UNTUK INDONESIA
99 Ucapan Selamat Idul Fitri 2020 Indonesia-Inggris
Idul Fitri 2020 di tengah pandemi Covid-19, di rumah saja, tidak boleh salaman, ganti dengan kata indah dalam pesan. Ini 99 ucapan Idul Fitri.
Ilustrasi - Idul Fitri, sampaikan kata yang baik-baik kepada sesama. (Foto: Pixabay/john1cse)

Jakarta - Hari raya Idul Fitri merupakan momen penting bagi umat muslim seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Namun karena saat ini tengah merebak wabah virus corona penyebab penyakit Covid-19, pemerintah melarang mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Oleh karena itu, hal yang paling memungkinkan untuk merayakan Idul Fitri meski tanpa harus bertatap muka adalah mengucapkan kata yang baik-baik, saling meminta maaf melalui teknologi komunikasi jarak jauh. 

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum (Semoga Allah menerima puasa dan amal dari kami dan puasa dan amal dari kalian).

Berikut 100 ucapan Selamat Idul Fitri 2020 yang bisa dijadikan referensi untuk diucapkan kepada keluarga, teman, sahabat, rekan kerja dan semuanya.

1. Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin.

2. Aku memang bukan matahari yang bisa membuatmu membedakan siang dan malam. Tapi setidaknya cahaya kecilku ini bisa berarti di hari raya ini. Minal aidin walfaizin.

3. Ada tikus makan serabi, dimakannya di pagi hari. Saat semua sudah tersusun rapi, izinkan untuk memohon diri. Sekadar mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

4. Di tengah gema takbir, hati tertunduk untuk memohon maaf. Dari lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, tingkah laku yang tidak berkenan serta hati yang berprasangka.

5. Selamat Idul Fitri. Semoga Allah SWT menerima amal kami dan darimu (amal kita semua) dan semoga Allah SWT selalu memberikan kebaikan kepada kita sepanjang tahun dan selamanya.

6. Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan azan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri 1441 H.

7. Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf, agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

8. Berharap malam segera tiba, barganti pagi penuh doa, menyambut Lebaran bersama keluarga. Izinkan kami memohon maaf atas segala dosa, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin dari kami sekeluarga.

9. Apabila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir batin, selamat hari raya Idul Fitri.

10. Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf lahir batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri.

11. Sifat sejatinya adalah untuk mengkhotbahkan Allah dan Syariah-Nya di dalam jiwa, di dunia nyata, dalam semua gerakan, sepanjang napas dan langkah, semoga kita berada pada hari kemenangan itu. Selamat untuk Idul Fitri.

12. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai hamba-hambaNya yang kembali ke fitrah.

13. Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran, Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

14. Takbir, tahmid, tahlil telah berkumandang. Memecah keheningan malam. Mengantar rasa syukur kepada-Nya. Esok pagi menyambut hari yang fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

15. Semoga bulan Ramadhan 1441 H ini, memberikan banyak manfaat untuk kita dan dapat memotivasi kita mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemerdekaan dalam Idul Fitri. Terlambat bukan berarti lupa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, selamat berlebaran dan berkumpul dengan sanak saudara.

16. Sunset Ramadan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin.

17. Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin.

18. Seiring surya berseri indah di pagi penuh hikmah ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati.

19. Ya Rabbi, berkahi umur kami hingga Ramadan tahun depan. Sucikan hati kami untuk bisa memaafkan saudara kami. Taqabalallahu minna wa minkum.

20. Sucikan hati dengan zikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dengan kerendahan hati saya mengucapkan selamat Lebaran 1441 H.

21. Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf, agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat hari raya Idul Fitri.

22. Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

23. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

24. Aku tidak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

25. Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati, karena hari ini Idul Fitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin.

26. Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin.

27. Mawar indah harum mewangi, aromanya menyentuh nurani, pesan ini sebagai pengganti diri, selamat Hari Raya Idul Fitri.

28. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin.

29. Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, seperti itu suasana hati. Berharap selamanya seperti ini dengan pribadi positif sepanjang hari. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

30. Inilah hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin dan selamat hari raya Idul Fitri.

31. Waktu mengalir deras bagaikan air. Ramadan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah yang pernah kubuat, khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

32. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

33. Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1441 H.

34. Bila ada langkah membekas lara. Ada kata merangkai dusta. Ada tingkah menoreh luka. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

35. Ketika khilaf berlabuh di jiwa, akal pun terombang-ambing. Kesalahan koyakkan hati, pikiran beku dalam nafsu dan emosi. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

36. Ramadan membasuh hati yang berjelaga. Saatnya meraih rahman dan ampunan-Nya. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

37. Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

38. Agungkan kebesaran-Nya. Syukuri ampunanannya. Lapangkan hati di hari nan fitri. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

39. Karena keagungan-Mu jua tercurah hidayah-Mu. Kepada umat-Mu yang sungguh-sungguh menjalankan ibadah untuk meraih kemenangan Ramadan suci. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

40. Seiring kumandang takbir di 1 Syawal, kumohon maaf darimu. Keikhlasan untuk memaafkan merupakan sesuatu yang indah. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

41. Izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

42. Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin.

43. Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin.

44. Bulan Ramadan telah berlalu. Hari kemenangan telah datang. Untuk itu, mari kita bersihkan hati dan jiwa dari gelimang dosa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

45. Beningkan hati dengan zikir. Cerahkan jiwa dengan cinta. Lalui hari dengan senyum. Tetapkan langkah dengan syukur. Sucikan hati dengan pemohonan maaf. Selamat hari raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, minal aidin wal faizin.

46. Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1441 H.

47. Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin.

KetupatIlustrasi - Ketupat, simbol Idul Fitri di Indonesia. (Foto: Instagram/@armada7000)

Ucapan Selamat Idul Fitri 2020 dalam Bahasa Inggris

Selain kata ucapan selamat Idul Fitri dalam bahasa Indonesia, juga bisa mengucapkan selamat Idul Fitri dengan bahasa Inggris. Ini juga cocok diberikan kepada teman atau kerabat yang tinggal jauh dari Indonesia. 

48. May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life and may you celebrate it with all your close friends and may it fill your heart with wonders.

(Semoga keajaiban di hari raya Idul Fitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan semoga engkau merayakannya dengan semua teman dekatmu dan semoga hatimu senantiasa dipenuhi dengan keajaiban)

49. Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead.

(Selamat hari raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan maaf memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya).

50. Wishing that this Eid, Allah blesses you all with lots of happiness, success and peace.

(Semoga di momen hari raya kali ini, Allah memberikan berkah kepadamu dengan kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian.)

51. The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorious day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak.

(Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya.)

52. A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you.

(Waktunya berbahagia, waktu untuk bersama, waktu untuk mengingat berkah. Semoga Allah memberkahimu)

53. The time has come for every soul to purify heart. For every man to begin a new life. For us to let all mistakes forgiven, forgotten. Amen. Happy Eid Mubarak!

(Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Aamiin. Selamat Idul Fitri!)

55. Some words can be left unsaid, some feeling can be left unexpressed, but person like you can never be forgotten on this day. Eid mubarak!

(Kata-kata bisa dibiarkan tak terucapkan, perasaan bisa dibiarkan tak terekspresikan, tapi orang seperti kamu tidak bisa dilupakan pada hari ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri!)

56. May Allah flood your life with happiness, your heart with love, your mind with wisdom. Wishing you a very Happy Eid.

(Semoga Allah mengaliri hidupmu dengan kebahagiaan, mengaliri hatimu dengan rasa cinta, mengaliri pikiranmu dengan kearifan. Selamat Hari Raya yang berbahagia)

57. Sorry for all of my bad manners. Happy Eid Al-Fitr for you. Hope we get the best inspiration from this Ramadan.

(Maaf untuk semua kebiasaan-kebiasaan burukku. Selamat Hari Raya idul fitri. Semoga kita mendapatkan inspirasi terbaik dari Ramadan kali ini)

58. It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!

(Bukan hanya sekadar harapan, bukan juga pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

59. Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr.

(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maafmu. Selamat Idul Fitri)

60. May the blessings of God fill your life with happiness and open all the doors of success now and always. Eid Mubarak.

(Semoga berkah Tuhan mengisi hidupmu dengan kebahagiaan dan membuka pintu sukses saat ini dan seterusnya. Selamat Lebaran)

61. Eid Mubarak. May the guidance and blessing of Allah be with you and your family.

(Selamat Idul Fitri. Semoga hidayah dan rida Allah senantiasa bersamamu dan keluarga.)

62. Its more than just an Eid wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you.

(Lebih dari sekadar harapan Idul Fitri, lebih dari sekadar pesan juga, karena ini disertai dengan pikiran hangat dan penuh kasih yang dimaksudkan untukmu.)

63. The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorious day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak.

(Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya.)

64. Sending you best wishes on Eid and wishing that it brings you joy and blessings.

(Aku mengirimimu doa-doa baik di Hari Raya dan semoga bahagia dan berkah).

65. May Allah bless your days with happiness, your weeks with prosperity, your months with contentment, and your years with love and peace.

(Semoga Allah memberkahi setiap harimu dengan kebahagiaan, setiap pekanmu dengan kemakmuran, setiap bulanmu dengan suka cita, dan setiap tahunmu dengan cinta dan kedamaian.)

