9 Makanan yang Harus Dihindari Saat Program Diet Ketogenik

Metode diet ini melibatkan konsumsi makanan yang rendah kandungan karbohidrat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Diet ketogenic yang dikenal sebagai diet "keto" mejadi popular dalam urusan penurunan berat badan. Diet keto bertujuan untuk menghilangkan semua karbohidrat yang tidak sehat, sepenuhnya dari makanan, sehingga memungkinkan penurunan berat badan yang lebih cepat dan lebih efektif.

Dilansir dari Boldsky, metode diet ini melibatkan konsumsi makanan yang rendah kandungan karbohidrat, sehingga keto diproduksi di hati, yang memungkinkan tubuh menggunakan sel lemak untuk energi. Orang yang mengikuti diet keto sudah tahu bahwa mereka harus menghindari makanan seperti roti putih dan nasi putih sepenuhnya. Namun, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari agar diet ini efektif.


1. Anggur

Buah anggur disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan menyehatkan karena mengandung anti oksidan, vitamin C, serta rendah kalori. Tapi menurut studi, anggur dapat memperlambat kemajuan diet ketogenik. Anggur bisa menjadi pilihan buah yang salah bagi orang-orang yang mengikuti diet keto, karena anggur mengandung fruktosa dalam jumlah lebih tinggi daripada buah-buahan tertentu lainnya, seperti lemon. Jadi, anggur mengandung karbohidrat tidak sehat yang bisa memengaruhi hasil diet keto Anda.


2. Keju

Banyak orang yang mengikuti diet ketogenik merasa bahwa mereka seharusnya menghindari karbohidrat saja dan rasanya tidak masalah apabila mengonsumsi makanan lain dalam jumlah minimum. Jadi, mereka cenderung mengonsumsi makanan seperti keju secara rutin. Namun, kandungan lemak dalam keju dapat memengaruhi proses ketosis dalam tubuh dan mengganggu pola makan Anda, sehingga memperlambat hasilnya.


3. Roti Gandum

Orang yang mengikuti diet keto menghindari roti putih karena mereka tahu bahwa roti putih mengandung karbohidrat yang tidak sehat, jadi mereka mengganti roti putih dengan roti gandum/coklat. Namun, faktanya roti gandum juga mengandung cukup banyak karbohidrat yang dapat mempengaruhi hasil diet keto Anda secara negatif.


4. Oat

Oat adalah biji-bijian yang sangat sehat, yang biasanya dikonsumsi untuk sarapan dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Meningkatkan energi, membantu detoksifikasi tubuh, mengurangi sembelit, dan lain-lain. Namun, jika Anda sedang menjalani diet keto, Anda dapat menghindari konsumsi oat, karena gandum juga cukup kaya akan kandungan karbohidrat, yang dapat memengaruhi proses ketosis tubuh dan menghalangi diet keto.


5. Pisang

Pisang merupakan buah yang menyehatkan, sarat dengan kalium yang dapat meningkatkan fungsi otak dan juga energi tubuh. Namun, selain kalium, pisang juga kaya akan kandungan karbohidrat, sehingga orang yang menjalani diet keto harus menghindari pisang jika ingin melihat hasil yang efektif.

Pisang bisa diganti dengan buah lain seperti semangka yang rendah kandungan karbohidratnya.


6. Jagung

Sebagian besar dari kita merasa jagung merupakan sayuran sehat yang mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral. Meskipun benar bahwa jagung adalah makanan yang baik untuk orang yang bukan diet keto, jagung terbukti negatif bagi orang yang mengikuti diet ketogenik. Jagung juga kaya akan kandungan karbohidrat, yang dapat memengaruhi keefektifan diet Anda dan karenanya harus dihindari.


7. Madu

Madu adalah pengganti gula yang sehat, yang dikonsumsi oleh sejumlah orang yang menjalani berbagai diet penurunan berat badan dan diet diabetes, saat mereka ingin hidangannya terasa lebih manis. Namun, ini mungkin tidak bekerja dengan baik untuk orang yang menjalani diet ketogenik, karena kandungan fruktosa dalam madu menjadikannya bahan tinggi karbohidrat yang dapat memperlambat proses penurunan berat badan.


8. Minuman Manis

Seseorang yang melakukan diet ketat cenderung sering merasa haus karena tubuh yang terus menerus mengidam-idamkan bahan bakar berupa makanan atau air. Jadi, Anda mungkin juga mendambakan minuman manis seperti minuman ringan, minuman panas, jus buah, dan lain-lain. Namun, mengonsumsi jus buah pun bisa berdampak buruk bagi diet keto, karena kandungan gula di dalamnya bisa mengganggu diet dan proses penurunan berat badan.


9. Wortel

Sebagian besar dari kita tahu bahwa wortel adalah salah satu sayuran paling sehat, kaya akan vitamin, mineral, dan sejumlah manfaat kesehatan lain yang luar biasa. Tapi, wortel terbukti bisa menjadi makanan negatif bagi orang-orang yang menjalani diet keto, karena mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi. Namun, mengonsumsi wortel dalam jumlah sedang mungkin tidak mempengaruhi proses ketosis secara negatif. []


Baca Juga:

Makanan Sehat untuk Orang Tua Usia 50 Tahun ke Atas

Tips Pentingnya Memperhatikan Produk Makanan Sehat

Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona

Jenis Makanan Sehat Bikin Tubuh Sixpack




Berita terkait
Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Dalam Diet Mediterania
Minyak zaitun yang umum digunakan dalam diet Mediterania memiliki sifat antiinflamasi dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis.
Manfaat Luar Biasa Buah Persik untuk Kesehatan
Buah persik sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menghindari berbagai risiko penyakit.
Tips Menjaga Kesehatan Tiroid Secara Alami
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, organ kecil, terletak di depan leher, tampak membungkus tenggorokan (trakea).
0
9 Makanan yang Harus Dihindari Saat Program Diet Ketogenik
Metode diet ini melibatkan konsumsi makanan yang rendah kandungan karbohidrat.