Jakarta, (Tagar 11/1/2019) - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kalau tidak ada aral melintang, akan bebas dari penjara pada Kamis 24 Januari 2019. Tinggal menghitung hari saja untuk sampai pada waktu itu. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ditahan selama dua tahun di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, berkaitan kasus penistaan agama. Meski sempat mendapat kesempatan untuk bebas bersyarat pada Agustus 2018, namun Ahok dikabarkan menolak peluang tersebut.

Keluarnya Ahok dari penjara tentu telah dinantikan banyak pihak. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat beberapa waktu lalu memberikan bocoran, kalau Ahok mau kembali ke dunia politik hanya mau bergabung ke PDI Perjuangan.

"Ahok bilang, 'Kalau nanti saya masuk politik, saya akan pasti masuk PDI Perjuangan'," Djarot menirukan ucapan Ahok ketika ia mengunjungi di penjara beberapa waktu lalu.

Pada Kamis (10/1) tepat di hari ulang tahun ke-46 PDI Perjuangan, tim Ahok mengunggah sebuah foto di akun Instagram @basukibtp.

Foto yang dibuat tahun 2016 itu menunjukkan Ahok sedang dipakaikan jaket PDI Perjuangan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Diposting oleh @timbtp. Selamat #HUT46PDIPSeru. Semoga terus menjadi partai yang selalu mempersatukan Indonesia melalui nasionalisme dan selalu berpegang teguh untuk terus membumikan ideologi Pancasila. Foto: tahun 2016," demikian catatan menyertai unggahan foto tersebut.

Sebelumnya, paranormal muda Mbah Mijan dalam sebuah kesempatan mengatakan menurut penerawangannya Ahok tidak akan langsung kembali terjun ke politik begitu keluar dari penjara.

"Ahok sementara ini, tahun 2019 mendatang itu kan mau keluar (dari penjara) kan. Ahok akan tetap menjadi sebuah euforia, akan tetap menjadi hal yang sangat dibicarakan. Tetapi Ahok ini belum menentukan langkah, apakah mau terjun ke politik lagi atau terjun ke pemerintahan lagi. Mungkin setahun atau dua tahun dia akan menyendiri," tutur Mbah Mijan kepada Tagar News, Selasa siang 18 Desember 2018.

Beberapa waktu kemudian, prediksi Mbah Mijan seperti mendapat sebuah konfirmasi. Ketika Tagar News menyambangi kediaman Andi Analta Baso Amier di kawasan Wijaya 1, Jakarta Selatan.

Kakak angkat Ahok tersebut mengatakan hal yang sama seperti disampaikan Mbah Mijan, terkait kabar kembalinya Ahok ke kancah percaturan politik selepas bebas dari sel tahanan Mako Brimob.

"Secara eksplisit beliau belum bilang akan terjun kembali atau tidak ke dunia politik, tapi yang paling santer, atau paling sering ia ungkapkan ke saya adalah, 'Saya mau jalan-jalan ke luar negeri dulu aja, Kak' seperti itu," papar pria yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-56 tersebut. []