66. It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!

(Bukan hanya sekadar harapan, bukan juga pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

67. May Allah bless you immensely! Eid Mubarak.

(Semoga kau diberkahi Allah dengan luar biasa! Selamat Hari Raya).

68. The time has come for every soul to purify heart. For every man to begin a new life. For us to let all mistakes forgiven, forgotten. Amen. Happy Eid Mubarak!

(Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Aamiin. Selamat Idul Fitri!)

69. In every shared smile and laughter, In every silent prayer answered, In every opportunity that comes your way – may Allah bless you Greatly.

(Dalam setiap senyum dan tawa bersama, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa – Semoga Allah memberikan berkah yang luar biasa kepadamu.)

70. Happy Eid Mubarak, hope we see Ramadan again next year.

(Selamat Hari Raya, semoga kita menjumpai Ramadan lagi tahun depan).

71. I wish you all a very happy and peaceful Eid. May Allah accept your good deeds, forgive your transgressions and ease the suffering of all peoples around the Globe.

(Semoga engkau menjalani Idul Fitri dengan bahagia dan damai. Semoga Allah menerima amal kebaikanmu, mengampuni kesalahanmu dan meringankan penderitaan semua orang di dunia ini.)

72. May God give you happiness of heaven above. Happy Eid Mubarak to you all.

(Semoga Tuhan memberimu kebahagiaan surga. Selamat Hari Raya yang berbahagia untuk kalian)

73. Eid Mubarak. May your homes and hearts be filled with the joyful spirit of eid.

(Selamat Idul Fitri. Semoga rumah dan hati kamu dipenuhi dengan semangat Idul Fitri yang menyenangkan.)

74. May Allah bless you in all your Endeavors, and Lead you to the Path of continued Success and Prosperity.

(Semoga Allah senantiasa memberikan berkah dalam setiap urusan, serta membimbingmu menuju jalan kesuksesan dan kesejahteraan yang berkesinambungan.)

75. May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak Everyone.

(Semoga setiap mekar di taman kehidupan ini mencerahkan Idul Fitri kita dengan sukacita dan mengisi hari-hari dengan harumnya kebahagiaan yang manis. Selamat Idul Fitri semua.)

76. May the blessings of God lighten up your way and lead you to happiness, success and peace.

(Semoga berkah Tuhan senantiasa menerangi jalanmu dan membawamu kepada kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian.)

77. Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr.

(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maafmu. Selamat Idul Fitri.)

78. Faith makes all things possible. Hope makes all things work. Love makes all things beautiful. May you have all of the three. Happy Eid!

(Iman membuat semua hal menjadi mungkin. Harapan membuat semua hal bekerja. Cinta membuat semua hal indah. Semoga Anda memiliki ketiganya. Selamat Idul Fitri!)

79. Sometimes my hands make mistakes, my mouth speaks wrong words, and my manner is bad for you. But, let this time I say sorry and Happy Eid.

(Ada kalanya tanganku melakukan tindakan yang salah, mulutku mengucapkan kata-kata yang salah, dan sikapku buruk kepadamu. Biarkan kali ini aku mengucapkan maaf dan Selamat Idul Fitri)

80. This is the best time for us, to be the best people in this world. Hope every people had, the right way to be apologized by you. Happy Eid.

(Ini adalah waktu terbaik bagi kami, untuk menjadi orang-orang terbaik di dunia ini. Semoga setiap orang memiliki cara yang tepat untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri)

81. Eid Al-Fitr is not the end of our, story to be better in this world. So, let this time guide us to see, the right way to be better. Happy Eid.

(Idul Fitri bukanlah akhir dari kisah kita untuk menjadi lebih baik di dunia ini. Jadi, biarkan saat ini membimbing kita untuk melihat cara yang tepat untuk menjadi lebih baik. Selamat Idul Fitri)

82. No man is never guilty, and no one is sacred in this world. I apologize to you and I promise I will not repeat for the second time. Happy Eid, apologize and unseen.

(Tidak ada manusia yang tidak pernah bersalah, dan tidak ada yang suci di dunia ini. Saya minta maaf kepada Anda dan saya berjanji tidak akan mengulangi untuk yang kedua kalinya. Selamat Idul Fitri, minta maaf untuk yang tidak disengaja)

83. No need to be bother to create repay evil, just forgive all the mistakes, because forgiveness is the best revenge. Eid Al-Fitr Mubarak.

(Tidak perlu repot untuk membalas kejahatan, maafkan semua kesalahan, karena pengampunan adalah balas dendam terbaik. Selamat Idul Fitri)

84. On Eid Day, Allah sends down angels, and forgives all Muslims who fasted in the days of Ramadan, and prayed in the nights of Ramadan. Eid Mubarak to you and your family.

