UNTUK INDONESIA
Air Sumur Panas di Tegal, Ini Penjelasan Para Ahli
Para ahli lingkungan dan geologi menduga penyebab panasnya air sumur di Tegal bukan karena pengaruh magma.
Air di sumur di Desa Grobog Kulon, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal bersuhu panas. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - Fenomena munculnya air sumur panas di Desa Grobog Wetan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mengundang perhatian ahli lingkungan hidup dan pakar geologi. Analisa dan dugaan penyebab pun muncul dari para ahli tersebut.  

Salah satunya dari tim peneliti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Kepala UPTD Laboratorium DLH Kabupaten Tegal Eni Kusrini mengatakan, pihaknya sudah mengecek dan mengambil sampel air sumur yang suhunya panas dan sampel air yang suhunya dingin.

‎Berdasarkan hasil pengecekan, suhu air mencapai 53 derajat celcius. Sedangkan tingkat keasaman air (PH) 6,08 yang artinya normal. Kondisi air juga tidak berasa dan berbau.

"Kalau air yang dingin, suhunya 26,9 derajat celcius, PH 5,95, tidak berasa dan tidak berbau,‎" ungkap Eni, Senin, 6 Januari 2020.

Eni menyebut, salah satu penyebab suhu air menjadi panas dimungkinkan karena keberadaan arde yang dimasukkan ke dalam sumur. ‎Fungsi pemasangan arde untuk mengurangi arus listrik berlebihan.

"Tadi kami suruh lepas dulu arde tersebut. Kalau suhu air panas masih panas berarti ada faktor lain," ujarnya.

Sedangkan terkait kandungan air apakah berbahaya atau tidak, Eni mengatakan masih harus menunggu hasil ‎pemeriksaan sampel air di laboratorium yang diperkirakan baru diketahui sekitar dua pekan.

Kalau tidak ada bau belerang, jangan-jangan ada aliran listrik yang bocor.

Namun petugas sempat memasukkan seekor ayam ke dalam sumur untuk mengetahui kemungkinan kandungan airnya beracun atau tidak. "Tadi kami tes pakai ayam, dimasukkan, ayamnya tidak pingsan," ungkap Erni.

Ahli Geologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Thomas Triadi saat dimintai pendapat terkait hal ini juga menengarai penyebab air sumur menjadi panas lebih karena kebocoran listrik daripada faktor penyebab lain.

"Harus dilakukan pengamatan yang detail dulu. Kalau tidak ada bau belerang, jangan-jangan ada aliran listrik yang bocor. Kalau tidak ada bau bele‎rang berarti bukan dari magma," ujar Thomas kepada Tagar lewat percakapan WhatsApp

Apalagi, lanjut Thomas, jika terdapat arde yang ditempatkan di sumur. Dimungkinan kontak yang terus menerus dengan air, kabel arde yang dimasukkan ke dalam sumur menjadi terkelupas.

"Ini pernah terjadi di daerah Mangkang Semarang. Ternyata karena ada arus litrik yang bocor," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Desa Grobog Wetan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dihebohkan dengan air panas yang keluar dari sumur salah satu rumah warga setempat. Belum diketahui penyebab panasnya suhu air tersebut.

Sumur tersebut milik Tohayah, 60 tahun, warga RT 2 RW 3 Desa Grobog Kulon. Peristiwa ini kemudian dengan cepat menyebar hingga membuat warga berdatangan ke rumah Tohayah karena penasaran.

Tohayah menuturkan, kondisi air sumur yang panas diketahui saat dirinya melihat asap keluar dari dalam sumur. "Sumur biasanya ditutup karena tidak pernah digunakan. Tahu-tahu ada banyak asapnya. Pas diambil airnya ternyata panas. Kaya air direbus sampai mendidih," ujar Tohayah. []

Baca juga: 

Berita terkait
Heboh Air Sumur Warga di Tegal Panas Mendidih
Warga Tegal dihebohkan dengan mendidihnya sumur milik warga Grobog Wetan, Kecamatan Pangkah.
Fenomena Tanah Amblas di Dairi, Belasan Warga Pindah
Fenomena tanah amblas terjadi di Dusun Kuta Nangka, Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi.
Ikan Bertato Ambon Terbalik, Gemparkan Warga Maluku
Warga dusun setempat yang mengetahui temuan ikan itu, berkerumun dan melihat langsung di tepi pantai dusun.
0
Urutan Kejadian Warga Tegal Tewas Dianiaya Tetangga
Hanya karena masalah sepele, remaja di Tegal menganiaya hingga tewas tetangganya sendiri. Urutan kejadian peristiwa itu dibeber istri korban.