Indonesia
Ahok Siap Gantikan Kiai Ma'ruf Amin
Isu itu beredar di kantong-kantong pendukung Prabowo-Sandi, bahwa kelak Ahok akan gantikan Kiai Ma'ruf Amin.
Denny Siregar penulis buku "Tuhan dalam Secangkir Kopi"

Oleh: Denny Siregar*

Isu itu beredar di kantong-kantong pendukung Prabowo-Sandi, bahwa kelak Ahok akan gantikan Kiai Ma'ruf Amin sebagai Cawapres Jokowi.

Banyak yang berspekulasi, pengangkatan KMA sebagai Cawapres oleh Jokowi sebenarnya adalah trik untuk membuka ruang Ahok kelak untuk memimpin. KMA diisukan hanya akan memimpin 2 tahun saja, sesudah itu sakit lalu mundur dari jabatan dan digantikan Ahok di sana.

Dan teori "Ahok akan gantikan KMA" ini juga dilontarkan oleh Gus Aam Wahib, cucu pendiri NU KH Wahab Hasbullah seperti yang dikutip dari duta.co. Dan perkataan ini langsung saja disambar oleh media-media online yang tidak jelas kantornya. Gus Aam sendiri adalah pendukung Prabowo dengan membentuk Barisan Kiai dan Santri Nahdliyin.

Lebih seram lagi teorinya, sesudah Ahok jadi Cawapres, maka dia akan menyingkirkan Jokowi dan menjadi Presiden. Sesudah itu, Ahok akan memilih Hari Tanoe jadi Presiden dan lengkaplah cerita bahwa Indonesia kelak akan dipimpin oleh Kristen dan China. Dahsyat betul teorinya.

Tapi, mungkinkah teori kelak Ahok akan gantikan KMA jika ia sakit dan mengundurkan diri?

Nonsense, tentu saja. Tidak semudah itu Ahok akan menggantikan KMA karena penggantian Presiden dan Wakil Presiden diatur dalam ketatanegaraan, tidak bisa seenaknya. Usulan penggantian itu harus disetujui 2/3 anggota DPR baru ditetapkan melalui sidang istimewa MPR.

Belum lagi partai-partai pendukung Jokowi, utamanya PDIP, tidak akan memberi ruang bagi Ahok untuk itu. Ya, memang Ahok sekarang jadi kader PDIP, tapi untuk membuktikan loyalitasnya perlu banyak waktu. PDIP pasti punya kader yang lebih mumpuni dan disetujui oleh partai koalisi.

Isu bahwa kelak Ahok akan mengganti KMA ini memang salah satu serangan mendekati Pilpres 2019 ini. Isu ini dikaitkan dengan isu aseng dan 9 naga yang sudah lama dibangun untuk merontokkan suara Jokowi. Dan nama Ahok masih efektif dijadikan senjata untuk menyerangnya.

Lagian, Ahok sedang enak berbulan madu, ngapain juga diganggu. Mungkin bersama pasangannya, mereka sedang mengagumi cincin merah yang bisa menyala ketika kena air sebagai salah satu keajaiban dunia.

Meski di Tokopedia kabarnya berharga hanya Rp 20.000 saja. Tapi namanya suka, mau ngomong apa?

Seruput kopinya....

*Denny Siregar penulis buku Tuhan dalam Secangkir Kopi

Baca juga:

Berita terkait
0
Karisma Ustaz Abdul Somad di Lingkaran Artis Indonesia
Ustaz Abdul Somad tak hanya populer di kalangan masyarakat biasa. Sebagai salah satu penceramah, karismanya sampai ke kalangan artis Indonesia.