien dari daerah lain itu juga harus dipertimbangkan," ujar dia. []

Berita terkait
Harga Anjlok, Penyuluh Rembang Beli dan Bagi Cabai
Prihatin dengan kondisi petani cabai, penyuluh pertanian di Rembang membeli cabai di atas harga tengkulak. Cabai kemudian dibagi gratis ke warga.
Semangat Kartini Rembang dari Ruang Isolasi Corona
Dari ruang isolasi di RS di Rembang terpancar semangat luar biasa para Kartini menangani pasien corona.
Nekat Buka, Kafe dan Warkop di Rembang Disegel
Satpol PP Kabupaten Rembang melakukan penyegelan terhadap sejumlah warkop dan kafe karaoke karena sebelumnya sudah diperingatkan tutup.
0
Alasan Bupati Rembang Tak Cabut Status KLB Covid-19
Saat ini, Kabupaten Rembang mencatatkan zero kasus Covid-19 setelah satu warga Desa Waru dinyatakan sembuh.