UNTUK INDONESIA
Ahli Epidemiologi: Anak Rentan Terjangkit Covid-19
Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Ridwan Amiruddin menyebut kelompok anak sangat rentan terjangkit Covid-19. Ini alasannya.
Ilustrasi anak rentan terkena virus Corona. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Sekitar tiga persen dari total terkonfirmasi positif virus Corona di Sulawesi Selatan berasal dari kelompok anak-anak. Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Ridwan Amiruddin menyebut kelompok anak sangat rentan terjangkit Covid-19 dan umumnya ditularkan dari orang tua atau orang sekitarnya.

"Penularan virus Corona di Sulsel banyak terjadi lewat transmisi lokal. Melalui transmisi ini, anak sangat rentan tertular utamanya dari lingkungan keluarga sendiri. Apalagi anak belum ada imunitas alamiah yang terbentuk juga," kata Ridwan dalam keterangannya, Jumat, 24 Juli 2020.

Dengan angka tiga persen ini, Ridwan berharap keluarga menjadi benteng terdepan untuk mencegah anak dari penuluran virus Corona. Ia meminta untuk semua keluarga yang memiliki anak untuk meningkatkan protokol kesehatan di rumah.

Penularan virus Corona di Sulsel banyak terjadi lewat transmisi lokal.

"Orang tua bisa mengambil peran untuk memberikan pembelajaran protokol kesehatan. Selain dengan protokol kesehatan sebaiknya anak-anak tidak diikutkan dalam kegiatan yang melibatkan orang dewasa," ujarnya.

Ridwan menyebut, pemerintah telah menerapkan pencegahabln penularan virus Corona dari orang dewasa ke kelompok anak. Salah satu contohnya yakni dengan melakukan pembelajaran daring dan tidak ada lagi pembelajaran dengan cara tatap muka.

Diketahui, pasien terkonfirmasi positif virus Corona di Sulsel hingga Kamis, 23 Juli 2020, tercatat ada penambahan 120 kasus baru. Totalnya kini ada 8.527 orang di daerah tersebut terinfeksi virus Corona.

Selain penambahan kasus, jumlah pasien sembuh di Sulsel saat ini berjumlah 5.344 orang atau mengalami penambahan 310 orang. Sementara jumlah warga meninggal dunia akibat Covid-19 tetap 287 kasus kematian, tidak mengalami penambahan. []

Berita terkait
660 Pasien Covid-19 di Jawa Timur Sembuh
Sementara itu Dinkes Surabaya mencatat peningkatan kasus Covid-19 di tingkat kelurahan di Surabaya semakin mengalami penurunan.
Pertanyakan Skema Kerja dan Anggaran Covid-19 Jabar
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PKB, Rahmat Hidayat Djati, pertanyakan skema kerja hingga anggaran yang akan dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Jabar
84 Pasien Positif Covid-19 Sembuh di Aceh
Hingga saat ini pasien positif Covid-19 Aceh yang telah sembuh berjumlah 84 orang.
0
Ahli Epidemiologi: Anak Rentan Terjangkit Covid-19
Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Ridwan Amiruddin menyebut kelompok anak sangat rentan terjangkit Covid-19. Ini alasannya.