UNTUK INDONESIA

9 Lokasi Tujuan Wisata Tidak Terduga di Berlin Jerman

Berlin, Jerman, tidak hanya terkenal dengan ‘Tembok Berlin’, tapi juga terkenal dengan distrik trendi dan bangunan monumental
Burung merak yang bebas berkeliaran seperti di alam liar (Foto: dw.com/id)

Jakarta – Berlin, Jerman, tidak hanya terkenal dengan ‘Tembok Berlin’, tapi juga terkenal dengan distrik trendi dan bangunan monumental di kota yang dulu dibagi dua itu. Namun, tentu saja ada beberapa lokasi yang tidak memenuhi stereotip Berlin dan bahkan mampu mengejutkan penduduk lokal Berlin sendiri. Elisabeth Yorck von Wartenburg menuliskannya untuk dw.com/id.

berlin1Pantai berpasir bak di pinggir laut (Foto: dw.com/id)

Pantai berpasir bak di pinggir laut. Salah satu danau paling populer di Berlin adalah Danau Wannsee dengan pantai yang mampu menampung hingga 50.000 orang. Pantai berpasir halus yang membentang 1.200 meter ini memberikan perasaan bak berada di pinggir laut dan bukan di ibu kota Jerman. Tidak mengherankan, karena sebagian pasir di pantai tersebut memang dibawa langsung dari pesisir Laut Baltik.

berlin2Bunga sakura indah serasa di Jepang (Foto: dw.com/id)

Bunga sakura indah serasa di Jepang. Di perbatasan antara distrik Lichterfelde Selatan dan kota kecil Teltow, 2.000 pohon ceri bermekaran di musim semi. Siapapun akan menduga bahwa mereka tengah berada di Jepang. Dugaan ini pun tidak mengherankan, karena di tahun 1989, sebuah stasiun televisi Jepang menggelar kampanye penggalangan dana untuk menanam pohon-pohon sakura ini dalam rangka perayaan runtuhnya tembok Berlin.

berlin3Burung merak yang bebas berkeliaran seperti di alam liar (Foto: dw.com/id)

Burung merak yang bebas berkeliaran seperti di alam liar. Di Pfaueninsel (Pulau Merak) di Havel, tidak jauh dari Danau Wannsee, banyak pemandangan hijau untuk dinikmati. Pulau ini adalah rumah bagi burung merak yang berkeliaran bebas. Tempat ini diperkenalkan oleh Raja Prusia Friedrich Wilhelm II ketika ia menciptakan habitat alami untuk sang unggas lengkap dengan pertanian dan peternakan. Sekarang pulau ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

berlin4Kerbau seperti di sabana (Foto: dw.com/id)

Kerbau seperti di sabana. Di Pfaueninsel juga hidup beberapa ekor kerbau. Di sepanjang aliran sungai kecil bernama Tegeler Fliess di sisi lain Berlin, 13 ekor kerbau menjadi daya tarik pengunjung. Hingga musim gugur, hewan digunakan sebagai pemotong rumput alami dan menjadi tontonan para pejalan kaki. Terpisah dari kota besar, Tegeler Fliess di Reinickendorf memiliki salah satu pemandangan alam terindah di Berlin.

berlin5Kehidupan pedesaan (Foto: dw.com/id)

Kehidupan pedesaan. Jika berjalan kaki di sepanjang aliran Tegeler Fliess, jangan lupa melewati Alt-Lübars. Bagian dari Reinickendorf ini merupakan desa tertua di Berlin yang masih mempraktikkan pertanian hingga hari ini. Dikelilingi oleh pemandangan alami Tegeler Fliess dan padang rumputnya, desa indah satu ini terkesan amat jauh dari kota besar, walau sesungguhnya hanya berjarak 30 menit dari jantung kota Berlin.

berlin6Kereta gantung seperti di Pegunungan Alpen (Foto: dw.com/id)

Kereta gantung seperti di Pegunungan Alpen. Walau tidak memiliki pegunungan seperti Alpen, Berlin tetap memiliki kereta gantung! Tahun 2017 kereta gantung ini dibangun melewati taman daerah timur Marzahn sebagai bagian dari Pameran Taman Internasional. 64 kereta gantung, 6 dengan lantai kaca, menawarkan pemandangan indah kota dan Taman Dunia, sebuah taman rekreasi yang menampilkan budaya taman seluruh dunia dan terbagi dalam 9 bagian.

berlin7Seperti di film "Lost World: Jurassic Park II" (Foto: dw.com/id)

Seperti di film "Lost World: Jurassic Park II". Tur melalui Plänterwald membuatmu merasa berada di dunia film Lost World: Jurassic Park II. Kereta hantu lawas, angsa berkarat, bianglala dan bahkan patung dinosaurus bisa ditemukan di bekas taman hiburan Berlin di Sungai Spree ini, Taman ini telah ditelantarkan semenjak tahun 2002. Sebuah konsep baru untuk taman seni dan budaya untuk menggantikan taman ini sedang direncanakan.

berlin8Kuil yang mengingatkan pada India (Foto: dw.com/id)

Kuil yang mengingatkan pada India. Dekorasi beraneka ragam dan warna terang menghiasi Kuil Hindu Sri Ganesha di Volkspark Hasenheide, Neukölln. Kuil ini masih dalam pembangunan sejak 2009 dan akan diresmikan pada Oktober 2020. Kuil ini didedikasikan kepada Dewa Ganesha yang melambangkan kesuksesan, pendidikan, pengetahuan, kebijaksanaan dan kemakmuran. Bagin paling menonjol dari kuil ini adalah menara setinggi 17 meter.

berlin9Dunia bawah laut seperti di Laut Selatan (Foto: dw.com/id)

Dunia bawah laut seperti di Laut Selatan. Di Berlin-Mitte kamu bisa menemukan AquaDom yang merupakan akuarium silinder terbesar di dunia. Pengunjung bisa menaiki lift kaca, melalui bagian dalam akuarium dan mengagumi 1.500 ikan-ikan tropis. Sekarang akuarium ini tengah direnovasi. Penulis:Elisabeth Yorck von Wartenburg (st/as)/dw.com/id. []

Berita terkait
Imbas Pandemi Destinasi Wisata Terindah di Jerman Sepi
Imbas pandemi virus corona terhadap pariwisata terjadi di Jerman yaitu destinasi wisata terindah pun sepi pengunjung
5 Wisata Jerman Pengisi Grup Neraka Piala Eropa 2020
Jerman yang masuk dalam grup neraka Piala Eropa 2020 memiliki banyak tempat wisata yang indah dan elok.
0
Lion Air JT-173 Tergelincir di Lampung, Penumpang Selamat
Lion Air JT-173 yang terbang dari Batam menuju Lampung tergelincir saat berbelok parkir. Seluruh penumpang dan awak pesawat dinyatakan selamat.