(Pada Hari Raya Idul Fitri, Allah menurunkan malaikat, dan mengampuni semua muslim yang berpuasa di hari-hari Ramadan, dan berdoa di malam Ramadan. Selamat Idul Fitri untuk Anda dan keluarga Anda)

85. If words could kill, I think many people have died because of mine. And if that’s including you, I would like to apologize for all that I’ve done.. Happy Eid!

(Jika kata-kata bisa membunuh, saya pikir banyak orang telah mati karena saya. Dan jika itu termasuk Anda, saya ingin meminta maaf atas semua yang telah saya lakukan .. Selamat Idul Fitri!)

86. When it’s black flip it to white, when it’s dark flip it to light. For every mistake flip it to forgiveness, Happy Eid!

(Saat hitam balikkan menjadi putih, saat gelap balikkan menjadi terang. Untuk setiap kesalahan, balikkan itu menjadi pengampunan, Selamat Idul Fitri!)

87. Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead.

(Selamat Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan kita di masa lalu dengan semua pengampunan dan semoga Tuhan memberi kita banyak kebahagiaan dan kemakmuran di masa depan)

Idul FitriIlustrasi - Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Uprint.id)

Ucapan Idul Fitri untuk Teman Dekat

88. Anak gaul lagi Facebook-an. Nge-update status sambil chattingan. Kusadari banyak kesalahan. Mohon ampunan di hari Lebaran.

89. Ketupat sudah dipotong. Opor sudah dibikin. Nastar sudah di meja. Kacang sudah digaremin. Gak afdol kalo gak Minal Aidin wal Faizin. Taqabalallahu minnaa wa minkum.

90. Saat lenganku tak bisa merangkulmu untuk lebih dekat dengan hatiku. Aku selalu memelukmu dengan doa-doaku. Semoga kedamaian Allah selalu bersamamu. Selamat Idul Fitri!

91. Akhir dari Ramadan bukanlah akhir, tapi sebuah permulaan untuk perjalanan baru menuju surga. Selamat Idul Fitri, kawan. Mohon maaf lahir dan batin.

92. Mawar berseri di pagi hari. Pancaran putihnya menyapa nurani. Pesan ini dikirim sebagai pengganti diri. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

93. MTV bilang minta maaf enggak usah menunggu Lebaran. Orang bijak bilang kerennya minta maaf duluan. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

94. Apa pun makanannya, minumnya teh botol sosro. Kapan saja lebarannya, ucapannya minal aidin wal faizin lah yaow.

95. Anak kodok makan ketupat, makan ketupat sambil melompat. Kita ketemu tak sempat lewat, lewat whatsapp pun no what what. Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

96. Beli es di warung bu Rima. Taruh di piring santap bersama. WhatsApp sudah saya terima, teriring pula maksud yang sama. Minal Aidin wal Faizin. Mohon maaf lahir batin.

97. Resep spesial kembali fitri 1441 Hijriyah. Bahan yang disediakan adalah 1 potong rasa bersalah, 2 kg kasih sayang, 1 kg rasa menyesal, 2 kg saling memaafkan. Bumbu: 1 ons ikhlas, 1 gram tawakal, 1 kg kebaikan, 3 lembar daun assalam, rasa hormat, tenggang rasa, saling menghargai. Tuangkan kasih sayang, hiasi dengan perasaan cinta sesama mukmin dan ketulusan hati. Dan yang terakhir, hidangkan dengan kejujuran hati. Minal aidin wal faizin.

98. Masa aktif hidup hampir berakhir, saldo dosa makin meningkat, di hari yang fitri ini saya ingin menjalin silaturahmi, Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. 

99. Bryan Adams said please forgive me, Elton John said sorry seems to be the hardest word, I said mohon maaf lahir dan batin. []

Baca juga:

Berita terkait
Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah Ramadan
Zakat adalah sebagian harta yang dibayarkan kaum muslim pada golongan yang berhak menerima. Berikut macam-macam zakat selain zakat fitrah Ramadan.
Besaran Zakat Fitrah Ramadan 2020 dalam Rupiah
Zakat fitrah wajib ditunaikan kaum muslim pada saat bulan Ramadan sebelum salat Idul Fitri. Berikut besaran zakat fitrah Ramadan 2020 dalam rupiah.
Kue Lebaran Tetap Tersaji di Masa Pandemi Covid-19
Kue Lebaran tetap tersaji di meja pada masa pandemi Covid-19, walau ada keraguan apa ada yang datang bertamu atau tidak. Kisah Ida dan Narto.
0
Resep Opor Ayam Lezat untuk Rayakan Lebaran
Opor ayam salah satu menu andalan saat merayakan Hari Raya Lebaran. Berikut Tagar bagikan resepnya.