UNTUK INDONESIA
9 Ton Obat Corona dan Alat dari China Tiba Besok
9 ton obat dan alat medis untuk percepatan penanganan wabah virus corona dari China akan sampai di Indonesia besok Senin, 23 Maret 2020.
Tentara Indonesia dengan pesawat C-130 Hercules bernomor A1333 dari Skadron Udara 32 Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang, sesaat sebelum berangkat terbang ke China, Sabtu, 21 Maret 2020. (Foto: Lanud Abd Saleh/Tagar/Moh Badar Risqullah)

Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan 9 ton obat dan alat medis yang diangkut Pesawat Hercules dari Shanghai, China akan sampai di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin, 23 Maret 2020. Obat dan alat medis itu untuk percepatan penanganan wabah virus corona atau Covid-19 di Tanah Air.

"Jadi informasi pengambilan obat di Shanghai, kita sudah terbangkan kemarin satu pesawat Hercules dengan kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih 9 ton," kata Hadi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu 22 Maret 2020.

Pesawat Hercules itu bertolak dari Shanghai menuju Indonesia pada hari ini. Diperkirakan akan tiba di Bandara Halim besok sekitar pukul 09.30 WIB. "Mungkin akan transit dulu di Ranai (Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna) karena jaraknya agak jauh," ujarnya.

Barang-barang itu menjadi tanggungjawab dari kepada Gugus Tugas.

Baca juga:

Obat dan alat medis untuk percepatan penanganan virus corona di Indonesia tersebut akan menjadi tanggung jawab Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo setelah diserahkan TNI bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Barang-barang itu menjadi tanggungjawab dari kepada Gugus Tugas. Sehingga nanti akan digudangkan di Halim dan besok akan diterima oleh Wamenhan dan Kasum TNI," tutur dia.

Sejumlah alat medis dari China yang diangkut Pesawat Hercules di antaranya berwujud thermometer infra merah, masker N95, masker sekali pakai, pakaian pelindung tubuh, penutup kepala untuk operasi, sarung tangan karet, kacamata pelindung, dan penutup sepatu.

Diwujudkannya 9 ton obat dan alat medis ini atas gagasan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Tertuang dalam Surat Menhan RI Prabowo Subianto dengan No B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020. []

Berita terkait
Jokowi Kirim Tentara Jemput Obat Corona di China
Jokowi mengirim tentara untuk menjemput alat kesehatan dan 10 ton obat di China demi menyelamatkan rakyat Indonesia dari virus berbahaya corona.
Waspada Corona dan Wewenang Hentikan Kumpulan Massa
Siapa yang memiliki kewenangan terkait jalannya acara yang melibatkan kumpulan massa dalam jumlah besar di tengah waspada corona.
3 Kegiatan Pilkada 2020 Ditunda Karena Virus Corona
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda tiga kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 karena penyebaran virus corona.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China