UNTUK INDONESIA

Abang JR Saragih Tumbang di Pilkada Simalungun

Paslon Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun diperkirakan gagal meraih kemenangan.
Anton Achmad Saragih dan Juliari Batubara. (Foto: Tagar/Facebook)

Medan - Pasangan calon (paslon) Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus yang diusung PDIP dan PAN di Pilkada Kabupaten Simalungun tahun 2020, diperkirakan gagal meraih kemenangan. Anton adalah abang kandung Bupati Simalungun saat ini, JR Saragih.

Paslon Anton-Rospita merupakan usungan PDIP dan PAN. Berdasarkan perhitungan sementara dari https://pilkada2020.kpu.go.id, pasangan ini kalau jauh dari paslon Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi, yang sementara ini unggul hingga Sabtu, 12 Desember 2020.

Anton-Rospita meraih 59.820 suara atau 28,6 persen. Paslon Radiapoh-Zonny meraih 88.824 atau 42,4 persen.

Sedangkan dua paslon lainnya, yakni Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar meraih 45.330 suara atau 21,6 persen, dan paslon independen Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih meraih 15.511 suara atau 7,4 persen.

Atas keunggulannya sementara di Pilkada Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga yang coba dihubungi lewat pesan WhatsApp, yang bersangkutan tidak merespons sama sekali.

Kemarin dan hari ini kecamatan mengantar logistik ke kantor KPU. Rencana tanggal 15 atau 16 Desember rekap di kabupaten

Paslon Radiapoh-Zonny Waldi merupakan pasangan pengusaha dan birokrat. Mereka diusung Perindo, Golkar, Hanura, PKS, dan Partai Berkarya. Sedangkan Muhajidin Nu Hasim- Tumpak Siregar diusung oleh Demokrat dan Gerindra. 

Baca juga: 

Pengamat politik dan pemerintahan, Robert Tua Siregar PhD menyebut, saat ini berdasarkan quick count Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi (RHS-ZW) memperoleh persentase terbanyak.

Perolehan ini kata dia, merupakan akumulasi kepercayaan masyarakat Kabupaten Simalungun yang memilih untuk pembangunan dan menginginkan perubahan.

"Dukungan politik dalam kemenangan RHS dan ZW juga memiliki arti positif kepercayaan masyarakat. Sehingga tim RHS dan ZW bekerja secara solid, dan bekerja menyakinkan masyarakat dengan kombinasi potensi yang ada pada calon, baik secara latar belakang maupun keragaman," kata Robert yang juga Ketua Forum DAS Asahan Toba.

Sementara itu, proses rekapitulasi di seluruh kecamatan di Kabupaten Simalungun, menurut Komisioner KPU Simalungun Fatimah Yanti Sinaga, sudah selesai pada 11 Desember 2020.

"Kemarin dan hari ini kecamatan mengantar logistik ke kantor KPU. Rencana tanggal 15 atau 16 Desember rekap di kabupaten," katanya.[]

Berita terkait
PB HMI Bersyukur Pilkada 2020 Sukses dan Aman Covid-19
Penjabat Ketua Umum PB HMI Arya Kharisma Hardy bersyukur pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 berjalan dengan sukses.
DPR Apresiasi Masyarakat Jalani Prokes di Pilkada 2020
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo mengapresiasi masyarakat Indonesia yang patuh menjalani protokol kesehatan dalam Pilkada 2020.
Paslon Hery-Heri Umumkan Hasil Real Count Pilkada Manggarai
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Hery-Heri umumkan real count versi internal di Pilkada Manggarai. Ini hasilnya.
0
Abang JR Saragih Tumbang di Pilkada Simalungun
Paslon Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun diperkirakan gagal meraih kemenangan.